Comscore Tracker

Nggak Usah Minder, Ini Keuntungannya Kalau Kamu Kuliah di Program Kelas Karyawan

Sampai kapanpun pendidikan itu penting...

Lulus SMA dan langsung melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi negeri pasti jadi impian semua orang. Nggak heran, beragam cara dilakukan supaya bisa merebut satu kursi di kampus bergengsi. Tapi, terkadang kenyataan nggak sesuai dengan harapan yang diinginkan. Mulai dari tersisih saat seleksi, hingga biaya yang tinggi membuat kita gagal merebut kesempatan untuk kuliah di kampus idaman.

Eits, tapi jangan sedih dulu. Kalau orang tuamu menginginkanmu langsung bekerja setelah lulus SMA, bukan berarti impian untuk kuliah kamu buang begitu saja. Kita bisa kok memanfaatkan kelas karyawan yang ada di beberapa kampus. Nggak usah minder kalau pada akhirnya kamu kuliah di kelas karyawan, soalnya kamu akan mendapatkan keuntungan ini. Apa saja ya?

1. Bisa Bayar Kuliah Sendiri

Nggak Usah Minder, Ini Keuntungannya Kalau Kamu Kuliah di Program Kelas KaryawanIMDB.com

Karena kamu sudah bekerja selepas lulus SMA, sesuai dengan apa yang orang tuamu harapkan, kamu udah bisa nih sedikit demi sedikit menabung untuk mencicil biaya kuliahmu sendiri. Dari gaji yang kamu dapatkan setiap bulannya, kamu bisa mulai menyisihkan untuk kuliah. Dengan begini, orang tuamu pasti bangga deh karena kamu mandiri dan tidak menyusahkan mereka.

2. Tambah Relasi dari Teman Kuliah

Nggak Usah Minder, Ini Keuntungannya Kalau Kamu Kuliah di Program Kelas KaryawanIMDB.com

Karena kamu masuk di kelas karyawan, otomatis teman sekelasmu nantinya adalah para pekerja juga. Kamu bisa loh memanfaatkan teman-teman sekelasmu ini untuk menambah relasi yang mungkin saja berguna di kemudian hari. Misalnya, kalau acara kampusmu butuh sponsor atau bahkan kamu bisa mendapat pekerjaan dari teman sekelasmu ini.

3. Waktu Kuliah Lebih Santai

Nggak Usah Minder, Ini Keuntungannya Kalau Kamu Kuliah di Program Kelas KaryawanIMDB.com

Biasanya kelas program karyawan akan mengambil waktu di malam hari setelah pulang kantor atau di hari Sabtu-Minggu. Memang sih kita akan kehilangan waktu main di weekend atau masih harus belajar di malam hari. Tapi, waktu kuliah program karyawan biasanya lebih pendek dan lebih santai serta lebih banyak diskusi karena dosennya pun tahu mahasiswa yang belajar di kelas ini adalah para pekerja yang setengah tenaganya sudah terkuras untuk bekerja seharian.

4. Bisa Langsung Kamu Praktikan

Nggak Usah Minder, Ini Keuntungannya Kalau Kamu Kuliah di Program Kelas KaryawanIMDB.com

Kalau jurusan kuliah yang kamu ambil linier dengan pekerjaanmu, ini bisa jadi kesempatanmu untuk langsung mempraktikan teori di dunia kerja. Hal ini juga bisa jadi bahan diskusimu bersama dosen di kelas. Selain bisa menambah pengetahuan yang akan meningkatkan kemampuanmu di kantor, kamu juga akan lebih cepat paham sama teori yang diajarkan dosenmu ini.

5. Tugas Kuliah Lebih Sedikit

Nggak Usah Minder, Ini Keuntungannya Kalau Kamu Kuliah di Program Kelas KaryawanIMDB.com

Keuntungan lain mengambil kelas program karyawan adalah sedikitnya tugas kuliah yang dibebankan kepadamu. Hehehe. Dosenmu pasti paham dengan rutinitas mahasiswa di kelas ini yang rata-rata adalah pekerja. Makanya, beliau pun akan meringankan dengan nggak memberikan terlalu banyak tugas seperti yang ia berikan di kelas regular biasa.

Apapun jurusan kuliah atau program apapun yang kamu pilih untuk melanjutkan kuliah, pastikan kamu memang sungguh-sungguh melewati setiap prosesnya. Jangan hanya kuliah untuk mendapatkan ijazah, tapi kuliahlah untuk mendapatkan pendidikan serta pengalaman yang lebih baik. Selamat berjuang!

Niken Ari Photo Verified Writer Niken Ari

Full time writer & part-time student.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya