Comscore Tracker

Pakai Kata 'Sea', 6 Idiom Ini Memiliki Makna yang Luas dan Beragam!

Kamu pernah dengar salah satunya?

Terdapat banyak sekali idiom dalam Bahasa Inggris yang biasa digunakan dalam percakapan sehari-hari. Bahkan, beberapa di antaranya tersusun atas satu kata saja, seperti idiom yang menggunakan kata 'sea' berikut ini. Yuk, simak!

1. Between the devil and the deep blue sea

Pakai Kata 'Sea', 6 Idiom Ini Memiliki Makna yang Luas dan Beragam!pexels/Andrew Neel

Idiom yang satu ini memiliki makna di mana seseorang sedang berada dalam situasi yang sulit dan memiliki dua pilihan yang sama tidak menyenangkan atau tidak dapat diterima. Contoh penggunaan idiom ini, antara lain:

"I feel like I’m between the devil and the deep blue sea. If I accept the job, I won’t have any time with the kids, and we’ll hardly have any vacation time." Artinya, seperti makan buah simalakama dalam bahasa Indonesia, karena kedua pilihan sama-sama tidak menguntungkan. Jika saya menerima pekerjaan itu, saya tidak akan punya waktu dengan anak-anak, dan kami tidak akan punya waktu liburan.

2. A sea of something

Pakai Kata 'Sea', 6 Idiom Ini Memiliki Makna yang Luas dan Beragam!unsplash/@hughhan

Jika diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia kata ini akan berarti lautan sesuatu. Namun, makna sesungguhnya adalah kuantitas atau jumlah yang besar dari suatu hal tertentu. Contohnya:

"She looked out at the sea of faces in the audience." Artinya, dia memandangi lautan wajah penonton.

3. Sea dog

Pakai Kata 'Sea', 6 Idiom Ini Memiliki Makna yang Luas dan Beragam!pexels/Kaboompics.com

'Sea dog' atau anjing laut merupakan sebuah ungkapan dalam Bahasa Inggris yang merujuk pada seorang pelaut tua atau seorang pelaut yang berpengalaman. Contoh penggunaan idiom ini:

"The tale of a grizzled old sea dog who sets out for one last voyage." Artinya, kisah seorang pelaut tua beruban yang berangkat untuk satu perjalanan terakhir.

Baca Juga: Pakai Nama Negara, 7 Idiom ini Bikin Bahasa Inggris-mu Terdengar Pro!

4. Half seas over

Pakai Kata 'Sea', 6 Idiom Ini Memiliki Makna yang Luas dan Beragam!Pixabay/jarmoluk

'Half seas over' merupakan ungkapan gaul atau kata slang dalam Bahasa Inggris British. Artinya sendiri adalah mabuk atau cukup mabuk. Contoh penggunaan idiom ini:

"You were really half seas over last night!" Artinya, kau benar-benar mabuk tadi malam!

5. Get one's sea legs

Pakai Kata 'Sea', 6 Idiom Ini Memiliki Makna yang Luas dan Beragam!Freepik/pch.vector

Idiom ini memiliki arti di mana seseorang dapat berjalan dengan tenang dan mantap di atas kapal yang bergolak, atau menjadi terbiasa dengan situasi baru dan aneh. Contoh penggunaannya:

"You've only been at your new job for a week. You'll get your sea legs eventually." Artinya, kamu telah berada di pekerjaan baru selama seminggu. Kamu akan mendapatkan ketenanganmu pada akhirnya.

6. All at sea

Pakai Kata 'Sea', 6 Idiom Ini Memiliki Makna yang Luas dan Beragam!pexels/energepic.com

Jika diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia kamu pasti berpikir idiom ini akan berarti semua di laut. Namun, sebenarnya 'all at sea' merupakan sebuah ungkapan dalam Bahasa Inggris yang berarti bingung atau tidak yakin apa yang harus dilakukan. Berikut ini contoh penggunaannya:

"I tried to do well in this class, but I've been all at sea since we started." Artinya, saya berusaha untuk berhasil di kelas ini, tetapi saya sudah bingung sejak kami mulai.

Itu dia enam idiom Bahasa Inggris yang menggunakan kata 'sea' dalam struktur kalimatnya. Apakah ada yang sudah kamu tahu sebelumnya?

Baca Juga: Berkonotasi Negatif, 8 Idiom Inggris Ini Buat Orang Kesal!

Topic:

  • Muhammad Tarmizi Murdianto
  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya