Comscore Tracker

5 Beasiswa Luar Negeri dengan Batas Pendaftaran April 2021, Ada S1-S3

#IDNTimesLife Jangan lewatkan kesempatan ini!

Melanjutkan studi di luar negeri memang memerlukan biaya yang gak sedikit. Namun, kamu bisa lho memanfaatkan beasiswa yang disediakan oleh pihak pemerintah maupun swasta di negara yang berkaitan. 

Berikut ini beberapa beasiswa studi di luar negeri dengan jenjang S1, S2, hingga S3, yang bisa kamu coba dapatkan. Yuk, simak!

1. Malaysia International Scholarship (MIS)

5 Beasiswa Luar Negeri dengan Batas Pendaftaran April 2021, Ada S1-S3instagram.com/curtinmalaysia

Malaysia International Scholarship (MIS) adalah upaya Pemerintah Malaysia dalam memberikan motivasi serta mempertahankan sumber daya manusia berbakat yang berasal dari luar negeri. Maka dari itu, beasiswa ini pada dasarnya diperuntukkan bagi pelajar internasional dengan catatan akademik yang baik dan latar belakang yang luar biasa.

Untuk pendaftaran pada program beasiswa jenjang S2 dan S3 ini hanya dibuka sampai 30 April 2021 dengan kriteria setidaknya berusia maksimal 40 tahun untuk S2 dan 45 tahun untuk S3. Selain itu, dibutuhkan juga kemahiran berbahasa Inggris yang dibuktikan dengan skor IELTS minimal 6,5 atau skor TOEFL minimal 92. 

Nantinya, pelajar yang berhasil menerima beasiswa ini akan mendapat bantuan biaya sekolah dan tunjangan hidup dengan dana sebesar RM 1.500 atau sekitar Rp 5,2 juta per bulan. Untuk informasi terkait bidang studi dan lainnya kamu bisa kunjungi situs resmi beasiswa ini di https://biasiswa.mohe.gov.my/INTER/index_criteria.php

2. Türkiye Scholarships

5 Beasiswa Luar Negeri dengan Batas Pendaftaran April 2021, Ada S1-S3isdb.org/scholarships

Beasiswa Türkiye kembali hadir untuk tahun ajaran 2021-2022. Program ini dirancang untuk memberikan kesempatan bagi pelajar dengan latar belakang akademis yang baik dalam melanjutkan studi Sarjana, Magister, dan PhD. 

Beasiswa ini sendiri mencakup biaya sekolah, tunjangan hidup, akomodasi, asuransi kesehatan, dan tiket pesawat pulang pergi. Namun, untuk mendapatkannya kamu harus harus memiliki kemahiran dalam berbahasa yang dibuktikan dengan sertifikat TOEFL atau sertifikat pendukung lain, serta memiliki nilai tes masuk perguruan tinggi internasional, seperti GRE, GMAT, SAT, dan sebagainya.

Selain itu, pendaftaran untuk program beasiswa ini hanya dibuka sampai 15 April 2021. Untuk informasi lebih jelas mengenai program beasiswa ini kamu bisa langsung mengunjungi situs resminya di https://turkiyeburslari.gov.tr/en/announcement/call-for-new-applications-for-the-isdb-turkiye-scholarships-international-joint-scholarship-programme-for-academic-year-2021-22

3. Bach Khoa - HCMUT Scholarships

5 Beasiswa Luar Negeri dengan Batas Pendaftaran April 2021, Ada S1-S3instagram.com/bachkhoa.hcmut

Apakah kamu tertarik untuk melanjutkan studi di Ho Chi Minh City University of Technology? Kalau benar demikian, ada lho beasiswa yang bisa mendukung pembiayaan kamu dalam menempuh studi selama di sana.

Beasiswa tersebut mencakup dukungan biaya belajar untuk seluruh kegiatan yang ada terkait program studi yang kamu jalani. Hanya saja, besaran beasiswa yang diterima berkaitan dengan nilai kelulusan serta poin IELTS yang kamu miliki. 

Selain itu, program beasiswa ini pun hanya dibuka sampai 30 April 2021 saja. Jadi, bagi kamu yang ingin mendaftar silakan langsung kunjungi https://oisp.hcmut.edu.vn/en/scholarship/HCMUT%20-%20Bach%20khoa-scholarships/

Baca Juga: 5 Beasiswa Indonesia Ini Segera Tutup Pendaftaran di Bulan April 2021

4. Scholarships Programme from Ministry of Foreign Affairs Romanian

5 Beasiswa Luar Negeri dengan Batas Pendaftaran April 2021, Ada S1-S3instagram.com/unibuc

Negara Rumania melalui Kementerian Luar Negeri menawarkan beasiswa bagi warga negara yang bukan termasuk anggota Uni Eropa. Beasiswa ini tersedia untuk program studi Sarjana, Magister, hingga Doktoral. 

Adapun cakupan yang diberikan, yaitu pembebasan dari biaya pendaftaran, biaya sekolah untuk persiapan Bahasa Rumania, tunjangan keuangan per bulan, biaya akomodasi, serta bantuan medis. Sayang, batas akhir pendaftaran program beasiswa ini hanya dibuka sampai 30 April setiap bulannya. 

Untuk informasi lebih lengkap silakan kunjungi situs resmi pemerintah Rumania terkait beasiswa ini di https://www.mae.ro/en/node/10251

5. Scholarships for Ritsumeikan Asia Pacific University

5 Beasiswa Luar Negeri dengan Batas Pendaftaran April 2021, Ada S1-S3instagram.com/ritsumeikanapu

Bagi kamu yang ingin melanjutkan studi di Jepang silakan ikuti program beasiswa yang ditawarkan oleh Ritsumeikan Asia Pacific University (APU). Syaratnya, kamu harus berusia minimal 18 tahun, sudah menyelesaikan wajib belajar 12 tahun, dan lulus kurikulum maupun tes ditunjuk oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Olahraga, Sains, dan Teknologi Jepang (MEXT).

Selain itu, pelajar yang mendaftar juga harus mahir dalam berbahasa Inggris yang dibuktikan dengan sertifikat IELTS minimal 6.0, TOEFL minimal 75, TOEIC 750, dan sertifikat lain yang setara. Pendaftar pun wajib mampu berbahasa Jepang dengan nilai JLPT N1 100, JLPT N2 120, serta EJU Jepang 250 untuk membaca dan mendengarkan, 30 untuk keterampilan menulis.

Namun, perlu diketahui bila beasiswa ini tidak mencakup biaya pendaftaran sehingga kamu harus membayar biaya pendaftaran terlebih dahulu sebesar ¥ 5.500 - 7.000 atau sekitar Rp700 ribu - Rp900 ribu. Kamu bisa mengirimkan aplikasi pendaftaran paling lambat 7 April 2021. 

Untuk informasi lain yang lebih lengkap kamu bisa coba mengunjungi situs resmi Ritsumeikan Asia Pacific University di https://admissions.apu.ac.jp/how_to_apply/new_students/outside_japan_2021/index.html

Demikian lima beasiswa luar negeri untuk jenjang S1, S2, dan S3 yang akan segera tutup pendaftaran pada bulan April 2021. Segera persiapkan berkas yang dibutuhkan untuk mendaftar!

Baca Juga: 5 Kesalahan yang Menggagalkan Pelamar Beasiswa di Tahap Administrasi

Topic:

  • Muhammad Tarmizi Murdianto
  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya