Comscore Tracker

Unik dan Mudah Dilafalkan, 9 Nama-nama Hewan dalam Bahasa Ocu

Ada yang cuma diganti salah satu hurufnya lho! #LokalIDN

Bahasa Ocu adalah bahasa daerah yang digunakan oleh masyarakat Kabupaten Kampar, salah satu kabupaten yang ada di Provinsi Riau. Bahasa Ocu juga disebut dengan bahasa Kampar karena berasal dari Kabupaten Kampar. Akan tetapi bahasa Kampar lebih dikenal dengan nama bahasa Ocu.

Keunikan dari bahasa Ocu adalah bahasa ini mudah dilafalkan oleh siapa saja. Yuk, simak nama-nama hewan apa saja yang unik dan mudah dilafalkan dalam bahasa Ocu di bawah ini!

1. Lobah

Unik dan Mudah Dilafalkan, 9 Nama-nama Hewan dalam Bahasa Ocupixabay.com/PublicDomainPictures

Hewan ini dikenal dengan hewan penghasil madu. Yup, siapa sich yang enggak kenal dengan hewan ini. Selain penghasil madu, hewan ini juga dikenal dengan sengatannya yang menyakitkan. Dalam bahasa Indonesia, hewan ini dikenal dengan nama 'lebah'. Sementara dalam bahasa Ocu dikenal dengan nama 'lobah'. Jadi perbedaannya adalah mengganti huruf 'e' pada suku kata 'le' dengan huruf 'o'. Simpel banget 'kan?

2. Lipe

Unik dan Mudah Dilafalkan, 9 Nama-nama Hewan dalam Bahasa Ocupexels.com/Egor Kamelev

Siapa yang takut sama hewan ini ? Pasti ada di antara kita yang takut sama hewan yang satu ini. Dalam bahasa Indonesia hewan ini dikenal dengan nama 'kecoak'. Sementara dalam bahasa Ocu dikenal dengan nama 'lipe'. Unik banget!

Baca Juga: Ngoko hingga Krama, Inilah 4 Tingkatan Bahasa dalam Bahasa Jawa

3. Moncik

Unik dan Mudah Dilafalkan, 9 Nama-nama Hewan dalam Bahasa Ocupixabay.com/blende12

Hewan ini juga enggak kalah unik namanya dari hewan sebelumnya. Kalau dalam bahasa Indonesia disebut dengan nama 'tikus'. Sedangkan dalam bahasa Ocu disebut dengan nama 'moncik'. Unik juga nih!

4. Somuik

Unik dan Mudah Dilafalkan, 9 Nama-nama Hewan dalam Bahasa Ocupixabay.com/Mopsgesicht

Nah, kalo hewan yang satu ini dikenal dengan hewan pekerja keras dan menyukai gula. Seperti pribahasa yang menyatakan bahwa "ada gula ada semut". Gak jauh berbeda dari bahasa Indonesia, dalam bahasa Ocu 'semut' disebut dengan 'somuik'. Beda-beda tipis 'kan ?

5. Kuciong

Unik dan Mudah Dilafalkan, 9 Nama-nama Hewan dalam Bahasa Ocupexels.com/Anel Rossouw

Hayo, siapa yang memelihara kucing dirumah ? Pasti banyak, nih. Kucing sering menunjukkan tingkah lucu nya didepan kita dan membuat kita tertawa. Nah, masyarakat Kampar menyebut 'kucing' dengan 'kuciong' dalam bahasa Ocu. Mudah untuk dilafalkan?

6. Langau

Unik dan Mudah Dilafalkan, 9 Nama-nama Hewan dalam Bahasa Ocupixabay.com/Carola68

'Langau' adalah sebutan 'lalat' dalam bahasa Ocu. Dikenal dengan hewan yang membawa kuman penyakit. Oleh sebab itu, jangan biarkan 'langau' terbang masuk ke dalam rumahmu ya apalagi sampai hinggap di makanan.

7. Angso

Unik dan Mudah Dilafalkan, 9 Nama-nama Hewan dalam Bahasa Ocupixabay.com/PublicDomainPictures

Hewan ini termasuk hewan yang cantik dan dikenal dengan kesetiaannya. Yup, siapa lagi kalau bukan angsa. Dalam bahasa Ocu 'angsa' disebut dengan nama 'angso'. Sama hal nya dengan kata 'lebah', 'angsa' juga cukup mengganti huruf 'a ' pada suku kata 'sa' dengan huruf 'o'. Mudah diingat nih!

8. Saposan

Unik dan Mudah Dilafalkan, 9 Nama-nama Hewan dalam Bahasa Ocupixabay.com/Alexas_Fotos

Hewan ini dikenal dengan memiliki banyak kaki dan memiliki bisa yang cukup berbahaya. Yup, dalam bahasa Indonesia dikenal dengan nama 'lipan' atau 'kelabang'. Sementara dalam bahasa Ocu dikenal dengan nama 'saposan'. Beda banget 'kan?

9. Tobuan

Unik dan Mudah Dilafalkan, 9 Nama-nama Hewan dalam Bahasa Ocupixabay.com/Capri23auto

Tobuan adalah sebutan tawon dalam bahasa Ocu. Hewan ini termasuk berbahaya jika terkena sengatannya dan bisa menyebabkan bengkak. Oleh sebab itu, lebih baik jauhi dan tidak mengganggunya, ya!

Itulah tadi nama-nama hewan yang unik dan mudah dilafalkan dalam bahasa Ocu. Diantara nama-nama hewan yang disebutkan tadi, mana yang menurutmu paling unik dan mudah dilafalkan?

Baca Juga: Mirip Bahasa Indonesia, 6 Kata Ini Berbeda Arti dalam Bahasa Banjar

Nelda Ipkawati Photo Writer Nelda Ipkawati

Life must go on

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya