Comscore Tracker

10 Idiom Bahasa Inggris Terkait Anggota Tubuh, Paling Sering Dipakai

Tingkatkan level berbahasa Inggris kamu, yuk!

Dalam pembelajaran Bahasa Inggris lebih lanjut, penguasaan idiom penting untuk diselami lebih dalam. Idiom sendiri merupakan ungkapan atau peribahasa yang ada di dalam Bahasa Inggris.

Nah, kali ini penulis bakal berbagi tentang idiom terkait anggota tubuh. Ampuh untuk tingkatkan kemampuan berbahasa asing kamu, simak pembahasannya di bawah ini, ya! 

1. Break a leg

10 Idiom Bahasa Inggris Terkait Anggota Tubuh, Paling Sering Dipakaiilustrasi wanita dan seorang pria bermain piano (pexels.com/cottonbro)

Kamu pasti termasuk cukup sering dengar idiom satu ini. Pasalnya, idiom ini sering dipakai serta merupakan kalimat yang umum digunakan dalam kehidupan sehari-hari. "

Break a leg" memiliki makna yang sama seperti "good luck". Biasanya, idiom satu ini biasa digunakan untuk menyemangati seseorang yang akan tampil di hadapan khalayak umum. Contohnya ketika kamu punya kenalan seorang musisi, kamu bisa katakan idiom ini padanya sebelum ia naik ke atas panggung. Contoh kalimatnya seperti:

"I forgot you were on stage tonight! Break a leg!"

2. By the skin of one's teeth

10 Idiom Bahasa Inggris Terkait Anggota Tubuh, Paling Sering Dipakaiilustrasi para karyawan kantor sedang mengobrol (pexels.com/August de Richelieu)

"By the skin of one's teeth" jika diartikan secara harfiah mungkin tidak dapat sepenuhnya dimengerti apa maksudnya. Karena, frasa tersebut sebenarnya adalah sebuah idiom.

Idiom ini memiliki makna ketika seseorang hampir saja tidak bisa, tidak  berhasil, tidak lolos, atau lainnya, namun, akhirnya menjadi bisa karena satu dan lain hal. Agak sulit dipahami, kamu harus langsung tahu melalui penerapan idiom ini di dalam kalimat. Contohnya:

"I passed my driving test by the skin of my teeth! One more mistake and I wouldn't  have passed"

3. Cold feet

10 Idiom Bahasa Inggris Terkait Anggota Tubuh, Paling Sering Dipakaiilustrasi pegawai kantoran sedang rapat (pexels.com/Darlene Aldersone)

Terkadang, kita merasa nervous atau berdebar secara tiba-tiba dan tidak terencana. Entah itu disebabkan karena tiba-tiba harus berbicara di depan bos mempresentasikan hasil pekerjaan, bertemu klien penting, atau mengetahui saudara kita akan segera melahirkan.

Situasi ketika kita merasa nervous tanpa terencana ini dalam idiom bahasa Inggris disebut dengan "Cold feet". Nah, kamu bisa gunakan idiom ini dalam contoh kalimat seperti:

"I hope he doesn't get cold feet before the wedding!"

4. Cost an arm in a leg

10 Idiom Bahasa Inggris Terkait Anggota Tubuh, Paling Sering Dipakaiilustrasi wanita sedang berbelanja (pexels.com/mentatdgt)

Saat sedang berbelanja, kamu mungkin akan memerlukan idiom ini. Jadi, daripada menggunakan kata "expensive" yang mungkin terdengar terlalu eksplisit, kamu bisa mengatakan "cost an arm in a leg" ketika melihat sebuah barang yang rasanya harganya sangat mahal.

Coba terapkan pada kalimat seperti berikut ini:

"I bet that coat cost her an arm and a leg"

5. Cry your eyes/heart out

10 Idiom Bahasa Inggris Terkait Anggota Tubuh, Paling Sering Dipakaiilustrasi wanita menangis (pexels.com/Polina Zimmerman)

Kamu bisa jadi sudah pernah merasakannya, bisa jadi belum pernah. Ya, idiom satu ini digunakan ketika menggambarkan kondisi seseorang yang sangat terpukul dan sedih akan sesuatu sehingga membuatnya menangis kencang.

Kalimat yang bisa kamu gunakan dengan idiom "cry your eyes out" atau "cry your heart out" ini contohnya:

"She cries her eyes out when she lost her cat"

Baca Juga: 10 Idiom Bahasa Inggris Berkaitan dengan Bunga, Tidak Selalu Romantis!

6. Get something of your chest

10 Idiom Bahasa Inggris Terkait Anggota Tubuh, Paling Sering Dipakaiilustrasi seseorang dihibur orang lain (pexels.com/SHVETS production)

Jika kamu butuh teman curhat untuk membicarakan masalah yang membebani pundakmu, kamu bisa mulai berbagi pada teman dengan mengatakan idiom "get something of your chest" ini.

Contoh kalimat yang bisa kamu ucapkan:

"I need to get it off my chest and tell my boss I'm unhappy."

7. Lend you a hand

10 Idiom Bahasa Inggris Terkait Anggota Tubuh, Paling Sering Dipakaiilustrasi dua orang wanita berbicara (pexels.com/Mental Health America (MHA))

Idiom ini juga termasuk tidak asing, nih. "I can lend you a hand" berarti menolong. Kamu bisa menggunakan idiom ini saat kamu ingin menawarkan bantuan kepada seseorang.

Contoh kalimatnya:

"If you need any help with moving, I can lend you a hand"

8. Have one's head in the cloud

10 Idiom Bahasa Inggris Terkait Anggota Tubuh, Paling Sering DipakaiIlustrasi pegawai berdiskusi (pexels.com/August de Richelieu)

Terdengar menarik untuk diucapkan, idiom "have one's head in the cloud" ini bisa digunakan untuk seseorang yang punya sifat naif. Orang ini seakan tidak peduli atau tidak ingin tahu atas isu yang terjadi di sekitarnya.

Idiom ini sangat cocok digunakan kepada seseorang yang terlalu polos ketika berpikir dan bertindak. Contoh kalimat yang bisa menggunakan idiom ini adalah:

"He has his head in the clouds if he thinks he is getting a pay rise in this economy"

9. Head over heels

10 Idiom Bahasa Inggris Terkait Anggota Tubuh, Paling Sering Dipakaiilustrasi pasangan menghabiskan waktu bersama (pexels.com/cottonbro)

Menggunakan idiom "love in the air" untuk dua sejoli yang sedang kasmaran juga mungkin sudah lebih biasa. Coba, deh, kamu ganti dengan idiom "head over heels" ini.

Ya, idiom ini digunakan untuk seseorang yang sedang merasakan jatuh cinta sangat dalam. Adapun penerapannya pada kalimat bisa seperti pada contoh di bawah ini:

"Laura fell head over heels in love with Chris."

10. In over one's head

10 Idiom Bahasa Inggris Terkait Anggota Tubuh, Paling Sering Dipakaiilustrasi diskusi para pekerja kantoran (pexels.com/Vlada Karpovich)

Ada kalanya pekerjaan atau tugas yang kamu lakukan menjadi sangat banyak atau terasa begitu sulit hingga kamu tidak bisa lagi menanganinya. Idiom bahasa Inggris yang tepat untuk menunjukkan situasi ini adalah "in over one's head". Contoh kalimatnya adalah:

"I completely in over my head in my new teaching position."

Idiom mungkin salah satu bagian tersulit dipahami saat belajar Bahasa Inggris. Di lain sisi, jika kamu ingin bisa mahir bahasa Inggris dan selalu nyambung setiap kali ngobrol dengan native speaker, mau tidak mau kamu harus mulai mempelajari berbagai jenis idiom inim ya! Jadi, jangan patah semangat untuk belajar, kawan!

Baca Juga: 10 Idiom Inggris yang Berkaitan dengan Kata 'Pakaian'

Nadhifa SK Photo Verified Writer Nadhifa SK

Pencinta literasi penyuka fiksi, menulis kapan dan dimana saja

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya