Comscore Tracker

5 Cara Berhenti Menerjemahkan Saat Menggunakan Bahasa Asing 

Ada banyak cara untuk fasih berbahasa asing

Salah satu trik agar cepat menguasai bahasa asing dengan berpikir langsung dalam bahasa asing tersebut, daripada menerjemahkan. Cobalah kelima cara di bawah ini dengan konsisten jika ingin terbiasa mengenal bahasa asing tanpa menerjemahkannya.

1. Jangan mulai menerjemahkan dari awal

5 Cara Berhenti Menerjemahkan Saat Menggunakan Bahasa Asing Pixabay.com/sathyatripodi

Maksud dari cara ini ialah mengetahui makna kosakata atau kalimat dalam bahasa asing yang sedang kamu pelajari dengan cara berpikir. Cara berpikir begini merupakan cara belajar layaknya seorang bayi yang tidak tahu apa-apa, namun berusaha mengetahui sendiri apa yang dia ingin ketahui.

2. Berbicara hanya dalam bahasa asing yang diinginkan

5 Cara Berhenti Menerjemahkan Saat Menggunakan Bahasa Asing Pixabay.com/jamesladujoye

Berbicara dengan bahasa asing yang ingin kamu kuasai harus dibiasakan, seperti ketika sedang bersama guru atau tutor yang membimbingmu. Usahakan kamu dan gurumu selalu berbicara menggunakan bahasa asing, daripada menggunakan bahasa aslimu sendiri, ya.

Baca Juga: Suka Belajar Bahasa Asing? Ini 5 Manfaat yang Akan Kamu Dapatkan

3. Menggunakan satu kamus bahasa

5 Cara Berhenti Menerjemahkan Saat Menggunakan Bahasa Asing Pixabay.com

Kalau memang menerjemahkan sangat diperlukan, cobalah untuk menggunakan kamus satu bahasa. Salah satu contohnya, kamu ingin mempelajari bahasa Inggris. Jadi, gunakan kamus yang menjabarkan pengertian menggunakan bahasa Inggris. Jangan menggunakan kamus bahasa Inggris-Indonesia ataupun kamus dua bahasa lainnya.

4. Pembenaman

5 Cara Berhenti Menerjemahkan Saat Menggunakan Bahasa Asing Pixabay.com/theglassdesk

Jika benar-benar ingin menguasai bahasa asing tanpa menerjemahkannya, kamu bisa lakukan dengan pembenaman diri ke dalam bahasa tersebut. Caranya dengan mengubah semua yang berada di sekitarmu menjadi hal yang berbau bahasa asing tersebut.

Kamu bisa lakukan, mulai dari musik, radio, film, atau bahkan peralatan di rumah. Kamu dapat ganti dengan bahasa asing itu agar terbiasa dan cepat menguasainya.

5. Jadikan rutinitas

5 Cara Berhenti Menerjemahkan Saat Menggunakan Bahasa Asing Pixabay.com/free-photos

Biasakan berpikir secara langsung dan berhenti menerjemahkan di kepala. Dalam hal ini, kamu bisa menulis diari menggunakan bahasa yang kamu targetkan sebagai rutinitas, meskipun yang kamu tulis hanya beberapa kalimat.

Berbicara pada diri sendiri menggunakan bahasa asing yang diinginkan juga perlu dijadikan rutinitas dalam poin yang satu ini.

Itulah lima cara yang dapat dicoba untuk membiasakan berhenti menerjemahkan kata di dalam kepala agar terbiasa. Cara autodidak ini sangat ampuh untuk menguasai bahasa asing. Semoga bermanfaat!

Baca Juga: 7 Rutinitas Ini Buat Kamu Pintar Berbahasa Asing! Yuk, Lakukan!

Muna Waroh Photo Verified Writer Muna Waroh

Just a fangirl

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Just For You