Comscore Tracker

5 Kegiatan yang Bisa Kamu Lakukan selama Kuliah selain Berorganisasi

Agar manfaat perkuliahan makin maksimal

Kehidupan kuliah merupakan salah satu kehidupan dimana kita dapat melihat serta mendapatkan banyak hal baru yang pada masa SMA masih belum kita dapatkan. Kuliah dapat menjadi salah satu proses pendewasaan kita untuk menjadi pribadi yang lebih mandiri dalam berkehidupan.

Namun, dalam kenyataannya selama berkuliah kita masih bingung untuk melakukan sebuah kegiatan. Bagi yang sudah pernah berorganisasi di SMA mungkin membuat kita bosan untuk kembali mengulangi rutinitas yang sama.

Ada lima pilihan kegiatan nih supaya kamu nggak bingung untuk berkegiatan selama kuliah. Simak, yuk!

1. Magang di sebuah intitusi

5 Kegiatan yang Bisa Kamu Lakukan selama Kuliah selain Berorganisasiilustrasi magang (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Selama berkuliah, untuk menambah kegiatanmu bukan hanya organisasi yang dapat menambah pengalamanmu. Magang di suatu institusi bisa menjadi salah satu alternatif pilihan untuk menambah pengalamanmu. Magang di suatu institusi dapat memberikan pandangan dalam dunia kerja yang sesungguhnya.

Untuk mencari informasi seputar magang, kita dapat mencarinya di media sosial seputar info magang seperti di Instagram, Facebook, dan lain-lain. Mendaftar magang didalam sebuah institusi disarankan sesuai dengan passion dan keinginan kita sehingga ketika sudah masuk ke dalam institusi kita dapat dengan serius untuk belajar. Namun, jika masih bingung dengan passion diri kita, magang bisa menjadi salah satu cara untuk menemukan passion kita.

2. Mendaftar dalam sebuah kepanitiaan

5 Kegiatan yang Bisa Kamu Lakukan selama Kuliah selain Berorganisasiilustrasi kepanitiaan (pexels.com/Rodnae Productions)

Apabila kita berorganisasi, tentunya periode dari organisasi tersebut dapat terbilang cukup lama. Biasanya, suatu organisasi dalam dunia perkuliahan akan mengalami demisioner selama satu tahun keberjalanan. Maka, agar kita tidak merasa bosan, mendaftarkan diri di dalam sebuah kepanitiaan dapat menjadi salah satu pilihan.

Di kampus sendiri, terdapat banyak kegiatan tahunan yang biasanya dilaksanakan dalam event-event tertentu. Salah satu contohnya adalah kegiatan kampus dalam memperingati hari-hari besar nasional ataupun internasional. Dalam acara tersebut, kampus akan membuka kesempatan bagi mahasiswa umum yang ingin mendaftarkan diri sebagai panitia. Sehingga, dalam hal ini kamu dapat mengikuti kegiatan yang beragam dan tidak bosan dalam menjalani kegiatan yang itu-itu saja.

Baca Juga: 10 Meme Lucu Gara-gara Bolos Kuliah, Kena Akibatnya Deh 

3. Mengikuti kegiatan seminar

5 Kegiatan yang Bisa Kamu Lakukan selama Kuliah selain Berorganisasiilustrasi seminar (pexels.com/ICSA)

Ilmu yang kita dapatkan tentunya bukan hanya melalui ruang-ruang kelas saja. Namun, terdapat beberapa tempat dimana kita dapat mencari ilmu yang bisa saja tidak kita dapatkan diruang kelas. Seminar merupakan salah satu kegiatan yang dapat memberikan kita ilmu baik dalam bentuk soft skill maupun hard skill.

Terdapat beberapa mahasiswa yang selama ini sudah kuliah namun merasa tidak cocok dengan jurusan mereka. Nah, seminar bisa menjadi salah satu pilihan kita untuk mendapatkan ilmu yang tidak kita dapatkan diruang kelas. Selain itu, biasanya dalam seminar-seminar akan diberikan sertifikat yang dapat menambahkan kegiatan kita selama berkuliah.

Tapi, yang perlu diingat bahwa niat dalam mengikuti seminar adalah mendapatkan ilmu, bukan hanya sertifikat!

4. Ikut dalam event perlombaan 

5 Kegiatan yang Bisa Kamu Lakukan selama Kuliah selain Berorganisasiilustrasi berkompetisi (pexels.com/Engin Akyurt)

Salah satu cara untuk produktif semasa kuliah adalah mendaftarkan diri untuk mengikuti lomba. Ketika kita sudah berkuliah, kita dapat lebih memiliki kesempatan dalam mengikuti lomba. Berbeda dengan masa SMA, dimana biasanya lomba-lomba lebih diperuntukkan kepada perwakilan disetiap sekolah.

Lomba-lomba semasa kuliah biasanya akan lebih banyak dan memiliki variasi yang berbeda. Sehingga, apabila kamu memiliki minat ataupun bakat tertentu kamu dapat mendaftarkan dirimu menjadi peserta. Lomba setingkat apapun dalam perkuliahan bisa menjadi salah satu ajang pembelajaranmu dalam meningkatkan kualitas diri.

Jangan merasa insekyur apabila kamu akan mengikuti lomba. Bukankah lebih baik mencoba daripada berdiam diri?

5. Membuat project bersama teman

5 Kegiatan yang Bisa Kamu Lakukan selama Kuliah selain Berorganisasiilustrasi rapat (pexels.com/Fauxels)

Apabila kamu merasa lelah dengan aturan-aturan yang terdapat di dalam organisasi, membuat project bersama bisa menjadi pilihan yang baik. Dalam hal ini, kita dapat lebih leluasa untuk mendapatkan tujuan kita dalam membuat sebuah kegiatan. Selain itu, project yang kita buat juga dapat menyesuaikan dengan passion yang kita miliki.

Namun, dalam melaksanakan sebuah project yang diperlukan adalah mengenai konsistensi dari setiap orang yang ada di dalamnya. Berbeda dengan organisasi, ikatan yang terdapat dalam membuat project harus lebih diorganisir agar setiap orang bekerja sesuai dengan porsinya. Dalam sebuah project biasanya tidak terlalu banyak aturan yang contohnya dalam organisasi biasa disebut dengan AD/ART. Maka, untuk mengorganisir suatu project akan lebih baik apabila menemukan orang-orang yang sudah terbiasa dengan ritme kerja kita.

Merasa bingung dalam menentukan kegiatan yang kita pilih adalah hal yang wajar. Namun, merasa bingung terlalu lama akan membuat diri sendiri lelah dan tidak memiliki proggress apapun dalam menjalani kehidupan. 

Baca Juga: 5 Cara Menumbuhkan Kepercayaan Diri saat Masuk Bangku Kuliah

Nuha Zakiyy Photo Writer Nuha Zakiyy

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya