Comscore Tracker

5 Kunci Lulus Kuliah Tepat Waktu Buat Kamu yang Sambil Kerja

Kalau kamu mau, kamu pasti bisa kok!

Pendidikan adalah kebutuhan yang tak kalah penting dari makanan hingga pakaian bagi manusia. Demi menjadi manusia yang berdaya bagi orang lain terlebih diri mereka sendiri, maka setinggi apapun cita-cita tentang pendidikan tentu saja harus diperjuangkan.

Itu sebabnya, ada banyak celah dan kesempatan bagi kita yang mau melanjutkan pendidikan di bangku kuliah, untuk bisa mencapai gelar dan mendapatkan banyak ilmu pengetahuan.

Tidak terkecuali bagi kita yang sudah bekerja sebelumnya. Banyak kesempatan bagi kita untuk bisa menjalani dua peran sekaligus. Menjadi mahasiswa tanpa meninggalkan tanggungjawab kita sebagai seorang karyawan.

Dengan banyaknya kesibukan, mungkin lulus tepat waktu atau lulus lebih cepat adalah hal yang mustahil untuk dicapai. Tapi bukan hal yang tidak mungkin untuk diperjuangkan.

Seperti cara yang bisa kita lakukan di bawah ini. Cocok sekali diterapkan bagi kamu yang sedang memperjuangkan pendidikan untuk lulus tepat waktu, di saat kamu juga harus sibuk dengan pekerjaanmu.

1. Ingat selalu tujuanmu!

5 Kunci Lulus Kuliah Tepat Waktu Buat Kamu yang Sambil Kerjadramabeans.com

Setiap manusia selalu memiliki tujuan dalam menjalani aktivitas mereka. Tidak terkecuali kita yang sedang memperjuangkan pendidikan di kala lelah dalam menyelesaikan tugas sebagai seorang pegawai.

Ya, tentu saja itu hal yang sulit. Tapi jika kita sudah memiliki niat dan tekad, terlebih untuk selalu ingat akan tujuan. Maka semua rasa lelah dan sulitnya menjalani dua peran sekaligus akan terlewati.

Ya, meski lelah dan sulit untuk dilalui. Tapi jika kita mau. Maka semua bisa menjadi hal yang mungkin. Banyak hal yang menjadi alasan kita rela membuang uang untuk biaya kuliah. Membuat tubuh kita lelah karena harus membagi pikiran, waktu dan juga tubuh untuk dua hal yang berbeda. Termasuk juga merelakan waktu untuk beristirahat hingga bersantai sekadar untuk menyelesaikan setiap tugas yang dimiliki.

Tapi dengan mengingat tujuan, maka semua akan menjadi lebih ringan karena kita tahu, kemana kita akan melangkah.

2. Buat jadwal untuk masing-masing kewajiban

5 Kunci Lulus Kuliah Tepat Waktu Buat Kamu yang Sambil Kerjadramabeans.com

Kamu yang disibukkan dengan setiap target dalam pekerjaan, juga tak luput dengan tugas yang menumpuk dari perkuliahanmu. Keduanya memang membuatmu sangat bingung hingga lelah untuk sekedar memilih mana dulu yang akan dikerjakan.

Tapi saat kamu sudah memutuskan untuk mengambil tanggung jawab untuk keduanya, maka bukan hal yang sulit jika kamu melakukan satu hal yang dengan rutin kamu terapkan.

Apalagi jika bukan dengan membuat jadwal untuk setiap tugas dan kewajiban yang harus kamu penuhi. Kamu bisa menuliskan apa saja tugas utamamu untuk dua profesi yang berbeda ini. Setelah itu, kamu bisa menuliskan setiap tugas dan mengurutkannya berdasarkan prioritas waktu dan kesulitan dari setiap tugasnya.

Kamu tak perlu bingung harus bagaimana jika memiliki banyak tugas dan pekerjaan. Selagi kamu konsisten untuk mengerjakan keduanya, maka semua akan menjadi lebih mudah bagimu.

Baca Juga: Keren, 7 Dampak Positif yang Didapat Saat Memilih Kuliah Sambil Kerja

3. Fokus saat menjalani setiap tugas

5 Kunci Lulus Kuliah Tepat Waktu Buat Kamu yang Sambil Kerjadramabeans.com

Salah satu yang sering membuat kita gagal dalam menjalani dua peran sekaligus adalah saat kita tidak fokus dengan salah satu tugasnya. Banyak pengalihan yang mungkin akan menghampiri dan mengganggu konsentrasi kita. Tapi semua itu akan percuma dan tak mampu mengganggumu, terlebih jika kamu memang sudah memiliki fokus yang baik untuk setiap tugasnya.

Jangan ragu untuk menolak setiap yang meminta bantuanmu secara mendadak dan yang tidak berhubungan denganmu. Terlebih saat kamu harus segera menyelesaikan salah satu tugas utamamu.

Kamu berhak menggunakan waktumu untuk menjalani peranmu dengan sebaik-baiknya. Jangan hiraukan apapun yang bisa merusak mood atau fokusmu. Fokuslah agar kamu bisa menjalani dua peran ini dengan sebaik-baiknya.

4. Jangan mau kalah sama rasa malas!

5 Kunci Lulus Kuliah Tepat Waktu Buat Kamu yang Sambil Kerjadramabeans.com

Menjalani dua peran yang berbeda sudah pasti membuatmu lelah, bosan, jenuh hingga rasa malas pun menghinggapimu. Kamu mungkin ingin menyerah saat banyak pekerjaan kantor dan tugas kuliah yang seolah merenggut waktumu hingga menguras tenaga dan pikiranmu. Kamu mungkin akan berada pada posisi dimana rasa malas menggantikan semangatmu selama ini.

Tapi jika kita menuruti setiap perasaan negatif yang muncul, maka kita bisa dengan mudah menyerah pada keadaan yang ada. Tentu saja, hal itu akan melukai diri kita sendiri. Setelah usaha dan kerja keras kita selama ini.

Lelah dan bosan mungkin datang, kamu tak perlu mengelak. Kamu hanya perlu mengambil waktu untuk beristirahat dan mengembalikan stamina agar lebih bersemangat lagi. Tentu saja setelahnya kamu harus kembali berjuang dengan dirimu sendiri untuk tujuan yang kamu perjuangkan selama ini.

5. Jangan menyulitkan dirimu sendiri!

5 Kunci Lulus Kuliah Tepat Waktu Buat Kamu yang Sambil Kerjadramabeans.com

Yang paling harus kamu lakukan saat ingin lulus tepat waktu selagi kamu sibuk bekerja adalah dengan tidak menyulitkan dirimu sendiri. Banyak hal yang kamu kira mudah untuk dilakukan secara bersamaan, namun nyatanya sungguh menyulitkanmu sampai rasanya tak sanggup lagi untuk berjuang.

Tak ada salahnya jika kamu juga ingin menjalin hubungan dengan orang yang kamu sukai selama kamu sibuk dengan dua aktivitasmu yang berbeda. Kamu juga tak salah jika memilih melakukan dan menekuni hobimu selagi kamu lelah dengan tugas-tugasmu.

Tapi jika di tengah kamu tak sanggup melakukan semuanya secara bersama-sama, jangan salahkan siapapun atas keadaan yang menimpamu. Pilihanmu adalah yang harus kamu jalani tanpa rasa ragu. Jika kamu ragu sebaiknya kamu pikirkan kembali sebelum memutuskan untuk melakukannya.

Tujuanmu adalah lulus tepat waktu dengan pekerjaan yang sama-sama bisa dijalani dengan sebaik-baiknya. Ya, pilihan ini adalah yang tersulit mungki bagimu. Tapi setiap yang kamu perjuangkan, sudah pasti ada yang harus kamu relakan bukan?

Baca Juga: 5 Cara Agar Skripsimu Tetap Berguna Pasca Lulus Kuliah

Nelsi Photo Verified Writer Nelsi

Menulis adalah salah satu terapi terbaik saat kita mulai lelah berbicara.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

JADWAL SALAT & IMSAK

21
MEI
2019
16 Ramadan 1440 H
Imsak

04.25

Subuh

04.35

Zuhur

11.53

Asar

15.14

Magrib

17.47

Isya

19.00

#MILLENNIALSMEMILIH

Versi: 21 May 2019 11:30:05

Progress: 751.930 dari 813.350 TPS (92.44852%)

Just For You