Comscore Tracker

6 Kesalahan Fatal yang Sering Dilakukan dalam Membuat Slide Powerpoint

Segera hentikan!

Powerpoint merupakan salah satu sarana yang biasa dipilih untuk melampirkan bahan presentasi. Akan tetapi, beberapa orang masih kerap melakukan kesalahan dalam membuatnya sehingga hal yang ingin dipresentasikan tidak dapat tersampaikan dengan baik. Nah, berikut ini beberapa kesalahan fatal dalam membuat slide powerpoint yang mungkin saja gak kamu sadari. Harus segera kamu hentikan, ya!

1. Mengisi satu slide dengan banyak tulisan

6 Kesalahan Fatal yang Sering Dilakukan dalam Membuat Slide Powerpointunsplash/Charles Deluvio

Terlalu banyak memberikan informasi dalam satu slide justru bisa membuat pendengar menjadi bosan dan tidak menangkap informasi yang ingin kamu sampaikan. Namanya saja 'powerpoint', jadi sebaiknya kamu hanya menampilkan poin-poin singkat saja, ya!

2. Terlalu banyak menyertakan animasi dan suara

6 Kesalahan Fatal yang Sering Dilakukan dalam Membuat Slide Powerpointunsplash/Teemu Paananen

Menyertakan animasi dan suara memang bisa menjadi salah satu cara untuk menarik perhatian audience untuk melirik presentasi yang kamu buat. Akan tetapi, jika kamu menaruhnya terlalu berlebihan, mereka justru akan lebih terfokus dengan animasi ataupun gambar yang ada. Jadi, kurangi penggunaan animasi, suara, bahkan gambar di slide presentasi kamu.

3. Menggunakan jenis font yang berlebihan

6 Kesalahan Fatal yang Sering Dilakukan dalam Membuat Slide Powerpointunsplash/Charles Deluvio

Penggunaan font juga kerap menjadi masalah dalam membuat slide powerpoint. Sebab, biasanya untuk menarik perhatian orang-orang menggunakan font bersifat fancy dan dekoratif. Jika hanya satu jenis itu sih tidak masalah. Akan tetapi, jika terdapat beragam jenis font dalam satu slide justru bisa tulisan yang kamu presentasikan sulit terbaca.

Baca Juga: 10 Aplikasi Presentasi Selain PowerPoint, Fiturnya Banyak!

4. Ukuran font terlalu kecil

6 Kesalahan Fatal yang Sering Dilakukan dalam Membuat Slide Powerpointpexels/@zhuhehuai

Selain penggunaan jenis font, ukuran font juga bisa menjadi masalah yang fatal dalam sebuah presentasi. Sebab, semakin banyak informasi yang kamu ingin sajikan dalam satu slide, maka akan semakin kecil pula font yang kamu gunakan. Akibatnya, informasi tersebut justru tidak terlihat dan sulit dibaca.

5. Memasukkan gambar yang tidak sesuai dengan pembahasan

6 Kesalahan Fatal yang Sering Dilakukan dalam Membuat Slide Powerpointpexels/Burst

Terkadang untuk menarik perhatian audience mungkin kamu berpikiran untuk memasukkan gambar-gambar lucu ke dalam slide presentasimu, kan? Hal ini memang tidak salah. Akan tetapi, kalau gambar yang disajikan tidak sesuai dengan tema yang ingin kamu sampaikan, slide presentasi justru akan terlihat aneh dan norak.

6. Tidak memberikan visual yang cukup

6 Kesalahan Fatal yang Sering Dilakukan dalam Membuat Slide Powerpointpixabay/StartupStockPhotos

Selain merangkum tema yang ingin kamu sampaikan kepada audience, kamu juga perlu memberikan visual dari hal yang ingin kamu sampaikan. Bentuknya pun bisa beragam. Mulai dari gambar, tabel, diagram, grafik, dan visual lainnya yang bisa mendukung presentasi kamu.

Nah, siapa nih yang suka melakukan beberapa kesalahan di atas dalam membuat slide presentasi di powerpoint? Karena sekarang sudah tahu, jangan diulangi lagi, ya!

Baca Juga: 10 Situs PowerPoint yang Bikin Presentasimu Makin Kece dan Unik

Topic:

  • Muhammad Tarmizi Murdianto
  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya