Comscore Tracker

5 Keuntungan Kuliah Berbeda dengan Profesi Impian, Kariermu Kompetitif

Jangan langsung merasa salah jurusan!

Beberapa orang kerap merasa salah jurusan dan berakhir tak berusaha secara maksimal untuk mempelajari bidang studi yang dipilih. Padahal, menurut readunwritten.com, terdapat keuntungan yang bisa didapat jika menempuh jurusan kuliah yang berbeda dengan pekerjaan impian.

Lantas, apa saja keuntungan tersebut? Nah, berikut beberapa di antaranya yang perlu kamu ketahui!

1. Kamu akan mendapatkan keterampilan yang beragam

5 Keuntungan Kuliah Berbeda dengan Profesi Impian, Kariermu Kompetitifunsplash.com/Headaway

Memiliki pekerjaan yang sesuai jurusan kuliah, memang penting. Namun, ada kalanya kita harus keluar zona nyaman dengan mencoba pekerjaan yang impian yang tak sesuai dengan jurusan kuliah terdahulu.

Selain sebagai bentuk tantangan, memiliki pekerjaan yang sangat berbeda dengan jurusan kuliah, ternyata dapat memberikan pengalaman baru serta keterampilan yang beragam. Misalnya, lulusan Ekonomi yang bekerja di media sosial, nantinya dapat memperoleh keterampilan analitis dan pembuatan konten.

Ini tentu sangat berguna dalam pengembangan jenjang karier. Sebab, analisis numerik dan penalaran mereka akan dipupuk bersama dengan teori ilmu ekonomi yang dipelajari. Hal ini juga akan mengasah pengetahuan pemasaran dan pembuatan konten dari posisi media sosial yang mereka emban.

2. Tidak hanya keterampilan, kamu juga bisa dapat lebih banyak pengetahuan mengenai berbagai bidang

5 Keuntungan Kuliah Berbeda dengan Profesi Impian, Kariermu Kompetitifpexels.com/RF Studios

Menerima pendidikan di satu bidang dan bekerja di bidang lain, bukan berarti kamu gagal melangkah ke arah yang seharusnya. Sebab, hal ini bisa sangat berguna bagi kamu dalam memperoleh pengetahuan dari dua industri yang berbeda.

Keragaman lingkungan kerja, ilmu, pengetahuan, dan tugas pun akan semakin memperkuat profesionalitas kamu dalam bekerja. Terlepas dari pekerjaanmu kini, ke depannya justru bisa jadi langkah baru untuk mencapai kesuksesan di bidang pekerjaan yang kamu inginkan, lho!

3. Kamu bisa melihat sebuah masalah dari sudut pandang yang berbeda

5 Keuntungan Kuliah Berbeda dengan Profesi Impian, Kariermu Kompetitifpixabay.com/pexels

Hal yang satu ini mungkin terdengar sedikit klise. Namun, percayalah bahwa dalam memecahkan sebuah masalah, akan lebih mudah dilakukan jika kamu melihatnya dari berbagai sudut pandang.

Dengan begitu, kamu bisa menentukan solusi terbaik dalam menyelesaikan masalah tanpa kerugian. Contohnya, kamu mengambil Jurusan Statistik dan kerja di dunia kesehatan. Ilmu Statistik yang kamu pelajari dapat meningkatkan analisismu terhadap situasi dari perspektif yang obyektif. 

Pengalaman ketika kamu bekerja di dunia kesehatan, dapat membantumu melihat solusi yang tepat dari perspektif holistik. Hasilnya, kamu dapat melihat masalah dari dua sudut pandang yang berbeda dan menggunakan keduanya untuk solusi yang lebih baik, bukan?

Baca Juga: Kami Tahu Jurusan Kuliah yang Cocok untukmu dari Buah Favoritmu

4. Kamu bisa melamar di beberapa posisi tertentu

5 Keuntungan Kuliah Berbeda dengan Profesi Impian, Kariermu Kompetitiffreepik.com/ijeab

Memiliki ilmu yang beragam, tentunya dapat meningkatkan peluang untuk melamar pekerjaan di beberapa posisi. Hal ini karena jelas kamu memiliki kemampuan yang dibutuhkan serta pengalaman kerja lain yang dapat mendukung pekerjaan kamu nantinya.

Selain itu, tentunya kamu juga lebih siap untuk menghadapi perubahan dalam karier yang sedang digeluti sehingga mampu bekerja di berbagai industri yang diinginkan. Menarik, bukan?

5. Dengan keuntungan tersebut, kamu akan lebih kompetitif di dunia kerja

5 Keuntungan Kuliah Berbeda dengan Profesi Impian, Kariermu Kompetitifunsplash.com/Sebastian Herrmann

Memiliki pengalaman dan ilmu di dua bidang berbeda, ternyata juga menjadi aspek yang cukup menguntungkan ketika masuk ke dunia kerja. Hal ini karena perekrut dapat mempertimbangkan kedua hal tersebut sebagai sebuah kelebihan yang kamu miliki.

Dengan demikian, tidak sedikit orang yang memiliki beragam ilmu dan keterampilan di berbagai bidang, menjadi kandidat yang dipilih oleh pihak perekrut. 

Itulah beberapa keuntungan yang bisa kamu dapatkan ketika mengambil jurusan kuliah yang berbeda dengan pekerjaan impian. Alih-alih memandang jurusanmu sebagai kegagalan, ada baiknya kamu melihatnya sebagai kesempatan untuk belajar dan mendapatkan ilmu serta pengalaman yang bisa kamu unggulkan nantinya.

Baca Juga: 5 Hal yang Perlu Kamu Hindari Supaya Gak Salah Pilih Jurusan Kuliah

Topic:

  • Muhammad Tarmizi Murdianto
  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya