Comscore Tracker

Mengenal DAKAURI, Langkah Kecil UPJ dalam Upaya Membangun Negeri

#IDNTimesLife Bersama DAKAURI pasti akan datang perubahan

Sebagai salah satu Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang masih berumur sangat muda, Universitas Pembangunan Jaya (UPJ) terus berupaya untuk membangun negeri tidak hanya dari ranah pendidikan saja. Kali ini, UPJ hadir dengan sebuah program peningkatan kesejahteraan masyarakat bernama DAKAURI.

Program ini sendiri dianggap sebagai "Langkah Kecil untuk Membangun Negeri" yang diusung oleh UPJ untuk membawa perubahan di dalam kehidupan. Yuk, simak langsung ulasan lengkap mengenai apa itu DAKAURI di bawah ini.

1. Apa itu DAKAURI?

Mengenal DAKAURI, Langkah Kecil UPJ dalam Upaya Membangun Negeriinstagram.com/upj_bintaro

Dari Kami Untuk Negeri (DAKAURI) pada dasarnya adalah buah pemikiran dari kelompok mahasiswa di program studi Arsitektur, Universitas Pembangunan Jaya. Mereka memiliki sebutan "Manusia Jaya", dengan tekad untuk melaksanakan darma dengan mengabdi pada Nusa dan Bangsa. 

Setelah berhimpun dan bermufakat, mereka memutuskan untuk memberi makna bagi sesama yang tinggal di pelosok negeri yang terbatas dari segala hal, termasuk fasilitas.

2. DAKAURI hadir berkat hibah yang didapatkan setelah berkompetisi dengan banyak perguruan tinggi lain

Mengenal DAKAURI, Langkah Kecil UPJ dalam Upaya Membangun Negeriinstagram.com/upj_bintaro

Tahun ini menjadi tahun yang cukup berarti bagi DAKAURI. Setelah memenangkan kompetisi dari banyak sekali perguruan tinggi, DAKAURI berhasil mendapatkan dana hibah PH2D (Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa) tahun 2020 yang dianugerahi langsung oleh Kemdikbud.

Sebagai informasi, PH2D sendiri adalah program Kemdikbud Indonesia yang memberi ruang serta peluang bagi para agen perubahan melalui unit-unit kegiatan mahasiswa di kampus tempat mereka menimba ilmu. Ruang serta peluang untuk memberdayakan masyarakat desa menjadi masyarakat yang aktif, mandiri, berwirausaha dan sejahtera.

3. Berniat mengabdi pada negeri, DAKAURI hadir di kampung Surupan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa Sukaresmi

Mengenal DAKAURI, Langkah Kecil UPJ dalam Upaya Membangun NegeriDoc. Universitas Pembangunan Jaya

Meski berada di tengah pandemik COVID-19, tugas untuk mengabdi pada negeri ini harus tetap dilaksanakan. Oleh karena itu, setelah Kemdikbud menganugerahi dana hibah PH2D (Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa) tahun 2020, September 2020 lalu DAKAURI UPJ dilepas secara langsung oleh ibu Leenawaty Limantara Ph.D, Rektor UPJ menuju kampung Surupan, desa Sukaresmi yang terletak di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Di sana mereka berusaha untuk mewujudkan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa Sukaresmi melalui berbagai upaya. Misalnya, peningkatan aksesibilitas, sanitasi lingkungan, dan penyelesaian krisis air bersih demi memenuhi kebutuhan dasar yang sering kali justru sulit untuk dipenuhi di tempat tersebut.

Baca Juga: 8 Universitas dengan Nama Pahlawan di Indonesia, Mau Daftar?

4. Dalam setiap langkahnya, DAKAURI meninggalkan jejak kebaikan dan mendatangkan perubahan

Mengenal DAKAURI, Langkah Kecil UPJ dalam Upaya Membangun NegeriDoc. Universitas Pembangunan Jaya

Tidak hanya berupaya dalam meningkatkan kesejahteraan dan meningkatkan pemenuhan kebutuhan, DAKAURI juga turut menebar jejak kebaikan dalam setiap langkahnya. Sehingga, meski terbilang masih baru dan kecil, DAKAURI memegang teguh prinsip untuk mendatangkan perubahan dalam setiap langkah mereka.

5. Diharapkan DAKAURI akan terus membawa perubahan dalam hidup

Mengenal DAKAURI, Langkah Kecil UPJ dalam Upaya Membangun NegeriDoc. Universitas Pembangunan Jaya

Tidak ada perubahan yang dapat tercipta secara langsung dalam sekali waktu. Hal ini pun yang dirasakan oleh DAKAURI dalam upaya membangun negeri menjadi lebih sejahtera dan positif.

Maka dari itu, dengan gerakan ‘Langkah Kecil untuk Membangun Negeri’ diharapkan pada tahun-tahun selanjutnya DAKAURI dapat terus membawa perubahan pada kehidupan masyarakat di negeri ini.

Selain DAKAURI, pencapaian lain pun juga berhasil diraih oleh Universitas Pembangunan Jaya. Salah satunya, UPJ berhasil menduduki peringkat ke-92 dan masuk ke dalam kategori Perguruan Tinggi 100 besar nasional. Pencapaian ini merupakan salah satu karya terbaik UPJ di tahun ini atas apa yang telah dikerjakan selama sembilan tahun berdiri dan berkontribusi bagi negeri.

Baca Juga: 9 Universitas Terbaik di Indonesia Tahun 2020 Versi QS World Rankings

Topic:

  • Muhammad Tarmizi Murdianto
  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya