Comscore Tracker

Cara Memperkenalkan Diri dengan Bahasa Inggris dalam Berbagai Situasi

#IDNTimesLife Gunakan susunan kalimat yang benar!

Perkenalan diri merupakan hal paling dasar yang patut kamu pahami ketika belajar bahasa asing. Sebab, perkenalan diri yang baik dan benar dapat menarik perhatian lawan bicara untuk mengenal diri kita jauh lebih dalam.

Hal ini tentu sangat baik, terutama pada saat menjalankan interview kerja. Nah, berikut ini beberapa contoh cara memperkenalkan diri dengan Bahasa Inggris dalam berbagai situasi yang bisa kamu coba.

1. Perkenalan diri sebagai murid baru

Cara Memperkenalkan Diri dengan Bahasa Inggris dalam Berbagai SituasiIDN Times/Wayan Antara

Perkenalan diri yang baik sebenarnya gak memiliki format resmi yang harus digunakan. Nah, berikut ini contoh format perkenalan diri saat pertama kali masuk sekolah sebagai mahasiswa baru:

"Good morning everyone! My name is Aulia Pratama. I am a new student in this university. I was born in Karawang, a small city in Indonesia, on February 14th 1996. My hobbies are writing and reading. If there is a competition, I would love to take part as long as it relates with my hobbies. I think that as my first step to achieve my goal of becoming a famous writer. Thank you."

Artinya:

Selamat pagi semuanya. Nama saya Aulia Pratama. Saya seorang mahasiswa baru di universitas ini. Saya lahir di Karawang, sebuah kota kecil di Indonesia, pada 14 Februari 1996. Hobi saya menulis dan membaca. Jika ada kompetisi, saya akan senang untuk mengambil bagian selama itu berkaitan dengan hobi saya. Saya pikir itu sebagai langkah pertama saya untuk mencapai tujuan saya menjadi seorang penulis terkenal. Terima kasih.

2. Perkenalan diri sebagai karyawan baru

Cara Memperkenalkan Diri dengan Bahasa Inggris dalam Berbagai SituasiIlustrasi interview kerja (pexels.com/Gustavo Fring)

Memperkenalkan diri menggunakan Bahasa Inggris sudah menjadi hal yang umum di dunia kerja. Terlebih, beberapa perusahaan kini mulai mengimplementasikan Bahasa Inggris dalam fase interview saat melamar pekerjaan. 

Berikut ini contoh perkenalan diri sebagai karyawan baru yang sudah diterima kerja maupun karyawan baru yang sedang dalam tahap interview:

"Good afternoon! My name is Klara. I’m a new employee here. Previously, I had worked in various reputable companies in Indonesia. So, I will do my best for this company so that this company can make more progress and get higher profit. Well, that’s a simple introduction I can do. I hope we can work together as a team. Thank you."

Artinya:

Selamat sore! Nama saya Klara. Saya seorang karyawan baru di sini. Sebelumnya, saya telah bekerja di berbagai perusahaan terkemuka di Indonesia. Jadi, saya akan melakukan yang terbaik untuk perusahaan ini sehingga perusahaan ini dapat membuat lebih banyak kemajuan dan mendapatkan keuntungan yang lebih tinggi. Ya, itu pengantar sederhana yang bisa saya lakukan. Saya harap kita bisa bekerja bersama sebagai satu tim. Terima kasih.

3. Perkenalan diri untuk memulai presentasi

Cara Memperkenalkan Diri dengan Bahasa Inggris dalam Berbagai SituasiIlustrasi interview kerja (unsplash.com/LinkedIn Sales Navigator)

Pada saat menempuh studi, kamu pasti pernah diwajibkan untuk mempresentasikan tugasmu di depan hadapan teman-teman, bukan? Nah, pada situasi tersebut, ada baiknya kamu tetap memperkenalkan diri meski sudah saling mengenal.

Berikut ini contoh memperkenalkan diri dalam Bahasa Inggris yang bisa kamu terapkan pada kondisi itu:

"Hello everyone, my name is Mufni Alida. I would like to present my group’s research on mechanical techniques that we found and completed for 3 weeks."

Artinya:

Halo semuanya, nama saya Mufni Alida. Di sini, saya ingin menyampaikan penelitian kelompok saya tentang teknik mekanik yang kami temukan dan selesaikan selama 3 minggu.

Baca Juga: 5 Kata Sapaan Keluarga dalam Bahasa Aceh, Ada yang Mirip Bahasa Korea!

4. Perkenalan diri dan kesibukan yang sedang dijalani

Cara Memperkenalkan Diri dengan Bahasa Inggris dalam Berbagai SituasiIlustrasi interview kerja (unsplash.com/rawpixel)

Dalam tahapan interview kerja, gak jarang pihak perekrut bertanya tentang dirimu serta hal apa yang sedang menjadi kesibukanmu saat ini. Untuk menjawab pertanyaan tersebut, kamu bisa melihat contoh referensi berikut:

"Good afternoon. I am Putri Pratiwi and you can call me Putri. I was born in Surabaya, July 19th 1987. Currently, I’m managing a personal blog about fashion trends and lifestyle. If you’re interested, maybe you can stop by to read my articles. Thank you."

Artinya:

Selamat siang. Saya Putri Pratiwi dan Anda bisa memanggil saya Putri. Saya lahir di Surabaya, 19 Juli 1987. Saat ini, saya mengelola blog pribadi tentang tren dan gaya hidup fashion. Jika Anda tertarik, mungkin Anda bisa mampir untuk membaca artikel saya. Terima kasih.

5. Perkenalan diri tentang profil pribadi

Cara Memperkenalkan Diri dengan Bahasa Inggris dalam Berbagai SituasiIlustrasi kerja (unsplash.com/You X Ventures)

Selanjutnya, kamu juga bisa memperkenalkan diri dengan profil yang lengkap termasuk penjelasan mengenai keluargamu dalam menjawab pertanyaan di fase interview kerja. Hal ini jelas lebih baik karena pihak perekrut dapat mengenalmu lebih jauh. Berikut contohnya:

"Good morning! On this occasion, please allow me to introduce myself. My name is Sita Aprilia. I am the second child in my familiy and I have 4 other siblings. I was born in Jakarta, June 5th 1997. Currently, I live in Jalan Kebon Nanas number 12, East Jakarta.

I really love books and  music. I can play the guitar since 6th grade and now, I have made 5 songs and I have a dream to make a band. I also want to share a stage with Noah. Hopefully, my dream can come true.

My father works for a prominent contractor company and my mother works in the hospital. I guess that’s all I can say about this introduction. Thank you very much for your attention."

Artinya:

Selamat pagi! Pada kesempatan kali ini, izinkan saya untuk memperkenalkan diri saya. Nama saya Sita Aprilia. Saya adalah anak kedua di keluarga saya dan saya memiliki 4 saudara kandung. Saya lahir di Jakarta, 5 Juni 1997. Saat ini, saya tinggal di Jalan Kebon Nanas nomor 12, Jakarta Timur.

Saya sangat menyukai musik dan buku. Saya bisa memainkan gitar sejak kelas 6 SD dan saat ini, saya telah menciptakan 5 buah lagu dan saya mempunyai impian untuk membuat sebuah grup musik. Saya juga ingin berdiri di satu panggung yang sama dengan Noah. Semoga cita-cita saya bisa tercapai.

Ayah saya bekerja di sebuah perusahaan kontraktor ternama dan ibu saya bekerja di rumah sakit. Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan mengenai perkenalan ini. Terima kasih banyak atas perhatiannya.

6. Perkenalan diri secara luas dan dalam

Cara Memperkenalkan Diri dengan Bahasa Inggris dalam Berbagai Situasi(Ilustrasi wawancara kerja) Freepik.com/yanalya

Penjelasan diri secara detail juga sangat diperlukan dalam beberapa situasi, termasuk saat melamar pekerjaan. Untuk kata-kata yang lebih sederhana dan tegas, kamu bisa mengikuti contoh perkenalan diri dalam Bahasa Inggris berikut ini.

"Good morning everyone! My name is Deni Hari. I was born on February 9th 1994 and grew up in Tegal. I am currently studying as a first-year post-graduate student at the Faculty of Civil Engineering, majoring in Architecture at the Universitas Indonesia. As for my family, I have one brother and younger twin sisters while I am the eldest among them. My father works at a mining company and my mother is a housewife. My friends told me that I’m a friendly and enthusiastic person, honest, and flexible to work at any time. I also can work for a long time without taking a break. Thank you."

Artinya:

Selamat pagi semuanya! Nama saya Deni Hari. Saya lahir pada 9 Februari 1994 dan dibesarkan di Tegal. Saya sedang belajar sebagai mahasiswa pasca sarjana tahun pertama di Fakultas Teknik Sipil, jurusan Arsitektur di Universitas Indonesia. Sedangkan untuk keluarga, saya memiliki satu saudara lelaki dan dua saudara perempuan kembar sementara saya adalah yang tertua di antara mereka. Ayah saya bekerja di perusahaan pertambangan dan ibu saya adalah seorang ibu rumah tangga. Teman-teman saya memberi tahu saya bahwa saya adalah orang yang ramah dan antusias, jujur, dan fleksibel untuk bekerja kapan saja. Saya juga dapat bekerja untuk waktu yang lama tanpa istirahat. Terima kasih.

Itu dia beberapa contoh cara perkenalan diri dalam Bahasa Inggris yang bisa kamu pakai di berbagai situasi. Jangan lupa dicoba!

Baca Juga: 7 Idiom Bahasa Inggris tentang 'Green' yang Dapat Menambah Wawasanmu

Topic:

  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya