Comscore Tracker

6 Kata Bahasa Korea Mudah untuk Perpisahan, Bisa Dihafal sambil Merem

Josimhe!

Ketika sedang dalam momen berpisah, jelas kamu akan mengucapkan beberapa hal, seperti sampai jumpa, hati-hati, sampai bertemu kembali, dan sebagainya. Ungkapan ini pun tidak hanya berlaku bagi orang Indonesia saja sehingga orang-orang yang berada di negara lain pun kerap mengungkapkannya dengan bahasa mereka sendiri.

Nah, berikut ini beberapa frasa atau kosakata dalam Bahasa Korea yang biasanya diungkapkan dalam momen perpisahan.

1. 나 간다 (na kanda)

6 Kata Bahasa Korea Mudah untuk Perpisahan, Bisa Dihafal sambil Merempexels/Andrea Piacquadio

Frasa yang satu ini termasuk ke dalam bahasa gaul atau kata slang, yang biasa digunakan dalam situasi informal. Artinya sendiri adalah saya pulang, atau saya pergi. 

2. 잘 가 (jal ga)

6 Kata Bahasa Korea Mudah untuk Perpisahan, Bisa Dihafal sambil Merempexels/Andrea Piacquadio

잘 가 atau jal ga merupakan salah satu kata perpisahan yang biasa digunakan dalam percakapan sehari-hari atau situasi informal. Jika diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia, kata ini memiliki arti selamat jalan.

3. 잘 있어 (jarissȏ)

6 Kata Bahasa Korea Mudah untuk Perpisahan, Bisa Dihafal sambil Merempexels/Maddog 229

Kata ini merupakan ungkapan yang biasa digunakan untuk mengucapkan selamat tinggal dalam situasi informal. Sedangkan, untuk situasi formal kamu biasa mengucapkan 안녕히 계세요 atau annyeonghi gyeseyo yang memiliki arti serupa.

Baca Juga: 12 Kata Bahasa Korea Ini Mirip dengan Bahasa Indonesia. Awas Tertukar!

4. 조심해 (josimhae)

6 Kata Bahasa Korea Mudah untuk Perpisahan, Bisa Dihafal sambil Merempexels/Min An

Ketika ingin berpisah biasanya kamu pasti akan mengucapkan 'hati-hati' dengan tujuan agar orang tersebut lebih berhati-hati dalam menuju jalan pulang. Nah, dalam Bahasa Korea untuk mengungkapkan frasa tersebut kamu bisa mengucapkan josimhae atau yang dalam Bahasa Korea ditulis 조심해. 

5. 나중에 뵙 (najung e bwa)

6 Kata Bahasa Korea Mudah untuk Perpisahan, Bisa Dihafal sambil Merempexels/Gustavo Fring

Frasa ini secara umum berarti ayo bertemu lagi nanti. Namun, kamu juga bisa mengartikannya dengan sampai bertemu kembali.

6. 또 보자 (tto boja)

6 Kata Bahasa Korea Mudah untuk Perpisahan, Bisa Dihafal sambil Merempexels/Mica Asato

또 보자 atau tto boja merupakan frasa yang memiliki arti sama dengan 나중에 뵙 najung e bwa. Oleh karena itu, jika diterjemahkan kata ini akan berarti sampai ketemu lagi. Namun, perlu diingat bahwa kedua kosakata ini hanya dipakai dalam percakapan sehari-hari atau situasi informal saja.

Itu dia enam kosakata Bahasa Korea yang biasa digunakan untuk mengungkapkan perpisahan dalam percakapan sehari-hari. Semoga dapat menambah pengetahuanmu dalam belajar Bahasa Korea.

Baca Juga: 11 Kata Bahasa Tagalog yang Sama Persis dengan Bahasa Indonesia

Topic:

  • Muhammad Tarmizi Murdianto
  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya