Comscore Tracker

Akankah Ujian Nasional Berbasis Komputer Menjadi Solusi?

Banyak aduan tentang UNBK

UN (ujian nasional) dulu dianggap momok terbesar bagi para siswa kelas 12. UN menjadi penentu kelulusan, dan menjadi ajang dimana siswa mempertaruhkan nama dan harga diri mereka. Ya, dikatakan seperti itu, karena jika nilai UN jelek tidak akan di luluskan. Untuk masuk PTN (perguruan tinggi negeri) harus juga menggunakan nilai UN. Itulah mengapa UN menjadi momok diantara siswa kelas akhir dulu.

Tapi, hari ini UN sudah di rekonstruksi ulang. Mulai dari sistem, hingga streotype tentang UN. UN kini tak lagi menjadi standar untuk lulus. PTN juga tak lagi mengambil nilai UN sebagai standarisasi masuk, karena PTN pada hari ini memiliki ujian masuk dengan standar tersendiri.

Sistem UN manual juga mulai ditinggalkan, apalagi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhajir Effendi sudah mengamini wacana UNBK (ujian nasional berbasis komputer) yang sudah terdengar kala Anies Baswedan masih menjadi menteri.

Tapi sayangnya, ada beberapa kekurangan yang harus di perhatikan oleh Pak Mendikbud. Diantaranya, masih banyak daerah Indonesia yang belum tersentuh listrik. Banyak pula daerah yang masih buta internet. Jadi, terkesan kurang matang dan terkesan dipaksakan.

Dikutip dari detik.com dari Humas Kemdikbud, Kamis (6/4/2017), aduan dari masyarakat masuk sejak tanggal 1 sampai 6 April 2017. Aduan terbanyak yang dilayangkan berasal dari surat elektronik (e-mail).

Kemdikbud juga membagi jenis pengaduan menjadi 8 kategori. Kategori pengaduan yang masuk di antaranya seperti naskah atau soal yang tidak terbaca, listrik padam, masukan dan kritik terkait pengawasan dan pelaksanaan UN. UNBK memang bagus, tapi rasanya kalau banyak laporan negatif jadi tidak enak dipandang saja.

Tapi, mau dikatakan apalagi. 10 April tinggal menghitung hari. Penulis hanya bisa berdoa, dan berharap UN tahun ini berjalan dengan baik. Tapi, tetap kritik utama yang menjadi inti dari tulisan ini. Teknologi boleh saja maju Pak Menteri. Tapi ingat, harus merata dan jangan sampai mentah!

Nasrullah Alif Photo Verified Writer Nasrullah Alif

Semoga tulisan saya bisa bermanfaat. Aamiin

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yogie Fadila

Berita Terkini Lainnya