Comscore Tracker

Nge-date Pakai Bahasa Thailand? Yuk, Pelajari 10 Kosakata Berikut ini!

Sudah ada calon buat di-PDKT-in?

Nge-date atau kencan merupakan salah satu upaya proses pendekatan dan tindak lanjut dari ketertarikan satu sama lain. Umumnya kencan dapat diawali dengan pergi ke suatu tempat, seperti mengunjungi museum, nonton ke bioskop, ataupun makan siang bersama di restoran yang sedang ramai dibicarakan di media sosial.

Nah, bagaimana kalau situasinya tiba-tiba kamu tinggal di Thailand atau punya gebetan orang Thailand? Kira-kira apa saja ya kosakata yang sering digunakan pada saat berkencan? Penasaran? Yuk, simak!

1. Khun dtong-gaan thii ja owk bpai thiiao gap chan mai? /คุณต้องการที่จะออกไปเที่ยวกับฉันไหม/ kamu mau gak jalan(kencan) sama aku?

Nge-date Pakai Bahasa Thailand? Yuk, Pelajari 10 Kosakata Berikut ini!Pexels/@budgeron-bach

Mengambil langkah awal untuk mengajak jalan seseorang tidak melulu cowok ataupun cewek yang harus memulai duluan, lho!

Jika kamu ngerasa ingin mengajak kencan gebetanmu katakan saja, "khun dtong-gaan thii ja owk bpai thiiao gap chan mai? /คุณต้องการที่จะออกไปเที่ยวกับฉันไหม" yang artinya "kamu mau gak jalan (kencan) sama aku?". Good luck!

2. Sao aa-thit nii khun waang mai?/ เสาร์อาทิตย์นี้คุณว่างไหม/ Kamu ada waktu luang minggu ini?

Nge-date Pakai Bahasa Thailand? Yuk, Pelajari 10 Kosakata Berikut ini!Pexels/@budgeron-bach

Meluangkan waktu kosong untuk bertemu gebetan merupakan sebuah langkah awal dalam proses PDKT. Apabila gebetan kamu pekerja kantoran sama sepertimu, pada saat hari-hari kerja atau mendekati akhir pekan bisa kamu tanyakan, "sao aa-thit nii khun waang mai?/ เสาร์อาทิตย์นี้คุณว่างไหม"  yang artinya "kamu ada waktu luang minggu ini?". Coba tanyain dulu, ya. Semoga berhasil!

3. Rao ja jer gan thii nai dii?/ เราจะเจอกันที่ไหนดี/ Di mana enaknya ya kita ketemuan?

Nge-date Pakai Bahasa Thailand? Yuk, Pelajari 10 Kosakata Berikut ini!Pexels/@olly

Tahap selanjutnya, apabila kamu sudah dapat sinyal oke nih dari gebetanmu. Coba tanyakan di mana kalian ingin bertemu. Ketik dengan kalimat, "Rao ja jer gan thii nai dii?/ เราจะเจอกันที่ไหนดี" atau " di mana enaknya ya kita ketemuan?". Pastikan tempatnya yang nyaman dan makanannya pun juga enak ya!

Baca Juga: 12 Kata Ganti Orang dalam Bahasa Thailand, Catat dan Pelajari Yuk!

4. Khun duu dii jang/ คุณดูดีจัง/ You look great.

Nge-date Pakai Bahasa Thailand? Yuk, Pelajari 10 Kosakata Berikut ini!Pexels/@cottonbro

Pertemuan di kencan pertama bisa jadi terasa canggung untuk sama lain. Tapi bisa dimulai dengan memberikan pujian kepada teman kencanmu terlebih dahulu dengan mengatakan, "khun duu dii jang/คุณดูดีจัง" atau yang artinya "kamu keren/cakep hari(hari ini)". Memberi pujian sah-sah aja kok asalkan tulus, ya!

5. Khun naa-rak maak/ คุณน่ารักมาก/ Kamu imut banget!

Nge-date Pakai Bahasa Thailand? Yuk, Pelajari 10 Kosakata Berikut ini!Pexels/@qmanfotos

Jika teman kencanmu datang dengan penampilannya yang begitu memukau, lain dari pada biasanya. Bisa jadi ini sebuah pertanda yang bagus dan juga positif, lho untuk kelanjutan hubungan kalian. Bisa kamu sambut dengan ucapan, "khun naa-rak maak/ คุณน่ารักมาก" yang artinya "kamu imut banget (hari ini)".

6. Khun khit waa thii-nii dii mai?/ คุณคิดว่าที่นี่ดีไหม/ Menurut kamu tempat ini gimana?

Nge-date Pakai Bahasa Thailand? Yuk, Pelajari 10 Kosakata Berikut ini!Pexels/@katerina-holmes

Untuk membuka obrolan satu sama lain bisa dimulai dengan yang ada di sekitar kalian. Miisalnya saja tentang tempat yang kalian kunjungi bersama saat itu. Coba tanyakan pendapatnya dengan kalimat "Khun khit waa thii-nii dii mai?/ คุณคิดว่าที่นี่ดีไหม" atau "menurut kamu tempat ini gimana?". Setelah itu kamu bisa kembangkan topik yang lain yang berkaitan, ya!

7. Chan ruu-jak thii dii dii/ ฉันรู้จักที่ดีๆ/ Aku tahu tempat yang oke nih!

Nge-date Pakai Bahasa Thailand? Yuk, Pelajari 10 Kosakata Berikut ini!Pexels/@gary-barnes

Andai kata kalian sudah merencanakan acara kencan selanjutnya dan ternyata kamu punya beberapa tempat yang dapat kamu rekomendasikan. Kamu bisa mengantakan dengan, "chan ruu-jak thii dii dii/ ฉันรู้จักที่ดีๆ"  yang berarti, "aku tahu tempat yang bagus, nih!". Wah, top banget!

8. Phom ja khap bpai song khun thii baan/ฉันจะขับไปส่งคุณที่บ้าน/ Aku akan mengatarmu balik ke rumah

Nge-date Pakai Bahasa Thailand? Yuk, Pelajari 10 Kosakata Berikut ini!Pexels/@rachel-claire

Apabila dari awal, kalian datang sendiri-sendiri untuk menuju tempat kalian bertemu, gak ada salahnya menawarkan diri untuk mengantarnya pulang. Kamu dapat menggunakan kalimat, "phom ja khap bpai song khun thii baan/ฉันจะขับไปส่งคุณที่บ้าน" yang artinya, "Aku akan menganatarmu balik ke rumah".

9. Muue a-rai chan ja jer khun daai iik/เมื่อไรฉันจะเจอคุณได้อีก/ "Kapan ya enaknya ketemu lagi?"

Nge-date Pakai Bahasa Thailand? Yuk, Pelajari 10 Kosakata Berikut ini!Pexels/@tim-douglas

Setelah keasikan ngobrol tanpa terasa waktu sudah cukup larut, tapi tidak sabar untuk bisa bertemu dan mengobrol kembali. Kamu bisa katakan, "muue a-rai chan ja jer khun daai iik/เมื่อไรฉันจะเจอคุณได้อีก yang berarti, "kapan ya enaknya ketemu lagi?". Kalo ditanya seperti kira-kira apa ya jawabanmu?

10. Diiao ja tuhn haa na/เดี๋ยวจะโทรหานะ/ Nanti, aku hubungin, ya!

Nge-date Pakai Bahasa Thailand? Yuk, Pelajari 10 Kosakata Berikut ini!Pexels/@olly

Canggung satu sama lain setelah kencan? Well, bisa dibilang hal tersebut bisa terjadi ke siapa aja, lho! Bisa jadi  kalian masih saling menerka-menerka satu dengan lainnya. Gak perlu diam dan menyesal, cobalah memberitahu teman kencanmu bahwa kamu akan menelponnya dengan kalimat, "diiao ja tuhn haa na/เดี๋ยวจะโทรหานะ" yang bermaknsa "nanti, aku hubungin ya!". Ciye, so sweet banget!

Wah, bagaimana dengan kamu, sudahkah kamu hafal sepuluh kosakata di atas? Atau jangan-jangan mau berlatih terlebih dahulu sebelum ketemu gebetan. Apa pun itu, semoga lancar ya kencannya!

Baca Juga: 5 Langkah Mudah Perkenalan dalam Bahasa Thailand, Yuk Praktikkan!

Noxy Lozy Photo Verified Writer Noxy Lozy

MOOD MOVE MODE | noxylozy@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya