Comscore Tracker

5 Cara Menulis Novel ala Dita Soedarjo, Mudah Banget!

Dita baru merilis novel terbarunya berjudul Jakartaholic

Storial, platform lokal untuk menulis dan membaca secara digital, meluncurkan novel bergenre fiksi metropop pertama yang ditulis oleh Dita Soedarjo. Novel berjudul Jakartaholic tersebut, diluncurkan di GIOI Menteng pada Senin (24/2).

Dalam peluncurannya, Dita turut membagikan cara menulis novel yang mudah bagi pemula. Daripada penasaran, yuk langsung simak beberapa cara menulis novel ala Dita Soedarjo ini!

1. Kamu harus suka menulis terlebih dahulu

5 Cara Menulis Novel ala Dita Soedarjo, Mudah Banget!Dita Soedarjo dalam peluncuran novelnya yang berjudul Jakartaholic di GIOI Menteng. 24 Februari 2020. IDN Times/M. Tarmizi Murdianto

Meskipun lebih dikenal sebagai pengusaha es krim, sebenarnya Dita juga memiliki hobi menulis. Ini dibuktikan dengan jawaban teman akrabnya, Tina Toon, yang turut hadir dalam peluncuran tersebut.

"Dita ini dalam chat via handphone aja, udah panjang lebar kayak apa. Dia emang suka nulis dan ngomong. Jadi, dengan bikin buku ya lebih menguntungkan karena dapat royalti dan kita gak pusing lagi dengar curhatan dia," kata Tina.

Oleh karenanya, ketika menjelaskan kiat-kiat menulis novel, Dita mengatakan bahwa hal paling dasar yang harus kamu lakukan adalah menumbuhkan rasa cinta untuk menulis.

"Kamu harus suka menulis dahulu. Kalo dari dirinya sendiri gak suka menulis, mau mengembangkan ide seperti apa pun juga susah," ungkap Dita.

2. Membaca banyak buku sebagai referensi

5 Cara Menulis Novel ala Dita Soedarjo, Mudah Banget!Dita Soedarjo dalam peluncuran novelnya yang berjudul Jakartaholic di GIOI Menteng. 24 Februari 2020. IDN Times/M. Tarmizi Murdianto

Kiat kedua yang disampaikan oleh Dita adalah membaca banyak buku sebagai bahan referensi menulis. Menurutnya, selain menulis, membaca juga menjadi hal yang paling mudah untuk dilakukan.

Dengan membaca banyak referensi buku, nantinya kamu juga akan lebih bisa mengelola kata-kata dalam menuangkan ide.

"Yang kedua adalah membaca banyak buku. Sebab, itu bisa kamu jadikan sebagai referensi penulisan ke depannya. Mau seperti apa buku kamu, pola, alurnya, atau hal lainnya, kamu bisa mendapatkan insight dari buku-buku orang lain," tutur perempuan kelahiran 1992 itu.

3. Paparkan ide yang kamu miliki dengan detailnya

5 Cara Menulis Novel ala Dita Soedarjo, Mudah Banget!Dita Soedarjo dalam peluncuran novelnya yang berjudul Jakartaholic di GIOI Menteng. 24 Februari 2020. IDN Times/M. Tarmizi Murdianto

Bagi lulusan Fashion Institute of Design & Merchandising (FIDM) di Los Angeles ini, ketika kamu sudah memiliki ide yang ingin dituangkan, maka ide tersebut harus dipaparkan sejelas-jelasnya. Bahkan, kalau perlu kamu jelaskan dengan detail yang menarik. 

"Kalau kamu sudah punya ide, ya jelaskan ide itu dengan sejelas-jelasnya. Dengan detail, dan menarik," katanya. Dita juga berkata, jika ingin cerita tersebut dijadikan karangan fiksi, kamu bisa menyamarkan beberapa tokoh dalam cerita seperti yang ada di bukunya.

Baca Juga: 9 Ide Mix and Match Gaya Monokrom ala Vanessa Angel, Super Simpel!

4. Jangan merasa benar atau salah terhadap hal yang kamu tulis

5 Cara Menulis Novel ala Dita Soedarjo, Mudah Banget!Dita Soedarjo dalam peluncuran novelnya yang berjudul Jakartaholic di GIOI Menteng. 24 Februari 2020. IDN Times/M. Tarmizi Murdianto

Selanjutnya, perempuan yang juga menjalankan bisnis kecantikan ini mengatakan, biasanya orang-orang yang menulis novel atau cerita memiliki rasa kekhawatiran atau insecure terhadap karyanya sendiri.

Untuk itu, jika kamu ingin membuat sebuah karya, apa pun itu, sebaiknya jangan pernah merasa salah atau benar terhadap karyamu. "Jangan merasa salah atau benar karena itu ide kamu," tegas Dita ketika menjelaskan kiat yang keempat.

5. Try and error

5 Cara Menulis Novel ala Dita Soedarjo, Mudah Banget!Sesi foto bersama antara DIta Soedarjo dan Tamu VIP dalam acara peluncuran novelnya yang berjudul Jakartaholic di GIOI Menteng. 24 Februari 2020. IDN Times/M. Tarmizi Murdianto

Hal terakhir yang diungkapkan Dita adalah terus mencoba. "Try and error itu penting. Jangan pernah merasa gagal atau salah seperti yang tadi saya bilang. Kalau memang tidak memuaskan, maka selanjutnya bikin yang lebih bagus," ucapnya. 

Selain itu, perempuan ini juga mengatakan untuk menuangkan ide secara relevan agar bisa lebih dimaknai oleh orang lain. Seperti halnya buku terbarunya, Jakartaholic, yang menceritakan tentang perjuangan-perjuangan yang dilakukan oleh orang-orang di Jakarta.

Tidak hanya bergelimang harta dan kehidupan yang mewah, namun di balik hal tersebut pasti ada perjuangan dan tantangan yang harus dilalui oleh banyak orang di Jakarta. Untuk menuangkan idenya, ia memilih untuk menulisnya di platform Storial.

Ini dikarenakan platform lokal itu sangat mudah untuk digunakan dan bisa membuatnya menuliskan ide hanya dalam per bab saja. Jadi, kata Dita, dirinya bisa menulis tanpa menyita waktu yang lama, tetapi secara perlahan saja,

Lebih menarik lagi, tulisannya bisa dibaca oleh semua orang, termasuk orang-orang yang ada di daerah-daerah.

"Novel Jakartaholic ini aku buat agar orang-orang di luar Jakarta bisa tahu bahwa tinggal di Jakarta gak selalu menyenangkan dan mudah. Ada perjuangan dan tantangan yang harus dilalui terlebih dahulu. Dengan tujuan itu, makanya aku pilih juga untuk menulis di Storial karena platform ini bisa diakses oleh semua orang," ungkap Dita.

Nah, itu dia cara menulis novel ala Dita Soedarjo. Semoga bisa menambah ilmu kamu, ya!

Baca Juga: Buku Puisi Hingga Holistik, Ini 6 Rekomendasi Buku Ala Eva Celia

Topic:

  • Muhammad Tarmizi Murdianto
  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya