Comscore Tracker

5 Kegiatan untuk Sumber Inspirasi Temukan Judul Skripsi, Valid!

Lakukan dan temukan judul skripsimu dengan mudah!

Semester baru sebentar lagi tiba, nih. Bagi kamu yang sudah masuk semester akhir, pasti sedang deg-degan, kan, karena skripsi sudah di depan mata. Atau, kamu sedang galau dan bingung mencari sumber inspirasi temukan judul skripsi?

Eits, tenang, menentukan judul skripsi memang cukup sulit, sih. Namun dengan kelima kegiatan ini kamu pasti bisa, kok, menemukan topik atau judul skripsimu dengan mudah. Simak baik-baik, ya!

1. Kamu bisa langsung turun ke lapangan dan lihat masalah yang terjadi

5 Kegiatan untuk Sumber Inspirasi Temukan Judul Skripsi, Valid!Ilistrasi kegiatan di lapangan (unsplash.com/Jorge Flores)

Salah satu hal mudah yang bisa kamu lakukan adalah turun ke lapangan dan identifikasi masalah yang terjadi di sana. Turun ke lapangan di sini maksudnya adalah kamu bisa langsung mendatangi bidang yang ingin kamu teliti.

Salah satu contohnya yaitu jika kamu memiliki latar belakang mahasiswa pendidikan, maka kamu bisa langsung turun ke sekolah-sekolah, nih. Di sana kamu bisa mulai mencari tahu, apakah ada masalah yang terjadi ataukah tidak. Kegiatan ini biasanya bisa memunculkan banyak ide-ide untuk topik atau judul skripsi kamu, lho.

Kamu bisa lihat dari hal-hal yang unik, ganjil maupun keadaan yang tidak normal seperti biasannya. Mungkin juga ada hal yang membuatmu tertarik dan ingin kamu teliti. Cukup tuliskan ide-ide tersebut dalam catatanmu, dan pilih yang paling ingin kamu teliti kedepannya, mudah kan.

2. Coba berdiskusi bersama dosen, teman, atau kakak tingkat

5 Kegiatan untuk Sumber Inspirasi Temukan Judul Skripsi, Valid!ilustrasi berbicara dan menulis (pexels.com/Keira Burton)

Berdiskusi merupakan salah satu cara yang sering teman-teman mahasiswa lakukan, kan. Nah, dari diskusi biasanya bisa muncul berbagai macam inspirasi, lho. Salah satunya mengenai topik atau judul dari skripsimu.

Kami bisa berdiskusi pertama kali dengan dosenmu mengenai topik yang ingin kamu teliti. Terkadang ada dosen yang langsung mengusulkan judul juga, lho. Kamu bisa ambil kesempatan ini juga, kan. Cari dosen yang kompeten dan menurutmu bisa diajak berdiskusi, ya. 

Kedua kamu bisa diskusi dengan kaka tingkat atau kating dan teman- temanmu. Mereka bisa kamu tanyai mengenai topik atau judul seperti apa yang biasanya mudah diteliti dan cocok denganmu. Pastikan juga sesui dengan minatmu juga, ya.

3. Lakukan riset kecil melalui publikasi terkini sesuai bidangmu

5 Kegiatan untuk Sumber Inspirasi Temukan Judul Skripsi, Valid!ilustrasi mencari hasil publikasi (unsplash.com/Oleg Ivanov)

Kegiatan satu ini begitu penting, lho. Selain kamu bisa menemukan topik dan judul skripsi dengan mudah, kamu juga akan menemukan judul yang lebih menarik dan terbaru.

Pasalnya, ketika kamu melakukan riset kecil-kecilan tersebut, kamu akan tahu mengenai judul publikasi terkini dan bisa memodifikasi dengan judul yang lebih menarik. Eits, tapi tetap mengedepankan keaslian tulisan, ya. Hindari semua bentuk plagiarisme.

Kamu bisa memulai dengan mencari jurnal dari kaka tingkat yang sudah berada di perpustakaan atau sudah di publikasi di jurnal. Selain itu, kamu bisa mencari jurnal yang terbaru saat ini, bisa melalui portal-portal jurnal sesuai bidangmu, ya.

Baca Juga: 5 Hal Sepele yang Bikin Kamu Kurang Bersemangat Mengerjakan Skripsi

4. Kamu bisa selalu update berita terkini yang sedang terjadi

5 Kegiatan untuk Sumber Inspirasi Temukan Judul Skripsi, Valid!Ilusrtrasi membaca berita di koran (unsplash.com/Toa Heftiba)

Update berita saat ini ternyata bermanfaat juga sebagai sumber inspirasimu, lho. Berita biasanya memuat masalah atau peristiwa terkinI.

Kamu bisa mulai dengan membaca berita di koran. Selain itu, kamu bisa juga membacanya melalui internet. Kemudian, cari berita terkini dan sesuaikan dengan minatmu, ya. Di sana banyak masalah yang bisa kamu tuangkan solusinya melalui skripsimu.

Nah, jika skripsimu sesuai dengan masalah terkini, bisa menjadi nilai plus kamu saat ujian nanti, lho. Dosen juga akan mengapresiasi tinggi dengan hasil skripsimu yang memuat solusi dari masalah-masalah terkini, kok.

5. Banyak membaca apa yang kamu suka dan kaitkan dengan bidangmu

5 Kegiatan untuk Sumber Inspirasi Temukan Judul Skripsi, Valid!Ilustrasi melakukan kegiatan yang disukai (unsplash.com/Rachael Gorjestani)

Banyak juga mahasiswa yang menemukan judul skripsinya dari apa yang mereka sukai, lho. Bahkan ada yang membuat judul skripsi dikaitkan dengan anime. Tontonan yang banyak disukai remaja sekarang ini.

Eits, bukan hanya judul skripsimu yang akan menarik kedepannya, lho. Tapi kamu juga akan lebih enjoy. Alhasil, skripsimu bisa kelar lebih cepat karena dosen kamu tidak bakal menghalangi kamu untuk berinovasi dan lebih kreatif, kok.Tapi dengan catatan, judul yang kamu ajukan kelak sesuai dengan jurusanmu sekarang, ya.

Kelima kegiatan di atas bisa menjadi jalan untuk sumber inspirasi temukan judul skripsi. Pastikan judul kamu sesuai dengan minatmu, ya. Agar kelak tidak ada penyesalan dan skripsimu bisa tuntas. Selamat berjuang para pejuang skripsi!

Baca Juga: 7 Tips agar Usulan Judul Skripsi Kamu Cepat Diterima Dosen Pembimbing

Norman Wijaya Photo Verified Writer Norman Wijaya

Semakin kreatif dan informatif! @norman_wijaya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya