Comscore Tracker

Ada Nama Keler, 9 Kosakata Nama Perabot Dapur dalam Bahasa Sunda

Siap belajar kosakata berbahasa Sunda? #LokalIDN

Kebutuhan sehari-hari yang sering dijumpai dan sering digunakan yaitu perabot. Peralatan tersebut sudah menjadi teman untuk membantu pekerjaan lebih mudah. Bukan sekadar dibutuhkan tapi perabot dapur sudah menjadi pelengkap penting, yang jika di kesampingkan rasanya tidak akan sejalan untuk melewati kegiatan sehari-hari. Apalagi seseorang yang hobi memasak, pasti tidak asing dengan perabot ini.

Di Indonesia sendiri, sudah diketahui bahwa Indonesia memiliki 14 bahasa daerah yang diakui dan digunakan warga negara Indonesia. Maka tidak heran jika kita menemukan kosakata yang hampir mirip atau asing didengar. Untuk lebih mengenal, yuk belajar nama-nama perabot dapur dari bahasa Sunda di bawah ini.

1. Peso

Ada Nama Keler, 9 Kosakata Nama Perabot Dapur dalam Bahasa SundaInstagram.com/tanica.id

Peso dalam bahasa Sunda bukan mata uang Filipina ataupun negara lain, melainkan nama serapan perabot dapur yang berasal dari pisau. Pisau sendiri digunakan untuk alat kuliner atau digunakan untuk memotong sebuah benda. Sekarang pisau sudah banyak jenisnya dan biasanya gagang dari pisau terbuat dari plastik, kayu maupun logam.

2. Cungkir

Ada Nama Keler, 9 Kosakata Nama Perabot Dapur dalam Bahasa SundaInstagram.com/steincookware

Sutil atau spatula masak sering digunakan untuk membolak-balikan masakan yang dimasak. Sama dengan perabot lain, sutil juga memiliki jenis dan bentuk yang berbeda. Dalam bahasa Sunda sutil sering disebut dengan nama cungkir. Hampir mirip dengan cangkir hanya beda satu huruf, ternyata kegunaannya berbeda lho!

3. Boboko

Ada Nama Keler, 9 Kosakata Nama Perabot Dapur dalam Bahasa SundaInstagram.com/explore_sindangkerta

Boboko merupakan sebuah wadah yang tersusun dari anyaman bambu. Orang Sunda sering menggunakannya sebagai wadah untuk tempat mencuci beras dan nasi yang sudah ditanak. Masih banyak rumah makan Sunda yang menggunakannya sebagai tempat nasi. Bahasa Indonesia sendiri menyebutnya dengan sebutan bakul.

4. Siwur

Ada Nama Keler, 9 Kosakata Nama Perabot Dapur dalam Bahasa SundaInstagram.com/iga_dinaris

Gayung digunakan sebagai alat untuk mengambil air yang biasanya terdapat di kamar mandi, namun penggunaan gayung di orang Sunda bisa sebagai alat untuk mengambil beras dalam karung. Gayung pun disebut dengan sebutan siwur dalam bahasa Sunda.

Baca Juga: 10 Kosakata Bahasa Sunda tentang Nama-nama Warna, Hafal? 

5. Katel

Ada Nama Keler, 9 Kosakata Nama Perabot Dapur dalam Bahasa SundaInstagram.com/di_ummi

Bahasa indonesia menyebut katel dengan sebutan laba-laba besar, lain halnya dalam bahasa Sunda. Katel sendiri mempunyai makna yang sama dengan wajan, penggunaannya pun juga sama dengan wajan yaitu untuk memasak jenis masakan di atas kompor maupun kuali.

6. Coet dan mutu

Ada Nama Keler, 9 Kosakata Nama Perabot Dapur dalam Bahasa SundaInstagram.com/dekayu.katalog

Pasangan perabot ini memang tidak bisa dipisahkan, alat perabot ini sudah digunakan dari sejak zaman purbakala untuk menumbuk, menggiling, melumat, mengulek maupun membuat bumbu dapur, sambal atau jamu. Jika di zaman modern sekarang membuat sambal tinggal memencet tombol blender, banyak lho yang masih menggunakan alat manual seperti ini. Coet dan mutu ini dalam bahasa Indonesia sering disebut cobek dan ulekan.

7. Hihid

Ada Nama Keler, 9 Kosakata Nama Perabot Dapur dalam Bahasa SundaInstagram.com/explore_sindangkerta

Hihid alat yang terbuat dari bambu untuk mengipasi nasi yang panas, bentuknya pun persegi empat yang dibuat dengan dianyam dan mempunyai pegangan yang diberi bentuk satu sisi panjang. Bahasa Indonesia menyebutnya dengan kipas tangan manual lho, dan sekarang banyak yang memodifikasi kipas tangan dengan kipas tangan elektronik.

8. Seserok

Ada Nama Keler, 9 Kosakata Nama Perabot Dapur dalam Bahasa SundaInstagram.com/sairishhijab

Serokan atau saringan merupakan alat yang terbuat dari bahan material aluminium yang mampu menjadi alat masak sekaligus penyaring minyak saat menggoreng masakan. Hampir mirip dengan bahasa Indonesia, dalam bahasa Sunda serokan disebut dengan nama seserok.

9. Keler

Ada Nama Keler, 9 Kosakata Nama Perabot Dapur dalam Bahasa SundaInstagram.com/tokokuhoki

Stoples merupakan wadah untuk menyimpan jenis makanan atau bumbu. Stoples terbuat dari bahan yang bermacam-macam di antaranya kaca atau plastik. Saat hari perayaan, biasanya stoples-stoples sudah tersedia di meja dengan isian makanan yang berbeda-beda. Jika orang Sunda menyebutnya dengan sebutan keler, lain halnya dengan orang-orang yang tak tinggal di daerah Sunda pasti masih asing mendengarnya.

Orang Sunda mungkin sudah tidak asing dengan kosakata di atas, karena sudah menjadi kebiasaan sehari-hari menggunakan kosakata tersebut. Banyak macam bahasa dari berbagai daerah dan mempunyai artian yang berbeda-beda, untuk kamu yang masih asing dengan bahasa Sunda boleh dicoba atau belajar dengan kosakata pendek di atas.

Baca Juga: 10 Kosakata Bahasa Sunda tentang Nama-nama Pekerjaan 'Tukang', Hafal?

Novita Hilmanita Photo Verified Writer Novita Hilmanita

The essence of life "enjoy the process"

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya