Comscore Tracker

8 Kata Bahasa Sunda Ini Bisa Ditemukan di KBBI, Ada Ngabuburit lho!

Pasti kamu pernah dengar beberapa kata tersebut..

Meskipun terbilang memiliki banyak bahasa daerah, Indonesia memiliki sebuah pedoman yang menjadi acuan agar seseorang bisa berkomunikasi dengan satu bahasa, bahasa Indonesia, yakni KBBI. Salah satu bahasa daerah yang masuk ke dalam KBBI tersebut adalah bahasa sunda. Akan tetapi, hanya beberapa kata saja yang masuk ke dalam KBBI seperti di bawah ini.

1. Teteh

8 Kata Bahasa Sunda Ini Bisa Ditemukan di KBBI, Ada Ngabuburit lho!unsplash/Yến Yến

Sama halnya dengan arti teteh dalam bahasa Sunda, berdasarkan KBBI teteh juga memiliki arti panggilan untuk kakak perempuan. Namun selain itu, di dalam bahasa Jawa yang juga ada di KBBI, teteh juga memiliki dua arti, yaitu bisa atau mahir dan anak kecil yang sudah jelas ucapannya.

2. Saung

8 Kata Bahasa Sunda Ini Bisa Ditemukan di KBBI, Ada Ngabuburit lho!pexels/Artem Beliaikin

Saung yang sering dianggap sebagai gubuk ternyata masuk ke dalam KBBI. Kata ini juga memiliki artian yang serupa, yakni bangunan kecil seperti rumah di sawah atau di kebun.

3. Kuring

8 Kata Bahasa Sunda Ini Bisa Ditemukan di KBBI, Ada Ngabuburit lho!pexels/Matt Hardy

Mungkin kamu jarang mendengar ada orang Sunda yang mengucapkan kata Kuring. Akan tetapi, kata ini sudah masuk ke dalam KBBI dengan arti saya atau aku.

4. Ngabuburit

8 Kata Bahasa Sunda Ini Bisa Ditemukan di KBBI, Ada Ngabuburit lho!pexels/Steven Arenas

Berdasarkan KBBI, ngabuburit berasal dari kata burit yang artinya sore. Akan tetapi, dalam pedoman bahasa Indonesia tersebut, ngabuburit terdaftar dengan kata mengabuburit yang artinya menunggu azan magrib menjelang berbuka puasa pada waktu bulan Ramadan. Sama saja dengan artian di masyarakat, bukan?

Baca Juga: Ups, 5 Kata Bahasa Indonesia Ini Bermakna 'Vulgar' di Bahasa Malaysia!

5. Ajengan

8 Kata Bahasa Sunda Ini Bisa Ditemukan di KBBI, Ada Ngabuburit lho!pixabay/Jörg Peter

Ajengan memiliki artian orang terkemuka, terutama guru agama Islam, seperti kiai. Kata bahasa sunda ini terdaftar di KBBI lho.

6. Karuhun

8 Kata Bahasa Sunda Ini Bisa Ditemukan di KBBI, Ada Ngabuburit lho!pixabay/Pam Simon

Dalam KBBI, karuhun memiliki artian nenek moyang atau leluhur. Coba deh sekarang kamu bikin sebuah kalimat menggunakan kata ini.

7. Sawer

8 Kata Bahasa Sunda Ini Bisa Ditemukan di KBBI, Ada Ngabuburit lho!pexels/Public Domain Pictures

Sawer atau menyawer merupakan kata dalam bahasa Sunda yang memiliki arti menebarkan uang, beras, dan sebagainya kepada undangan oleh pengantin. Namun, dalam bahasa Melayu sawer berarti memberi uang dalam pertunjukan tertentu.

8. Riung

8 Kata Bahasa Sunda Ini Bisa Ditemukan di KBBI, Ada Ngabuburit lho!unsplash/Phil Coffman

Riung atau meriung berarti duduk atau berkumpul. Penggunaan kata ini dapat diterapkan seperti, "mereka sedang meriung di bawah pohon mangga sambil memainkan alat musik".

Itulah beberapa kata dalam bahasa Sunda yang bisa kamu temukan di KBBI. Berani coba menggunakannya dalam kegiatan kamu sehari-hari?

Baca Juga: 7 Kata Bahasa Inggris selain "Goodbye" untuk Mengucapkan Sampai Jumpa

Topic:

  • Muhammad Tarmizi Murdianto
  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya