Comscore Tracker

5 Kesalahan yang Paling Sering Orang Lakukan Saat Belajar Bahasa Asing

Jangan sampai kamu melakukannya!

Mempelajari bahasa asing bukanlah hal yang mudah. Sebab, bahasa merupakan sesuatu yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari sehingga untuk dapat menggunakannya secara baik butuh waktu dan usaha yang tidak sebentar.

Sayangnya, beberapa orang kerap melakukan kesalahan saat mempelajari bahasa asing. Apa saja kesalahan itu? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

1. Hanya menggunakan satu metode pembelajaran

5 Kesalahan yang Paling Sering Orang Lakukan Saat Belajar Bahasa AsingPexels/Cottonbro

Ketika mempelajari bahasa asing, pasti kamu akan menemukan kata-kata dan frasa baru setiap harinya. Oleh karena itu, elemen dalam menguasai sebuah bahasa pun tidak dapat diukur hanya dari satu dimensi saja. Sehingga, untuk mempelajarinya gak akan cukup dengan satu metode pembelajaran.

2. Terpaku dengan terjemahan kata per kata

5 Kesalahan yang Paling Sering Orang Lakukan Saat Belajar Bahasa AsingPexels/rahulshah

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, terdapat berbagai elemen dalam penguasaan bahasa asing yang perlu kamu pelajari. Salah satunya adalah kosakata atau idiom yang tidak bisa diterjemahkan dengan mengartikannya kata per kata. Oleh karena itu, kamu wajib mempelajari suatu bahasa dengan cara mengenal bahasa tersebut dengan baik.

3. Tidak aktif melatih penggunaan bahasa asing tersebut

5 Kesalahan yang Paling Sering Orang Lakukan Saat Belajar Bahasa Asingpexels/Rica Naypa

Bisa memahami dan menggunakan suatu bahasa asing tidaklah cukup untuk benar-benar menguasainya. Kamu perlu melatihnya secara intensif agar bisa lebih aktif dalam menggunakan bahasa tersebut secara verbal maupun non verbal. Ingatlah pepatah "practice makes perfect"!

Baca Juga: Ups, 5 Kata Bahasa Indonesia Ini Bermakna 'Vulgar' di Bahasa Malaysia!

4. Menjadikan proses belajar sebagai beban

5 Kesalahan yang Paling Sering Orang Lakukan Saat Belajar Bahasa Asingunsplash/siavashghanbari

Hal yang satu ini merupakan kesalahan paling umum sekaligus paling fatal. Sebab, dengan mindset seperti ini, kamu akan menjadi benar-benar merasa bahwa apa yang kamu pelajari adalah sebuah beban. Sehingga, akan sangat sulit untuk bisa memahaminya dan menguasainya. 

5. Tidak menetapkan tujuan belajar yang spesifik

5 Kesalahan yang Paling Sering Orang Lakukan Saat Belajar Bahasa Asingunsplash/Priscilla Du Preez

Ketika belajar bahasa asing, beberapa orang hanya akan menetapkan tujuannya sampai bisa menguasai bahasa asing yang dipelajarinya saja. Namun, tidak ada tujuan spesifik yang dapat mengarahkan mereka untuk semangat mempelajari bahasa asing tersebut. Misalnya, harus bisa menguasai Bahasa Inggris di tahun ini, atau di bulan depan, dan seterusnya. 

Nah, itu dia beberapa kesalahan umum yang sering dilakukan oleh orang-orang ketika berusaha untuk belajar bahasa asing. Karena kamu sudah mengetahuinya, jangan sampai melakukannya, ya!

Baca Juga: Ini 5 Cara Agar Sahabat Gak Jadi Orang Asing Meski Terpisah Jarak

Topic:

  • Muhammad Tarmizi Murdianto
  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya