5 Alasan Kamu Tetap Layak Sukses Meski Merasa Salah Jurusan

Tentu saja kalau berusaha

Lulus kuliah langsung dapat kerja sesuai peminatan, sudah pasti sangat membanggakan bagi kita semua. Upaya yang dijalani selama bertahun-tahun di bangku sekolah maupun kuliah terbayar dengan posisi yang sesuai dengan impian. Urusan gaji tentu saja disesuaikan dengan apa yang dikerjakan dan diupayakan dalam pekerjaan. Rasanya semua orang ingin berada di posisi ini. Tanpa perlu sulit mencari kerja dan tanpa harus bertarung dengan pekerjaan yang tidak sesuai dengan jurusan semasa sekolah.

Namun tidak semua orang berada di posisi ini. Ada kalanya kita pun harus berjuang mencari pekerjaan yang sesuai dengan jurusan sewaktu kuliah. Atau mungkin kita sudah bekerja namun tidak sesuai dengan peminatan selama menempuh pendidikan. Bagaimanapun semua adalah rejeki yang harus kita syukuri. Meski lelah dan mengeluh, kita tetap boleh mengingat betapa beruntungnya kita melalui beberapa alasan berikut ini.

1. Ilmu & pengalamanmu sungguh beragam

5 Alasan Kamu Tetap Layak Sukses Meski Merasa Salah Jurusanpexels.com/@divinetechygirl

Bekerja di bidang yang tidak sama dengan peminatan atau jurusan semasa kuliah memang cukup berat. Butuh banyak belajar dan adaptasi agar bisa menyesuaikan dan mengikuti alur kerja. Tapi bukan berarti kita tidak mampu apalagi tidak layak.

Ilmu dan pengalaman semasa kuliah dulu bukan tidak berguna. Bukan juga tidak bermanfaat karena hanya sedikit yang diterapkan dalam pekerjaan. Tapi apa yang kita miliki adalah modal yang luar biasa. Kita memiliki kesempatan mencoba banyak hal baru dengan apa yang kita punya. Ilmu dan pengalaman yang beragam akan tetap berguna dan bisa kita manfaatkan suatu hari nanti.

2. Kamu bisa mencoba peluang lain

5 Alasan Kamu Tetap Layak Sukses Meski Merasa Salah Jurusanpexels.com/@elevate-digital-784230

Kamu memang punya segudang ilmu dan pengalaman yang sangat luar biasa semasa kuliah. Saat bekerja dan harus kembali belajar karena tak banyak ilmu yang sama, kamu mungkin sedikit kerepotan. Tapi kesempatanmu untuk mencoba hal baru jauh lebih berharga.

Kamu bisa banyak mencoba hal yang tidak pernah kamu duga sebelumnya. Mau sama ataupun berbeda tetap saja semua membawa kebaikan untukmu. Jangankan ilmu dan pengalaman yang akan bertambah. Pertemanan dan peluang suksesmu juga akan semakin luas.

3. Berani jadi berbeda

5 Alasan Kamu Tetap Layak Sukses Meski Merasa Salah Jurusanpexels.com/@moose-photos-170195

Meski sulit untuk melakukan, tapi usahamu layak diakui sebagai suatu keberanian. Kamu berani mencoba, kamu berani mengambil resiko dan kamu berani bersabar menjemput kesuksesan. Tidak banyak yang sepertimu. Yang rela mencoba dan menitih jalan lain untuk sukses.

Berterima kasihlah pada dirimu sendiri yang sudah berani melakukan hal yang tidak mudah. Jalanmu memang sulit dan masih sangat panjang untuk meraih sukses. Tapi bukan berarti kamu tidak layak. Berani berbeda dari yang lain mungkin membuatmu canggung. Setidaknya kamu berani melawan nyali dalam dirimu sendiri, bahkan untuk keluar dari zona nyamanmu.

Baca Juga: 5 Hal yang Bisa Kamu Lakukan Saat Merasa Salah Jurusan

4. Kamu tahu caranya maju meski tak mudah

5 Alasan Kamu Tetap Layak Sukses Meski Merasa Salah Jurusanpexels.com/@pixabay

Sebab usahamu tak mudah, kamu semakin berusaha untuk mencari jalan keluar dari semua masalah. Pekerjaan yang tak sesuai jurusan atau peminatan mungkin akan membuatmu ingin segera keluar. Mengakhiri dan mencoba di tempat lainnya. Tapi ada kalanya kamu ingin tetap mencoba. Kamu yakin jika kamu masih punya kesempatan.

Mengalami kesulitan, terhimpit dengan waktu dan kemampuan, kamu akan banyak memutar otak untuk mencari solusi. Ya begitulah caramu untuk terus mencoba. Tak sekedar ingin bertahan tapi benar-benar ingin membuktikan.

5. Kesempatanmu bersyukur jauh lebih luas

5 Alasan Kamu Tetap Layak Sukses Meski Merasa Salah Jurusanpexels.com/@rawpixel

Sulitnya mendapat pekerjaan, sulitnya menjalani setiap tugas, semakin membuatmu ingin terus bersyukur. Kamu ingin mensyukuri setiap yang kamu punya. Kesempatan dan kemampuan yang tak semua orang miliki. Banyak hal yang bahkan tak ingin kamu lewati. Mulai dari waktu sampai dengan kesempatan yang baru.

Tak mengapa jika kamu berbeda, tak masalah jika kamu kesulitan, tak jadi halangan selagi kamu benar-benar mau berusaha. Wajar jika memang kamu mengeluh karena sulit dan lelah. Tapi setelah itu kamu harus bangkit lagi.

Baca Juga: 7 Hal yang Sebaiknya Kamu Lakukan Ketika Merasa Salah Jurusan

Nelsi Photo Verified Writer Nelsi

Menulis adalah salah satu terapi terbaik saat kita mulai lelah berbicara.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You