Comscore Tracker

12 Kosakata Bahasa Thailand yang Sering Diucapkan di Seriesnya

Lumayan sambil belajar bahasa baru!

Beberapa bulan belakangan ini, series maupun film dari Thailand berhasil memikat hati beberapa penonton di Indonesia. Baik dari kepiawaian aktor maupun aktris yang berperan hingga cerita yang disuguhkan. Jika kamu termasuk yang ikut menggemari film maupun series Thailand pasti sering banget denger beberapa kata yang sering terngiang-ngiang.

Kira-kira kamu tau juga gak apa artinya? Nah, kalo belum ini saatnya buat kamu ikutan belajar kosakata berikut ini!

1. Mi khwaam suk / มีความสุข

12 Kosakata Bahasa Thailand yang Sering Diucapkan di SeriesnyaYoutube/GMMTVSPOTLIKE

Pasti seneng kan ternyata chat kamu dibales sama gebetan. Nah, cara untuk mengungkapkan perasaan bahagiamu itu bisa gunakan kosakata "mi khwaam suk" / มีความสุข alias "ah, senangnya".

2. Mei bpen rai / ไม่เป็นไร

12 Kosakata Bahasa Thailand yang Sering Diucapkan di SeriesnyaYoutube/Studio Wabi Sabi

"Mei bpen rai" / ไม่เป็นไร dapat diucapkan di dua situasi. Yakni pertama ketika ada orang lain mengucapkan terima kasih ke kita, kita dapat membalasnya dengan "mei bpen rai" yang artinya "sama-sama/terima kasih kembali" dan situasi yang kedua pada saat orang lain mengucapkan minta maaf dan kita ingin membalasnya dengan "okay, gak papa" dapat menggunakan kosakata ini juga!

3. Khao chai mai? / เข้าใจไหม

12 Kosakata Bahasa Thailand yang Sering Diucapkan di SeriesnyaYoutube/GTHChannel

"Khao chai mai?" / เข้าใจไหม yang artinya "kamu ngerti kan?" ini dapat digunakan pada saat kamu bercerita dengan teman-temanmu dan ketika kamu selesai bercerita kamu ingin menegaskan apakah ceritamu dapat dingertiin sama teman-temanmu yang sudah mendengarkan.

4. Khit wa../ คิดว่า...

12 Kosakata Bahasa Thailand yang Sering Diucapkan di SeriesnyaYoutube/GMMTVSPOTLIKE

"Khit wa.." / คิดว่า... yang artinya "aku pikir..." atau  "kayaknya...." ini digunakan untuk menjelaskan pendapatmu mengenai sesuatu. Inget penggunaan "khit wa" diikuti dengan kalimat yang menjelaskan lebih rinci ya!

5. Mei ruu wa / ไม่รู้ว่า

12 Kosakata Bahasa Thailand yang Sering Diucapkan di SeriesnyaYoutube/GMMTVSPOTLIKE

Kalo ditanya oleh temanmu tentang gosip terkini tapi ternyata kamu tidak tahu apa-apa, kamu bisa menjawab dengan "mei ruu wa" / ไม่รู้ว่า alias "gak tau tuh". Nah simple kan?

6. Mei tong huaang / ไม่ต้องห่วง

12 Kosakata Bahasa Thailand yang Sering Diucapkan di SeriesnyaYoutube/GMMTVSPOTLIKE

"Mei tong huaang" / ไม่ต้องห่วง bisa kamu ucapkan kepada temanmu untuk "tidak perlu khawatir" apabila mereka mencemaskan sesuatu padamu.

Baca Juga: 12 Kosakata Bahasa Thailand tentang Pakaian, Pelajari Yuk!

7. Lo-len ล้อเล่น

12 Kosakata Bahasa Thailand yang Sering Diucapkan di SeriesnyaYoutube/Nadao Bangkok

Kadang kita sering banget ya melempar candaan ke temen kita, tapi ternyata ada salah satu temen kita gak ngerti ataupun menanggapinya terlalu serius. Nah, untuk memperjelas kamu bisa ucapkan "lo-len" / ล้อเล่น yang artinya "becanda kok". Semoga beneran ga tersinggung ya!

8. Jai yen yen / ใจเย็น ๆ 

12 Kosakata Bahasa Thailand yang Sering Diucapkan di SeriesnyaYoutube/GMMTVSPOTLIKE

Tiba-tiba ada salah satu temen mainmu naik pitam dan kamu sedang berusaha untuk menenangkan. Gunakan kata "jai yen yen" / ใจเย็น ๆ yang berarti "santai ya" atau "sabar ya". Semoga dengan kosakata ini temen kamu dapat mengontrol emosinya dengan baik ya!

9. Sa nook mai? / สนุกไหม

12 Kosakata Bahasa Thailand yang Sering Diucapkan di SeriesnyaYoutube/GDH

Pernah ga kamu ngajak temenmu ke tempat-tempat yang seru yang kalian sama-sama belum pernah kunjungin? Bagaimana rasanya? Sa nook mai?

 Nah, kosakata "Sa nook mai?" / สนุกไหม di atas mempunyai arti "nyenengin kan?" atau "seru kan?". Gimana? Simple banget kan? 

10. Geng maak! / เก่งมาก

12 Kosakata Bahasa Thailand yang Sering Diucapkan di SeriesnyaYoutube/123records

"Geng maak!" เก่งมาก yang artinya "hebat banget!" ini dapat diucapkan untuk mengekspresikan pujian terhadap orang terdekatmu ketika mereka berhasil mengerjakan sesuatu. Selalu apresiasi prestasi teman-teman kamu agar selalu semangat!

11. Tham arai baang? / ทำอะไรบ้าง

12 Kosakata Bahasa Thailand yang Sering Diucapkan di SeriesnyaYoutube/Studio Wabi Sabi

Pas lagi kesepian tiba-tiba pengen nge-chat temen deketmu "lagi apa?" atau "lagi ngapain?" kamu dapat menggunakan "tham arai baang?" / ทำอะไรบ้าง terus kirim deh ke temen kamu. Moga sama-sama ga kesepian lagi ya!

12. Mai mi leeuy / ไม่มีเลย = gak ada satu pun

12 Kosakata Bahasa Thailand yang Sering Diucapkan di SeriesnyaYoutube/GMMTVSPOTLIKE

Ungkapan ini sangat melekat pada tokoh Punn di series 'The Gifted'. Pada saat Claire mengatakan dia sangat peduli dengan Punn. Akan tetapi kepribadian Punn yang sedih sekaligus marah, menyangkal dan meneriakkan, "mai mi leeuy" / ไม่มีเลย yang artinya "tidak ada satu pun". Uda ngerti kan sekarang artinya apa.

Oh ya, perlu diketahui juga beberapa kosakata yang ada di series yang kalian sering tonton biasanya diucapkan dalam konteks sehari-hari untuk sesama teman sebaya atau teman yang sudah dekat. Karena penggunaannya sifatnya lebih informal(tidak resmi/baku). Kalo pengin belajar bahasa baru gak ada salahya juga lho belajar budayanya juga! Selamat mencoba ya!

Baca Juga: 10 Bahasa Thailand yang Sering Kamu Ucapkan, Hayo Ngaku!

Noxy Lozy Photo Verified Writer Noxy Lozy

An asocial extrovert | noxylozy@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya