Comscore Tracker

Ingat! 5 Kesalahan Grammar Paling Umum saat Berbicara Bahasa Inggris 

Kamu pernah mengalami kesalahan yang mana, nih?

Tak hanya penulisan, ketika berbicara menggunakan Bahasa Inggris, kita pun sering kali melakukan kesalahan. Misalnya, salah menggunakan grammar sehingga membuat kalimat yang diucapkan menjadi tidak efektif dan memiliki makna yang kurang sesuai.

Agar tidak melakukan hal serupa, coba perhatikan beberapa kesalahan penggunaan grammar paling umum ketika berbicara menggunakan Bahasa Inggris berikut ini. Yuk, simak!

1. I am not remember

Ingat! 5 Kesalahan Grammar Paling Umum saat Berbicara Bahasa Inggris unsplash.com/Mimi Thian

Kalimat di atas memiliki kesalahan dalam susunan grammar. Kata remember merupakan kata kerja dalam Bahasa Inggris, sehingga untuk membuat kalimat negatif yang benar, kita harus menggunakan "don't" bukan "am not".

Jadi, kalimat yang seharusnya kamu ucapkan adalah "I don't remember". Ingat-ingat, ya!

2. First-come, first-serving

Ingat! 5 Kesalahan Grammar Paling Umum saat Berbicara Bahasa Inggris pexels.com/mentatdgt

Pernah dengar ungkapan ini? Kalau iya, perlu diketahui bahwa susunan grammar pada kalimat di atas salah. Sebab, kalau kamu menggunakan kata 'serving', makna yang ditunjukkan pada kalimat di atas akan berarti "yang datang duluan, yang melayani".

Salah banget, bukan? Masa, orang yang datang terlebih dahulu harus melayani, seolah jadi petugas atau pekerjanya? Maka dari itu, penggunaan grammar yang benar adalah 'served', sehingga menjadi "first-come, first-served".

3. She is good in math

Ingat! 5 Kesalahan Grammar Paling Umum saat Berbicara Bahasa Inggris pexels.com/fauxels

Walaupun penggunaan kata 'in' pada kalimat di atas lebih enak pengucapannya, akan tetapi itu salah. Ini karena good pada kalimat di atas, digunakan untuk menyatakan keahlian atau kemahiran seseorang dalam melakukan sesuatu.

Sehingga, kata hubung yang seharusnya digunakan adalah 'at' bukan 'in'. Dengan begitu, kalimat yang benar adalah "she is good at math".

Baca Juga: [QUIZ] Kami Tahu Seberapa Hebat Penguasaan Grammar Bahasa Inggris Kamu

4. My office open till 8.00 pm

Ingat! 5 Kesalahan Grammar Paling Umum saat Berbicara Bahasa Inggris pexels.com/jopwell

Coba tebak apa kesalahan pada susunan kalimat di atas? Yap, kurang 'to be'. Kata open pada kalimat di atas, pada dasarnya digunakan sebagai kata sifat, sehingga kamu perlu menambahkan to be sebelumnya.

Ingat! Kata sifat tidak bisa digunakan langsung sebagai predikat tanpa bantuan to be atau be. Jadi, kalimat yang seharusnya kamu ucapkan adalah "my office is open till 8.00 pm", bukan "my office open till 8.00 pm".

5. Me and Kiki meet at GBK Stadium

Ingat! 5 Kesalahan Grammar Paling Umum saat Berbicara Bahasa Inggris pexels.com/August de Richelieu

Susunan kalimat di atas salah, ya! Sebab, kata me secara umum, tidak boleh digunakan sebagai subjek dalam sebuah kalimat. Jadi, untuk menerangkan subjek, kamu harus tetap memakai "I". Kalimat yang benar seharusnya adalah "Kiki and I meet at GBK Stadium".

Nah, karena sekarang kamu sudah tahu bahwa kalimat di atas merupakan susunan kalimat yang salah, jangan lagi digunakan ketika berbicara dalam Bahasa Inggris, ya! Semangat!

Baca Juga: 5 Tips Efektif Mengerjakan Grammar TOEFL dengan Mudah

Topic:

  • Muhammad Tarmizi Murdianto
  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya