Comscore Tracker

Tak Harus Kursus, Ini 9 Cara Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggrismu 

Belajar bisa dilakukan di rumah 

Di era globalisasi seperti saat ini, bahasa Inggris bukanlah bahasa yang asing lagi, tetapi sudah menjadi bahasa kedua di berbagai dunia. Hal ini tentu sangat wajar karena bahasa Inggris sudah ditetapkan sebagai bahasa internasional.

Masih bingung dengan kefasihanmu terhadap bahasa yang satu ini? Yuk simak tips untuk melancarkannya!

1. Belajar langsung dengan native-nya

Tak Harus Kursus, Ini 9 Cara Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggrismu Unsplash.com/Brooke Clage

Saat ini banyak sekali situs-situs pembelajaran online yang membuka kelas untuk mempelajari berbagai bahasa seperti italki, lingoda dan skillshare.

Situs-situs tersebut menyediakan jasa mengajar dari guru-guru profesional baik native maupun non-native yang bisa kamu pilih kapan pun dan di mana pun selama kamu masih memiliki koneksi internet. Jadi, kamu tidak perlu repot-repot bimbel atau melakukan les privat secara offline.

2. Mendengarkan siaran radio bahasa Inggris

Tak Harus Kursus, Ini 9 Cara Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggrismu Unsplash.com/Naadir Shahul

Mungkin cara yang satu ini kurang dikenal mengingat generasi saat ini sudah jarang mendengarkan siaran radio. Namun, cara ini patut dicoba karena akan membantumu untuk meningkatkan kemampuan listening dan pronounciation.

Baca Juga: 8 Idiom Bahasa Inggris untuk Ekspresikan Rutinitas Sehari-hari, Unik!

3. Menonton channel YouTube

Tak Harus Kursus, Ini 9 Cara Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggrismu Unsplash.com/Kon Karampelas

Sebut saja English with Lucy, mmmEnglish,   BBC English Learning, semua channel ini selalu menyediakan topik pelajaran yang berbeda di setiap videonya. Mereka akan menjelaskan materi yang mudah dipahami karena durasi yang mereka gunakan hanya sekitar 8-30 menit.

Kamu juga bisa mensubscribe channel-channel YouTuber atau acara-acara talkshow asal Inggris dan Amerika karena mereka menyajikan konten yang menarik sehingga kamu akan mengenal sedikit lebih dalam tentang bagaimana percakapan mereka sehari-hari beserta budaya selalu mereka jaga.

4. Membaca audibook

Tak Harus Kursus, Ini 9 Cara Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggrismu Unsplash.com/NeONBRAND

Membaca sendiri tidak akan meningkatkan kemampuanmu menguasai bahasa Inggris. Oleh karena itu, jika membaca buku, kamu sebaiknya memilih buku berjenis audiobook.

Selain meningkatkan vocabulary, kemampuan reading, dan writing, audiobook juga akan meningkatkan kemampuan listening dan pronounciation-mu karena yang kamu lakukan adalah membaca dan mendengar.

5. Menulis kosakata setiap hari

Tak Harus Kursus, Ini 9 Cara Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggrismu Pixabay.com/Engin_Akyurt

Tak hanya kamu, kosakata bahasa Inggris juga belum tentu diketahui oleh orang Inggris asli. Untuk itu, kamu wajib menulis minimal 5 kosakata setiap hari. Lebih baik lagi jika lebih dari 5 karena bayangkan saja jika sudah 5 kosakata per hari maka dalam sebulan kamu sudah mengenal lebih dari 100 kosakata.

Tak perlu di buku yang cantik untuk menulisnya, kamu bisa memanfaatkan buku kecil atau dari kumpulan kertas bekas. Selain lebih hemat, ini juga akan memudahkanmu untuk membawanya ke mana saja.

6. Menulis jurnal dengan bahasa Inggris

Tak Harus Kursus, Ini 9 Cara Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggrismu Pixabay.com

Jika kamu ingin mengingat kegiatan setiap hari, ada baiknya kamu membuat jurnal atau buku harian. Dan jika kamu ingin menguasai bahasa lain, kamu bisa menulis jurnal tersebut dalam bahasa yang kamu inginkan. Dengan cara ini, kamu akan terbiasa menulis rapi dan kemampuan writing serta vocabulary-mu pun akan bertambah.

7. Menonton film tanpa subtitle

Tak Harus Kursus, Ini 9 Cara Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggrismu Unsplash.com/Charles

Jika kamu ingin mencoba tingkat kefasihanmu berbahasa Inggris, kamu bisa mencoba untuk menonton film tanpa melihat subtitle. Pahami alur ceritanya dari sudut pandangmu, kemudian bandingkan dengan menonton lagi menggunakan subtitle. Refreshing sambil belajar tidak buruk bukan?

8. Melakukan presentasi di kehidupan nyata

Tak Harus Kursus, Ini 9 Cara Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggrismu Unsplash.com

Cara ini memerlukan keberanian dan juga rasa percaya diri. Kamu bisa memulainya dengan mengenalkan diri di depan cermin. Kamu bisa mendeskripsikan data dirimu, siapa idolamu hingga hal-hal yang gemar kamu lakukan.

Kamu juga bisa mengajak temanmu untuk bercakap dengan bahasa Inggris agar terbiasa melafalkan dan menambah kosakata setiap harinya.

9. Mengikuti akun selebriti

Tak Harus Kursus, Ini 9 Cara Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggrismu Unsplash.com/Jakob Owens

Khusus para pengguna media sosial, mengikuti selebriti yang diidolakan merupakan kebahagiaan tersendiri. Hal ini bisa kamu manfaatkan untuk meningkatkan kemampuanmu berbahasa Inggris jika yang kamu ikuti adalah selebriti luar negeri, terutama artis Hollywood.

Kamu akan terbiasa dengan bahasa yang mereka gunakan karena mereka selalu membagikan cerita melalui postingan yang disertai dengan caption.

Itulah tips untuk belajar bahasa Inggris, silakan dicoba!

Baca Juga: 5 Alasan Menguasai Kosa Kata adalah Hal Penting dalam Belajar Bahasa

Muna Waroh Photo Verified Writer Muna Waroh

Just a fangirl

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You