Comscore Tracker

Dear Mahasiswa, Ini 5 Cara Efektif Hilangkan Stres untuk Anak Kuliah

Wajib tahu

Ketika jadi mahasiswa, kamu harus siap disibukkan dengan jadwal kelas yang padat, tumpukan tugas yang tiada henti, ajakan ikut organisasi, hingga bimbingan skripsi dan KKN. Sayangnya, tak semua orang dapat mengatur waktu dengan baik sehingga kerap kali merasa kewalahan dan stres.

Jika hal ini terjadi dan dibiarkan terus-menerus, tentu akan berdampak pada performa akademis dan kesehatan tubuhmu. Oleh karena itu, coba lakukan beberapa hal di bawah ini untuk mengatasinya!

1. Jangan memaksakan diri untuk ikut segudang kegiatan

Dear Mahasiswa, Ini 5 Cara Efektif Hilangkan Stres untuk Anak Kuliahunsplash.com/Elemen5 Digital

Sebagai mahasiswa, kita memang perlu memanfaatkan masa-masa kuliah untuk aktif dalam berbagai organisasi. Sebab, hal ini berguna untuk menambah pengalaman dan relasi ketika kelak kita lulus dari kampus.

Untuk melakukannya, kamu perlu batasan sehingga tak mengambil semua kegiatan yang ada dan pada akhirnya membuat kamu tak sanggup menjalaninya. Mengikuti waktu luang dengan kegiatan positif memang baik, akan tetapi menjaga kesehatan itu lebih penting. 

Untuk itu, ada baiknya jika kamu lebih bijak dalam memilih kegiatan dan ambil yang sekiranya mampu dijalani saja. Tidak usah terlalu banyak ikut serta kegiatan sehingga kamu bisa lebih fokus untuk berkontribusi secara maksimal dalam hal yang diikuti.

2. Makan makanan yang bergizi

Dear Mahasiswa, Ini 5 Cara Efektif Hilangkan Stres untuk Anak Kuliahpexels.com/destiawan nur agustra

Demi mengirit uang bulanan, biasanya anak kuliah lebih memilih makanan cepat saji atau makanan instan. Namun, perlu diketahui bahwa terlalu sering makan makanan cepat saji dapat membahayakan kesehatan tubuh dan mental.

Makanan cepat saji sangat minim dengan gizi sehingga dapat menurunkan energi tubuh. Tubuh yang tidak fit inilah, yang rentan mengalami stres. Lalu, ketika stres sudah menghantui, kamu akan sulit mengontrol emosi dan performa akademis pun menurun.

Usahakan tetap mengonsumsi makanan sehat meski disibukkan dengan berbagai macam hal. Makanan sehat tidak perlu mahal, kok! Kamu bisa menyempatkan diri untuk pergi ke pasar, lalu membeli sayur dan buah dengan harga yang cukup murah.

3. Tidur yang cukup

Dear Mahasiswa, Ini 5 Cara Efektif Hilangkan Stres untuk Anak KuliahUnsplash.com/yrss

Pada dasarnya, kurang tidur dapat membuat otak tidak dapat bekerja secara efisien. Dampaknya, kamu akan sulit untuk berkonsentrasi, fokus, mengingat atau mempelajari suatu hal, hingga mengambil keputusan. 

Sejumlah hal tersebut, tentu sangat merugikan bagi yang harus memahami isi mata kuliah selama di kelas. Selain itu, kurang tidur juga bisa membuat kamu menjadi rentan terserang penyakit dan mudah stres.

Oleh karenanya, sesibuk atau sepadat apa pun kegiatan kamu, cobalah untuk tidur cukup selama tujuh hingga delapan jam setiap malamnya! Jangan lupa, jauhi ponsel agar bisa tidur dengan lelap ya! 

Baca Juga: 7 Hal Menyedihkan yang Dialami Mahasiswa Selama Pandemik COVID-19

4. Rutin berolahraga

Dear Mahasiswa, Ini 5 Cara Efektif Hilangkan Stres untuk Anak KuliahPexels.com/Jonathan Borba

Salah satu cara mengatasi stres yang paling mudah dan tidak perlu mengeluarkan biaya adalah berolahraga secara teratur. Tidak perlu lama-lama, kamu hanya perlu berolahraga ringan selama 10 menit setiap harinya.

Tidak hanya itu, kamu juga bisa berolahraga dengan cara memanfaatkan kegiatan sehari-hari. Misalnya, berjalan kaki dari tempat tinggal menuju kampus atau menggunakan tangga manual ketimbang lift atau tangga berjalan. 

Berolahraga secara rutin diyakini dapat membantu melepas stres dan menjaga kesehatan tubuh. Jadi, tidak ada salahnya untuk mencoba, bukan?

5. Lakukan me time sesekali

Dear Mahasiswa, Ini 5 Cara Efektif Hilangkan Stres untuk Anak Kuliahunsplash.com/Pablo M

Menjalani masa perkuliahan bukan berarti kamu harus menyibukkan diri hanya dengan kegiatan akademik. Kamu juga tetap membutuhkan hiburan untuk menyegarkan kembali pikiran setelah dipaksa bekerja selama satu minggu.

Ketika kamu merasa suntuk dan lelah dengan banyaknya aktivitas, cobalah memanjakan diri meskipun hanya di akhir pekan. Kamu bisa pergi ke salon, karaoke bersama teman, menonton film atau drama korea favoritmu, atau pergi ke tempat yang kamu sukai.

Perlu diketahui bahwa pikiran yang rileks tanpa beban, bisa membantu meningkatkan produktivitas kamu keesokan harinya. Jadi, memanjakan diri sesekali tidak ada salahnya, lho!

Selain lima cara di atas, untuk mengatasi rasa stres, kamu juga bisa menghabiskan waktu sejenak bersama orang-orang terdekat yang kamu sayangi. Tawa dan canda mereka pasti akan membantumu melupakan hal-hal yang membuatmu stres.

Baca Juga: 5 Cara Mendapatkan Dana Bantuan untuk Biaya Kuliah, Gak Cuma Beasiswa!

Topic:

  • Muhammad Tarmizi Murdianto
  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya