Comscore Tracker

5 Tantangan saat Belajar Bahasa Asing, Jangan Langsung Nyerah!

Dari rasa bosan sampai ingin berhenti di tengah jalan  

Seseorang yang memiliki kemampuan bahasa asing akan memiliki nilai yang lebih, terutama di dunia kerja. Begitu pula dengan persyaratan melanjutkan pendidikan. Kamu akan diminta untuk melampirkan sertifikat tes kemampuan berbahasa asing dengan capaian skor tertentu.

Di era sekarang ini, kemampuan berbahasa asing memang menjadi salah satu bentuk kualitas diri yang cukup dipertimbangkan. Menghadapi hal tersebut, banyak orang yang tertarik untuk mempelajarinya.

Walaupun begitu, belajar bahasa asing juga bukan hal yang mudah untuk dilakukan. Berikut ini lima tantangan yang pasti akan kamu hadapi.

1. Tidak percaya diri

5 Tantangan saat Belajar Bahasa Asing, Jangan Langsung Nyerah!ilustrasi perempuan berkacamata (pexels.com/Cottonbro)

Kepercayaan diri merupakan sifat yang harus ditanamkan dalam diri, termasuk ketika sedang menjalani proses belajar. Dengan sifat tersebut, kamu akan memiliki keyakinan pasti bisa melalui pembelajaran dengan baik sehingga hasilnya pun maksimal.

Akan tetapi, ketika sedang mempelajari bahasa asing, sering kali kamu mendapatkan komentar negatif dari sekitar. Bahkan bisa saja kamu dicap sebagai orang yang mulai melupakan Tanah Air. Berada dalam situasi tersebut, biasanya kamu akan merasa minder sehingga prosesmu dalam mempelajari bahasa asing terhambat.

2. Merasa bosan

5 Tantangan saat Belajar Bahasa Asing, Jangan Langsung Nyerah!ilustrasi berwajah masam (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Kebosanan merupakan hal yang pasti ada ketika kamu tengah menjalani suatu rutinitas. Meskipun begitu, rasa bosan ini tidak dapat dipelihara begitu saja, lho. Sesegera mungkin kamu harus berusaha menghilangkannya.

Rasa bosan memang menjadi salah satu tantangan yang mau tidak mau harus dihadapi ketika kamu tengah belajar bahasa asing. Setumpuk materi pembelajaran sering kali bikin kamu malas menengoknya. Akibatnya kemampuanmu pun tidak mengalami kemajuan.

Baca Juga: 5 Tips Mendidik Anak agar Piawai Berbicara Bahasa Asing, Mudah!

3. Ingin menyerah di tengah jalan

5 Tantangan saat Belajar Bahasa Asing, Jangan Langsung Nyerah!ilustrasi tertidur di meja (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Setiap orang tentu pernah memiliki keinginan untuk menyerah ketika sedang mengalami masa sulit. Rasanya mau melangkah lebih jauh sudah tidak sanggup lagi. Tantangan yang begitu berat seolah membujukmu untuk mengambil keputusan berhenti di tengah jalan.

Saat sedang mempelajari bahasa asing, jangan kaget jika perasaan ini akan datang dan menghampiri. Sebagaimana yang kita tahu, mempelajari bahasa asing sama saja dengan masuk ke dunia dan kehidupan baru. Kamu tidak akan pernah tahu ada hal apa saja di sana.

4. Banyak kosakata yang susah diingat

5 Tantangan saat Belajar Bahasa Asing, Jangan Langsung Nyerah!ilustrasi merasa pusing (pexels.com/Energepic.com)

Setiap bahasa memiliki keunikannya masing-masing. Ketika mempelajarinya, kamu harus siap menghadapi segala keunikan dan kerumitan yang mungkin terjadi.

Saat kamu bertemu dengan kosakata yang aneh dan susah diingat, ketahuilah itu adalah hal yang wajar. Setiap orang yang pernah belajar bahasa asing pasti pernah melalui tantangan tersebut. 

5. Bukan bahasa ibu

5 Tantangan saat Belajar Bahasa Asing, Jangan Langsung Nyerah!ilustrasi mengobrol (pexels.com/Tirachard Kumtanom)

Setiap negara tentu memiliki bahasa nasionalnya masing-masing yang menjadi sarana komunikasi bagi masyarakat setempat atau yang disebut sebagai bahasa ibu. Ketika mempelajari bahasa asing, salah satu tantangan yang sudah pasti dihadapi adalah kesulitan memahami maupun praktek berkomunikasi.

Sebenarnya ini adalah hal yang wajar, mengingat bahasa asing bukanlah bahasa utama yang kita gunakan dalam komunikasi sehari-hari. Namun demikian, hal tersebut tidak bisa menjadi alasan untuk kamu berhenti berproses. Meskipun bukan bahasa ibu, jika sungguh-sungguh mempelajarinya, kamu juga pasti bisa menguasainya dengan baik.

Kemampuan bahasa asing menjadi salah satu bentuk kualitas diri yang turut dipertimbangkan. Jika saat ini kamu sedang berproses mempelajari bahasa asing, jangan kaget ya jika menemui lima tantangan di atas. Tetap semangat dan yakin kelak kamu pasti bisa menguasainya.

Baca Juga: 5 Perasaan yang Harus Dihindari Saat Belajar Bahasa Asing, Lawan!

Mutia Zahra Photo Verified Writer Mutia Zahra

Let's share positive energy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya