Comscore Tracker

Fakta Mitsui Bussan Scholarship, Beasiswa Studi Jerome Polin di Jepang

Pendaftarannya sudah resmi dibuka, lho!

Melanjutkan studi di Jepang, kini bukan hanya sekadar impian saja lho! Sebab, kamu bisa mengikuti jejak Jerome Polin, YouTuber yang juga terkenal di media sosial Twitter dan Instagram, dengan mengambil program beasiswa bernama Mitsui Bussan Scholarship.

Jika kamu belum mengetahui tentang beasiswa tersebut, yuk temukan fakta Mitsui Bussan Scholarship berikut!

1. Program beasiswa ini, sudah ada sejak tahun 1992. Tujuannya agar penerimanya dapat mengenal budaya Jepang

Fakta Mitsui Bussan Scholarship, Beasiswa Studi Jerome Polin di Jepangmbkscholarship-id.com

Mitsui Bussan Scholarship adalah program beasiswa Mitsui-Bussan untuk Indonesia yang didirikan sejak 1992 di Tokyo.

Awalnya, program ini disebut sebagai yayasan nirlaba yang dibentuk atas persetujuan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Olahraga, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Jepang, dengan dana yang sudah disiapkan oleh Mitsui & Co., Ltd. 

Beasiswa ini mendorong siswa Indonesia agar belajar pada universitas di Jepang. Selain itu, Mitsui Bussan Scholarship juga diharapkan mampu membuat penerimanya mengenal budaya Jepang serta dapat melakukan kontribusi pada pembangunan di Indonesia.

2. Mitsui Bussan Scholarship hanya tersedia bagi lulusan SMA dengan usia maksimal 20 tahun

Fakta Mitsui Bussan Scholarship, Beasiswa Studi Jerome Polin di Jepangmbkscholarship-id.com

Jika kamu ingin mendaftar beasiswa ini, ada beberapa kualifikasi yang harus kamu penuhi. Kualifikasi tersebut adalah warga negara Republik Indonesia, usia maksimal 20 tahun pada 1 April 2020 mendatang, dan sudah menyelesaikan pendidikan SMA.

Selain itu, ada juga ketentuan dalam hal nilai, di mana setidaknya kamu harus memiliki nilai 80 atau lebih tinggi di dua semester berturut-turut. 

3. Jika terpilih, kamu wajib belajar Bahasa Jepang selama 1,5 tahun terlebih dahulu

Fakta Mitsui Bussan Scholarship, Beasiswa Studi Jerome Polin di Jepangmbkscholarship-id.com

Selain seleksi berkas, ada juga persyaratan lain yang harus kamu jalankan. Persyaratan itu adalah mengikuti pendidikan Bahasa Jepang selama 18 bulan atau 1,5 tahun.

Rencananya, studi bahasa tersebut akan dilakukan di Pusat Pendidikan Bahasa Jepang Tokyo dari Lembaga Administrasi Independen, dan Organisasi Layanan Mahasiswa Jepang.

Namun, perlu kamu ketahui bahwa nilai dalam studi bahasa Jepang ini, turut menjadi penentu diterima atau ditolaknya program beasiswa yang kamu ajukan.

Baca Juga: 5 Fakta tentang Kuliah di Australia, Lulus dalam 3 Tahun!

4. Program beasiswa ini tersedia untuk jenjang S1 di berbagai jurusan

Fakta Mitsui Bussan Scholarship, Beasiswa Studi Jerome Polin di Jepangmbkscholarship-id.com

Dilansir laman resminya, Mitsui Bussan Scholarship menawarkan program beasiswa pada berbagai bidang studi yang terbagi menjadi dua kategori, yakni:

  1. Program sarjana 4 tahun di bidang studi Sains dan Teknik, yang mencakup Matematika, Fisika, Kimia, Informasi & Ilmu Komputer, Biologi, Biofisika & Biokimia, Geologi, dan lain-lain; Teknik Sipil, Arsitektur, Teknik Perkotaan, Teknik Lingkungan, dan lain-lain; Teknik Mesin, Teknik Presisi, dan lain-lain; Pembangunan Kapal & Rekayasa Kelautan, Aeronautika, dan lain-lain; Teknik Listrik, Elektronik, Teknik Informasi & Komunikasi, dan lain-lain; Metalurgi, Ilmu Material, dan lain-lain; Kimia Terapan, Teknik Kimia, dan lain-lain; Teknik Industri, Manajemen Pabrik & Produksi, Manajemen Pabrik, dan lain-lain; Teknik Pertanian, Ilmu Hutan & Perikanan, Kimia Pertanian, Teknik Makanan, dan lain-lain.
  2. Program sarjana 4 tahun di bidang studi Ilmu Sosial, Bisnis dan Perdagangan, yang mencakup Hukum Perdata, Hukum Publik, Ilmu Politik, Teori Ekonomi, Sejarah Ekonomi, Kebijakan Ekonomi, dan lain-lain; Manajemen Perusahaan, Akuntansi, Perdagangan & Pemasaran, Keuangan, Asuransi, Hubungan Industri, Ekonometrika, Ekonomi Internasional, dan lain-lain.

5. Bentuk beasiswa ini berupa bantuan dana dan tunjangan mencapai lebih dari Rp30 juta

Fakta Mitsui Bussan Scholarship, Beasiswa Studi Jerome Polin di Jepangmbkscholarship-id.com

Bentuk beasiswa yang ditawarkan oleh Mitsui Bussan Scholarship berupa tunjangan dan pengeluaran untuk kehidupan dan studi di Jepang dengan total lebih dari Rp30 juta. Adapun bentuk tunjangan tersebut, antara lain:

  • Tunjangan dana kehidupan sebesar 145.000 yen per bulan
  • Akomodasi tiket pesawat PP, Indonesia-Jepang dan Jepang-Indonesia
  • Setelah tiba, ada juga tunjangan kedatangan sebesar 50.000 yen
  • Dalam periode studi bahasa Jepang, akan diberikan subsidi tempat tinggal sebesar 5.000 yen per bulan, dan pada masa perkuliahan akan diberikan subsidi tempat tinggal sebesar 25.000 yen per bulan
  • Disediakan pula asuransi jiwa, penerbangan, dan asuransi kecelakaan.

Program beasiswa Mitsui Bussan untuk Indonesia ini, sudah resmi dibuka sejak 20 Januari 2020 dan akan berakhir pada 21 Februari 2020. Jadi, jika kamu ingin mengikuti jejak Jerome Polin untuk kuliah di Jepang, sebaiknya segera ikuti pendaftarannya ya!

Untuk keterangan lebih lanjut, kamu bisa kunjungi laman resminya di https://www.mbkscholarship-id.com/japan-scholarship-prospectus/.

Baca Juga: 6 Fakta Le Cordon Bleu Paris, Almamater Chef Renatta MasterChef

Topic:

  • Muhammad Tarmizi Murdianto
  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya