Comscore Tracker

5 Cara Sederhana Menghilangkan Fobia Matematika

Jangan takut, matematika itu bisa menyenangkan, lho!

Rasa takut dan cemas pada Matematika sering kali terjadi pada siswa. Rasa ketakutan akan Matematika semakin memburuk selama jam pelajaran Matematika, terutama ketika ujian. Ketakukan ini muncul akibat siswa merasa kesulitan untuk memahami dan menghafal berbagai rumus dan teori Matematika.

Beberapa siswa bahkan mengalami masalah serius, seperti depresi, serangan panik, menggigil, sakit kepala, dan mual. Jadi, sangat penting untuk menghilangkan ketakutan dan kecemasan ini. Untuk menghentikannya berkembang menjadi masalah yang lebih serius, berikut beberapa tip yang dapat membantumu!

1. Cobalah latihan pernapasan

5 Cara Sederhana Menghilangkan Fobia Matematikamindful.org

Karena rasa takut pada Matematika dapat menyebabkan stres dan panik, latihan pernapasan berguna dan membantu menenangkan pikiran. Pikiran yang tenang sangat penting untuk menyelesaikan tugas-tugas yang membutuhkan pemikiran kritis dan pemecahan masalah.

2. Berlatih matematika setiap hari

5 Cara Sederhana Menghilangkan Fobia Matematikamathnasium.com

"Latihan berbuah kesempurnaan." Pepatah ini berlaku untuk Matematika. Ini adalah salah satu cara agar kamu bisa lebih memahami rumus-rumus dan cara kerja Matematika. Berlatihlah terus-menerus karena dapat membantu kamu menghilangkan ketakutan akan Matematika.

Baca Juga: 5 Game Matematika Seru yang Bikin Kamu Tambah Pintar

3. Terapkan Matematika dalam kehidupan nyata

5 Cara Sederhana Menghilangkan Fobia Matematikapexels.com/Artem Beliaikin

Memasukkan Matematika ke dalam kegiatan sehari-hari akan menjadikannya bagian dari hidupmu. Ketakutan akan Matematika akan hilang begitu kamu memahami bahwa Matematika ada di mana-mana dalam kehidupan sehari-harimu.

Keterampilan Matematika sangat penting dalam kehidupan sehari-hari dan juga dapat membantu dalam menangani tugas mulai, dari yang sederhana hingga yang paling rumit.

4. Ajukan pertanyaan

5 Cara Sederhana Menghilangkan Fobia Matematikamnn.com

Seorang siswa tidak boleh takut untuk bertanya di kelas ketika pelajaran Matematika berlangsung. Mengajukan pertanyaan akan membantu kamu untuk menghilangkan keraguan tentang Matematika. Menunda proses ini dapat memiliki efek buruk pada pemahaman Matematika itu sendiri.

5. Minta bantuan dari teman sekelas

5 Cara Sederhana Menghilangkan Fobia Matematikapolleverywhere.com

Belajar bersama teman dapat membantu kamu untuk memecahkan soal Matematika. Belajar di lingkungan yang kooperatif sangat membantu untuk mata pelajaran seperti Matematika. Ini juga bisa menambah kesenangan dalam mempelajari Matematika.

Ketika kamu mempraktikkan tip di atas, kamu akan lebih mudah untuk mengembangkan keterampilan dan kepercayaan dirimu. Jangan frustrasi dan tetap tenang. Konsentrasilah ketika dihadapkan dengan masalah Matematika yang menantang. Matematika bukanlah sesuatu yang harus ditakuti, kok!

Baca Juga: 24 Universitas Negeri dengan Prodi Matematika Murni Terbaik Tahun 2019

nathan adiel Photo Verified Writer nathan adiel

just an ordinary man full of passion

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya