Comscore Tracker

Sering Bikin Iri, Ternyata Kuliah di Luar Negeri Juga Butuh Perjuangan

Kuliah di luar negeri bukan cuma bersenang-senang

Suka lihat postingan instagram teman yang kuliah di luar negeri? Bikin iri kan pasti. Foto-fotonya dengan back ground suasana yang jauh berbeda dengan yang biasa kamu lihat. Makanannya juga sangat menggiurkan. Mengunjungi tempat yang satu ke tempat yang lain dan semua itu tempat yang kebanyakan belum pernah kamu kunjungi. Wah, bikin semakin iri ya. Namun, ternyata banyak loh perjuangan yang harus dilakukan saat kuliah di luar negeri.

1. Harus pandai berhemat, gak bisa asal shopping

Sering Bikin Iri, Ternyata Kuliah di Luar Negeri Juga Butuh PerjuanganUnsplash/Artem Kim

Walau tampaknya dari keluarga yang berada, tetapi mereka harus tetap bisa berhemat. Apalagi bila kuliah di negara yang biaya hidupnya jauh lebih mahal dari negara asal. Gak bisa tuh setiap lihat jajanan enak terus langsung beli. Jalan-jalan lihat barang lucu juga harus liat kondisi kantong dulu loh kalau ingin membeli.

2. Berusaha untuk memasak sendiri, kalau beli harganya mahal

Sering Bikin Iri, Ternyata Kuliah di Luar Negeri Juga Butuh PerjuanganUnsplash/Caroline Attwood

Memasak bisa menjadi skill baru bagi orang yang kuliah di luar negeri. Selain harga makanan yang mahal, biasanya mereka juga kangen masakan ala negara asal. Ada juga yang memang lidahnya udah terbiasa dengan masakan di kampung halaman, jadi kurang suka dengan makanan yang dijual di sana. Walaupun pertama datang gak bisa memasak, kebanyakan orang akan berusaha untuk belajar memasak perlahan-lahan sampai akhirnya terbiasa.

3. Harus cepat belajar bahasa agar komunikasi mudah

Sering Bikin Iri, Ternyata Kuliah di Luar Negeri Juga Butuh PerjuanganUnsplash/Helena Lopes

Belum tentu negara yang dituju menggunakan bahasa inggris sebagai bahasa utama. Itu cukup menyulitkan saat sedang kuliah di negara lain. Apalagi saat awal datang. Pasti butuh banyak belajar bahasa. Sulit kan pasti saat datang ke suatu tempat yang baru, belum tahu banyak hal, mau bertanya sama orang juga ada kendala bahasa.

Baca Juga: Buka Tahun Ini, 6 Beasiswa Luar Negeri Paling Bergengsi di 2019

4. Ke mana-mana harus naik angkutan umum

Sering Bikin Iri, Ternyata Kuliah di Luar Negeri Juga Butuh PerjuanganUnsplash/Jed Dela Cruz

Nah, yang ini cukup menarik. Bagi yang biasanya memiliki kendaraan pribadi, saat merantau untuk kuliah di negara lain mau gak mau harus belajar naik kendaraan umum. Memang kondisi kendaraan umum di negara maju sudah sangat nyaman, tetapi butuh penyesuaian diri untuk melakukannya. Biasanya nyetir sendiri atau dengan supir yang jamnya bisa fleksibel, jadi harus terpaku sama jadwal angkutan umum.

5. Butuh menyesuaikan diri dengan cuaca yang tidak sama dengan biasanya

Sering Bikin Iri, Ternyata Kuliah di Luar Negeri Juga Butuh PerjuanganUnsplash/Victor Xok

Biasanya hanya menghadapi musim hujan dan kemarau, eh harus mengalami winter yang bersalju. Di foto sih kelihatannya bikin iri karena suasana serba putih yang instagramable. Padahal, sebenarnya harus menahan dinginnya suhu yang hingga minus beberapa derajat celcius. Baju sudah tebal dan berlapis-lapis tetapi tetap saja kedinginan. Bibir dan kulit yang tidak terbiasa juga ikut bereaksi, menjadi kering.

6. Menahan rindu sama keluarga, ini yang paling sulit

Sering Bikin Iri, Ternyata Kuliah di Luar Negeri Juga Butuh PerjuanganUnsplash/Mike Scheid

Memang bisa sih memanfaatkan perkembangan teknologi untuk mengobati rindu. Namun, kenyataannya sekedar video call rasanya gak cukup untuk melepas kangen. Kalau yang kuliah di luar kota beberapa bulan sekali bisa pulang ke rumah. Kalau yang di luar negeri ya boros banget tuh pulang beberapa bulan sekali. Kecuali merantaunya gak terlalu jauh dari negara asal. Bahkan yang kuliah dengan beasiswa dan jauh dari negara asal kebanyakan baru pulang setelah lulus kuliah loh. Perjuangan banget kan.

Setelah membaca beberapa hal di atas jadi tahu kan kalau kuliah di luar negeri itu butuh perjuangan juga. Gak hanya bersenang-senang seperti dugaan kebanyakan orang. Di foto memang tampak bikin iri, tapi ternyata banyak yang harus diperjuangkan hari demi hari. Jadi, jangan lupa kasih semangat ya buat teman kamu yang lagi berjuang kuliah di negara lain.

Baca Juga: Sebelum Berangkat Kuliah-Magang di Luar Negeri, Simak Dulu 7 Tips Ini

Ninda Ayu Hapsari Photo Verified Writer Ninda Ayu Hapsari

Menulis & membaca itu selalu beriringan dan tak bisa terpisahkan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya