Comscore Tracker

5 Jenis Kecemasan yang Pasti Pernah Menghantui Kamu Sebagai Mahasiswa

Kamu pernah merasakan salah satunya, kan?

Alih-alih berpikir masa kuliah yang menyenangkan, beberapa orang justru menganggap kehidupan kuliah tidak semenyenangkan kehidupan SMA. Dampaknya, mereka justru merasa cemas dengan hal-hal yang akan terjadi saat berada di bangku kuliah nanti.

Kira-kira, hal apa saja ya hal yang bisa membuat seorang mahasiswa merasa cemas dengan kehidupan perkuliahannya? Daripada penasaran, yuk simak jenis-jenis kecemasan yang pasti pernah menghantui kamu sebagai mahasiswa!

1. Saat hari pertama kuliah, kamu takut gak bisa dapat teman akrab

5 Jenis Kecemasan yang Pasti Pernah Menghantui Kamu Sebagai Mahasiswapexels/Christina Morillo

Takut tidak bisa beradaptasi dan mendapatkan teman saat hari pertama kuliah adalah hal yang wajar. Sebab saat pertama kali masuk SMA, kamu juga merasakan hal yang serupa bukan?

Jika melihat dari pengalaman tersebut, kamu gak perlu cemas gak dapet teman dan gak bisa beradaptasi ya!

2. Setiap awal ajaran baru, kamu sangat cemas dapat dosen yang killer

5 Jenis Kecemasan yang Pasti Pernah Menghantui Kamu Sebagai MahasiswaInzmam Khan

Siapa sih mahasiswa yang mau dapat dosen killer? Sepertinya, beberapa di antara mereka justru berusaha untuk menghindar dari hal ini deh. Meski banyak anggapan jika dosen sangat memengaruhi nilai, bukan berarti kamu harus pasrah dengan keadaan.

Kamu bisa berjuang lebih keras untuk membuktikan dapat nilai bagus dari dosen tersebut. Sebab, bisa saja kan gosip tentang dosen killer itu hanya berdasarkan opini mahasiswa yang kurang giat?

3. Sibuk dengan organisasi kampus, membuatmu takut mendapatkan IPK kecil

5 Jenis Kecemasan yang Pasti Pernah Menghantui Kamu Sebagai Mahasiswapexels/Christina Morillo

Mungkin, kamu sering melihat beberapa orang di sekitarmu, tidak bisa mengatur jadwal kuliah dan kegiatan organisasinya dengan baik. Akibatnya, beberapa di antara mereka harus rela mendapatkan nilai yang rendah, bahkan menambah waktu lulus.

Akan tetapi, semua itu gak berlaku pada semua orang kok. Ini tergantung pada dirimu, apakah bisa mengatur waktu dengan baik atau tidak. Lagi pula, kalau kamu ingin menjadi orang sukses, itu artinya kamu harus bisa mengatur waktu dengan baik, kan?

Baca Juga: Suka dan Duka Mahasiswa Hukum, Ibarat Roller Coaster Ya!

4. Kamu takut tidak bisa lulus tepat waktu

5 Jenis Kecemasan yang Pasti Pernah Menghantui Kamu Sebagai Mahasiswapexels/energepic.com

Kecemasan yang satu ini, biasanya dialami oleh mahasiswa semester akhir. Menginjak masa-masa akhir kuliah, mereka takut menghadapi skripsi sehingga tidak jarang beberapa di antaranya tidak lulus tepat waktu.

Jika kamu dalam posisi ini, cobalah lebih bersungguh-sungguh dalam mengerjakan skripsi. Dijamin, kalau kamu paham betul dengan isi dan bahasan skripsimu, pasti bisa selesai tepat waktu.

5. Setelah lulus, kamu justru menjadi cemas dan takut tidak bisa langsung mendapatkan pekerjaan

5 Jenis Kecemasan yang Pasti Pernah Menghantui Kamu Sebagai Mahasiswapexels/Victoria Borodinova

Kecemasan terakhir mahasiswa adalah takut tidak bisa langsung mendapatkan pekerjaan setelah lulus. Perasaan ini muncul karena mendengar pengalaman senior yang kesulitan mendapatkan pekerjaan.

Jika kamu tidak ingin berada di posisi tersebut, sebaiknya kamu mulai mengembangkan keterampilan yang dimiliki saat masih berada di bangku kuliah.

Itu dia beberapa kecemasan yang pasti pernah menghantui kamu sebagai mahasiswa. Namun, daripada merasa cemas, coba saja jalani terlebih dahulu semuanya. Gak semua hal-hal yang kamu dengar itu benar, kok!

Baca Juga: Bukan karena Malas, Ini 5 Alasan Mahasiswa Kerap Lulus Tak Tepat Waktu

Topic:

  • Muhammad Tarmizi Murdianto
  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya