Comscore Tracker

5 Tahapan Persiapan untuk Mendapatkan Beasiswa, Lakukan dengan Matang!

#IDNTimesLife Kamu sudah melakukan sampai tahap yang mana?

Mendapatkan beasiswa memang gak mudah. Ada banyak hal yang harus dipersiapkan, mulai dari mengetahui informasi mengenai beasiswa yang ingin dilamar hingga menyiapkan dokumen yang dibutuhkan.

Selain itu, masih ada lho beberapa tahapan penting yang harus kamu lakukan guna meningkatkan peluang mendapatkan beasiswa. Apa saja itu? Simak ulasan persiapan untuk mendapatkan beasiswa di bawah ini.

1. Rajin mencari informasi tentang beasiswa sebanyak-banyaknya

5 Tahapan Persiapan untuk Mendapatkan Beasiswa, Lakukan dengan Matang!pexels.com/Artem Podrez

Hal pertama yang perlu kamu lakukan tentu mencari informasi beasiswa sebanyak-banyaknya dan selengkap-lengkapnya. Pelajari semua persyaratan, prosedur, dan seluk-beluk lain dari beasiswa tersebut.

Lakukan itu semua agar lebih siap ketika mendaftar. Jangan hanya menunggu informasi beasiswa datang ke kamu saja, ya!

2. Lakukan konsultasi dengan orang yang sudah berpengalaman

5 Tahapan Persiapan untuk Mendapatkan Beasiswa, Lakukan dengan Matang!edutopia.org

Setelah melakukan riset beragam beasiswa, lakukan konsultasi dan diskusi bersama orang yang berpengalaman mendapatkan beasiswa. Jika saat ini kamu masih duduk di bangku sekolah, coba ajak guru atau staf TU untuk berdiskusi denganmu perihal ini.

Ingat! Banyak sekali informasi penerimaan beasiswa di luar sana sehingga kita harus berhati-hati dalam memilihnya. Jadi, alangkah lebih baik jika kamu berkonsultasi terlebih dahulu.

3. Identifikasi beasiswa yang kamu inginkan

5 Tahapan Persiapan untuk Mendapatkan Beasiswa, Lakukan dengan Matang!pexels.com/bruce mars

Jika kamu sudah tahu beasiswa yang kamu inginkan, cobalah untuk lebih memahami beasiswa tersebut! Sebab, program beasiswa sendiri biasanya terbagi menjadi macam-macam kategori, seperti beasiswa pemerintah, beasiswa prestasi, dan sebagainya.

Selain itu, cara mendapatkan tiap beasiswa pun berbeda. Contohnya, pada beasiswa akademik, kamu dituntut untuk mempertahankan IPK di atas persyaratan minimal yang diberikan.

Baca Juga: 5 Kesalahan dalam Menulis Motivation Letter Beasiswa, Awas Bikin Gagal

4. Persiapkan seluruh dokumen yang diperlukan

5 Tahapan Persiapan untuk Mendapatkan Beasiswa, Lakukan dengan Matang!pexels.com/Gustavo Fring

Tahap selanjutnya adalah menyiapkan seluruh dokumen yang dibutuhkan untuk mendaftar beasiswa. Mulai dari CV, portofolio, paspor, motivation letter, study plan, dan dokumen lainnya.

Terkait dengan hal ini, usahakan persiapkan semua dokumen tersebut dari jauh-jauh hari agar persiapan kamu bisa lebih matang.

5. Kembangkan keterampilan menulis dan berbicara yang kamu miliki

5 Tahapan Persiapan untuk Mendapatkan Beasiswa, Lakukan dengan Matang!pexels.com/AndreaPiacquadio

Tahap terakhir ini diperuntukkan bagimu yang ingin mendaftar scholarship ke luar negeri. Sebab, biasanya kamu akan diminta untuk membuat sebuah essay atau motivation letter dengan Bahasa Inggris. 

Selain itu, beberapa perguruan tinggi juga meminta pendaftar untuk mengirimkan hasil tes TOEFL atau IELTS agar mereka bisa menilai kemampuan Bahasa Inggris kamu. Karenanya, tingkatkan skill Bahasa Inggrismu sejak dini dengan terus berlatih menulis dan berbicara. 

Itu dia beberapa tahapan yang harus dipersiapkan agar kamu bisa mendapatkan beasiswa dengan lancar. Jangan lupa dicoba, ya!

Baca Juga: 6 Hal yang Harus Dipersiapkan Agar Berpeluang Besar Lolos Beasiswa!

Topic:

  • Muhammad Tarmizi Murdianto
  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya