Comscore Tracker

5 Rekomendasi Channel YouTube Buat Kamu yang Ingin Melek Finansial

Sebelum terlambat, yuk belajar sekarang!

Hingga saat ini masih banyak masyarakat, terutama millennials yang belum melek finansial. Padahal, finansial merupakan ilmu dasar yang harus dikuasai setiap orang. Pentingnya melek finansial untuk para millennials adalah bagian dari mempersiapkan masa depan yang matang.

Sayangnya, Indonesia belum menambahkan finansial sebagai pelajaran yang wajib dikuasai oleh masyarakatnya. Tapi, para millennials gak perlu khawatir akan kekurangan ilmu finansial itu!

Saat ini, banyak sekali para expert di bidang finansial yang secara gratis membagikan ilmunya di YouTube lho. Yuk kita simak kanal YouTube mana aja yang bisa jadi referensi kamu belajar finansial!

1. ZapFinance TV

https://www.youtube.com/embed/6TKZEexI880

Perempuan yang sangat inspiratif sekaligus CEO Zap Finance, Prita Hapsari Ghozie, menjadi pembicara di kanal Youtube ZapFinance TV. Kanal YouTube ini memiliki segmen khusus yakni Gajian Paz.

Segmen ini membahas tentang keuangan para millennials saat ini. Selain itu, permasalahan yang sering dihadapi millennials juga dibahas dengan detail oleh Prita Ghozie sekaligus memberikan jalan keluar yang bisa diterapkan.

2. Raditya Dika

https://www.youtube.com/embed/FHpifiwwVxw

Siapa pengguna YouTube yang gak kenal Raditya Dika? Ya, penulis satu ini selain memberikan konten komedia, dia juga memiliki segmen yang membahas keuangan di channel YouTube-nya.

Gak disangka, seorang komika lulusan Universitas Indonesia ini juga sempat belajar finansial di Australia lho. Gak main-main, Radit berkolaborasi dengan para financial planner untuk membawakan segmen ini.

3. Felicia Putri Tjiasaka

https://www.youtube.com/embed/6nharQwDOBE

Selain merencanakan keuangan, millenials juga wajib belajar investasi lho. Saat ini sudah banyak instrumen investasi yang mudah diakses. Nah, di YouTube Felicia Putri Tjiasaka ini kamu bisa belajar mengenai investasi.

Di channel YouTube tersebut, dia menjelaskan dengan metode yang sangat mudah dipahami orang yang belum familier dengan investasi. Beberapa topik yang dibahas mulai dari reksa dana hingga saham. 

Baca Juga: 5 Rekomendasi Channel YouTube Bule Ini Bikin Kamu Jago Bahasa Inggris

4. SuccessBefore30

https://www.youtube.com/embed/YlkRV6GgWd0

Bagi kamu yang masih belum paham tujuan menabung atau belum tergerak hatinya untuk menabung, channel Youtube ini cocok buatmu. Kamu bisa termotivasi jika menonton video-videonya.

Channel YouTube SuccessBefore30 akan membuat kamu sadar betapa pentingnya menabung. Selain itu, mereka juga memberikan tips-tips menabung yang mudah diterapkan untuk para millennials.

5. Finansialku.com

https://www.youtube.com/embed/NofGZ4YGMTM

Singkat, padat, dan jelas cukup mendeskripsikan channel YouTube Finansialku.com. Pembicara selalu menggunakan studi kasus untuk menjelaskan permasalahan dan solusi finansial bagi para millennials.

Nah itu dia daftar channel YouTube yang bisa kamu curi ilmunya secara cuma-cuma untuk mulai melek finansial sejak dini. Jadi, kapan mau mulai belajar?

Baca Juga: Ada Park Seo Joon, 6 Aktor dan Aktris Korea Ini Punya Channel YouTube

Noni Oldri Lestari Photo Writer Noni Oldri Lestari

Halo, saya Noni. Seorang mahasiswa Bahasa dan Sastra Indonesia di Universitas Jenderal Soedirman. Saya menulis untuk meningkatkan kemampuan menulis dan menambah kosa kata Bahasa Indonesia saya ^^

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Rully Bunga

Berita Terkini Lainnya