Comscore Tracker

5 Alasan Kamu Masih Sering ke Kampus Meski Sudah Wisuda

#Eduniverse Masih banyak yang diurusin lho...

Lulus dari perguruan tinggi tepat waktu dengan gelar di belakang nama menjadi impian bagi semua mahasiswa. Tentu saja, setelah berjuang sekian lamanya, wisuda adalah puncak dimana kamu bisa membawa orang yang mendukungmu selama ini untuk menyaksikan penobatan gelar di belakang namamu.

Namun ada kalanya segala urusan di kampus tidak selesai saat kamu dinyatakan lulus, wisuda dan menerima ijazah. Ada saja yang membuatmu masih kerap datang ke kampus. Meski kamu anak rantau, kamu memilih untuk diam sejenak agar lebih sering datang ke kampus.

Lalu apa saja sih yang biasanya mahasiswa lakukan di kampus meski sudah menjadi seorang alumni?

1. Administrasi masih belum tuntas, ada saja yang menghubungi untuk menanyakan perihal ini

5 Alasan Kamu Masih Sering ke Kampus Meski Sudah WisudaUnsplash.com/@flenjoore

Salah satu yang tidak mudah untuk diselesaikan tapi harus dengan sabar dilakukan adalah menyelesaikan urusan administrasi. Mulai dari urusan keuangan, sampai nilai dan legalisir ijazah.

Jika kamu masih mendapatkan telepon dari pihak yang bersangkutan untuk segera menyelesaikan urusan administrasi, maka segera selesaikan. Jangan hambat jalanmu untuk melakukan hal lainnya hanya karena administrasimu belum usai.

2. Mencari informasi tentang lowongan kerja di lembaga atau pusat karier kampus

5 Alasan Kamu Masih Sering ke Kampus Meski Sudah WisudaIncarabia.com

Setelah menjadi seorang alumni, tentu saja hal yang akan kamu lakukan pertama kali adalah mencari pekerjaan. Bukan hanya browsing di internet atau mencoba melamar sana-sini.

Kamu juga bisa datang dan menanyakan ke pusat karir di kampus. Beberapa sudah bekerjasama dengan instasi yang dengan rutin mengadakan perekrutan lulusan baru.

3. Mengamalkan ilmu yang dimiliki, mengajarkan teman atau adik tingkat mata kuliah yang belum tuntas

5 Alasan Kamu Masih Sering ke Kampus Meski Sudah WisudaFlickr.com

Bukan hanya mengurus urusanmu sendiri, ada kalanya adik kelas atau teman yang masih harus menyelesaikan skripsi menanyakan banyak hal tentang skripsi kepadamu.

Jangan ragu untuk membagikan ilmu yang sudah kamu miliki kepada mereka. Hitung-hitung menjadi calon dosen dengan belajar lagi dan lagi. Sambil menunggu panggilan dari perusahaan, kamu bisa melakukan hal positif ini.

4. Menjadi tamu atau pendamping untuk diklat organisasi yang diikuti dulu

5 Alasan Kamu Masih Sering ke Kampus Meski Sudah WisudaStanforddaily.com

Jika kamu adalah orang yang aktif mengikuti organisasi atau komunitas selama di kampus, dan dinyatakan selesai masa baktinya saat kamu lulus. Maka tidak ada salahnya jika mereka mengajakmu untuk menjadi tamu atau menjadi pemdamping dan pembina untuk diklat organisasi. Kamu akan kembali mengulang masa di mana mengikuti diklat dan merasakan keceriaannya.

5. Memberi kenang-kenangan kepada dosen dan semua yang banyak membantu selama proses kuliah

5 Alasan Kamu Masih Sering ke Kampus Meski Sudah WisudaDuniadosen.com

Yang lainnya bisa jadi karena kamu sudah mendapat kerja atau hendak kembali ke tanah asalmu, maka saat kamu ke kampus, memberikan kenang-kenangan untuk dosen adalah hal yang akan kamu lakukan.

Meski tak bernilai mahal, setidaknya kamu telah mengucapkan terima kasih dengan memberikan kenang-kenangan bagi mereka.

Apakah kamu juga masih sering ke kampus meski sudah lulus? Apa aja yang kamu lakukan di kampus? Yuk, share pengalamanmu di kolom komentar!

Nelsi Photo Verified Writer Nelsi

Menulis adalah salah satu terapi terbaik saat kita mulai lelah berbicara.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You