Comscore Tracker

5 Tips yang Bisa Menjadikan Guru Lebih Menarik di Mata Siswa

Jadilah guru sekaligus sahabat untuk para siswa

Guru seringkali mengalami kendala ketika mengajar di hadapan siswa. Permasalahan itu datang karena siswa tidak menaruh perhatian pada pelajaran yang disampaikan atau cara mengajar yang tidak menarik bagi semua siswa.

Supaya permasalahan itu dapat diatasi, tentunya guru harus dipandang sebagai seseorang yang menarik di mata siswa. Oleh karena itu, berikut adalah lima tips yang mungkin bisa menjadikan guru lebih menarik di mata para siswanya.

1. Baik daring atau luring, hindari mengajar hanya dalam posisi duduk

5 Tips yang Bisa Menjadikan Guru Lebih Menarik di Mata Siswailustrasi guru mengajar (pexels.com/Anastasia Shuraeva)

Ketika mengajar, hindari hanya duduk di kursi dan berbicara satu arah kepada siswa. Meski bagi sebagian siswa cara ini efektif, tapi belum tentu untuk siswa lainnya.

Sembari membuka presentasi, cobalah untuk berjalan berkeliling kelas dan berinteraksi kepada siswa. Cara ini mungkin akan menambah ketertarikan siswa dalam mendengarkan materi yang disampaikan.

2. Mengajar di luar kelas

5 Tips yang Bisa Menjadikan Guru Lebih Menarik di Mata Siswailustrasi siswa (pexels.com/thirdman)

Ruang kelas tentu bukan satu-satunya tempat untuk mengajar. Guru bisa memanfaatkan lapangan, lorong, hingga taman bermain untuk tempat belajar. Penggunaan ruang di luar kelas untuk pembelajaran tentu bisa mendorong siswa agar semakin semangat dan siap untuk menerima materi yang disampaikan oleh guru.

Baca Juga: 7 Tips Efektif Mengajar di Kelas, Guru Muda Wajib Catat

3. Jadilah guru dan sahabat untuk siswa

5 Tips yang Bisa Menjadikan Guru Lebih Menarik di Mata Siswailustrasi guru mengajar (pexels.com/Mikhail Nilov)

Mengajar adalah tugas utama seorang guru. Namun di luar itu, tentu guru bisa menjadi sahabat bagi siswa. Banyak cara yang bisa dilakukan, mulai dari bermain, saling bercerita, atau menceritakan rencana yang ingin dilakukan di akhir pekan. Dengan menjadi sahabat, kedekatan guru dengan siswa tentu akan semakin erat dan akan terjalin hubungan yang kuat.

4. Beri siswa hadiah

5 Tips yang Bisa Menjadikan Guru Lebih Menarik di Mata Siswailustrasi guru mengajar (pexels.com/Artem Podrez)

Tidak perlu mengeluarkan dana untuk hadiah siswa. Gueu pun bisa memberikan hadiah berupa bebas tugas. Hadiah ini tentunya diberikan setelah sebelumnya guru memberikan tantangan kepada setiap siswa.

Pemberian hadiah kemungkinan bisa menjadi motivasi agar siswa lebih tekun dalam belajar dan memperhatikan materi yang disampaikan guru.

5. Berinteraksi Melalui Media Sosial

5 Tips yang Bisa Menjadikan Guru Lebih Menarik di Mata Siswailustrasi belajar daring (pexels.com/Julia M Cameron)

Sebagian guru mungkin enggan untuk berteman dengan siswa di media sosial. Alasannya tentu bermacam-macam, mulai dari privasi hingga tidak ingin kehidupan pribadi terlihat oleh siswa.

Apa pun alasannya, mulai saat ini cobalah untuk berinteraksi dengan siswa melalui media sosial. Cobalah masuk pada dunia mereka karena siswa akan selalu menilai dan bereaksi terhadap tindakan yang diberikan oleh guru.

Jika kamu berprofesi sebagai guru, cobalah untuk mempraktikkan lima tips tadi. Jika kamu adalah siswa, maka tak ada salahnya untuk berbagi informasi ini kepada gurumu.

Baca Juga: 5 Langkah jadi Guru Idola bagi Anak Didik, Selamat Hari Guru Nasional!

Muhammad Ridlo Photo Verified Writer Muhammad Ridlo

Yakin jadi penulis?

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya