Comscore Tracker

Hindari 5 Hal Sepele Ini agar Band Score IELTS Writing Test-mu Tinggi

Jangan sampai terjebak saat ujian ya! 

International English Language Testing System (IELTS) merupakan tes yang akan mengevauasi kemampuan bahasa Inggris seseorang. Terdiri dari empat keterampilan berbahasa, IELTS akan menguji kemampuanmu dalam mendengarkan, membaca, menulis dan juga berbicara dalam bahasa Inggris.

Tak jarang. seseorang berlatih berbulan-bulan sebelum mengambil tes ini karena harganya yang tentunya tidak murah. Sehingga pastinya setiap orang berharap bisa mendapatkan skor tinggi dalam satu kali tes.

Namun, biasanya akan sering terjebak khususnya dalam sesi IELTS Writing Test, kebanyakan mereka akan terlewatkan untuk melihat hal-hal sepele berikut ini.

1. Menggunakan slang words agar dikira pro  

Hindari 5 Hal Sepele Ini agar Band Score IELTS Writing Test-mu Tinggiunsplash.com/Ben Mullins

Penggunaan slang words pasti sering ditemui dalam percakapan sehari-hari. Biasanya saat berbincang dengan teman atau keluarga agar terdengar pro seperti seorang native speaker. Contohnya adalah kata-kata seperti dunno, gotta atau wanna yang sebenarnya adalah singkatan dari do not know, got to dan want to.

Namun jangan coba-coba untuk menggunakan slang words saat mengerjakan IELTS Writing Test. Bisa-bisa kesalahan sepele itu membuat band score di keterampilan menulismu jadi jelek. Jadi, hati-hati ya!

2. Menyingkat kata atau contractions  

Hindari 5 Hal Sepele Ini agar Band Score IELTS Writing Test-mu Tinggipexels.com/Cottonbro

Contractions juga sangat sering dipakai dalam penggunaan sehari-hari. Fungsinya untuk menyingkat tulisan agar lebih efisien dan mudah diucapkan. Bahkan saking seringnya penggunaan kata tersebut, banyak yang salah kaprah bahwa sebenarnya kata tersebut bukanlah bahasa formal.

Misalnya dalam penulisan doesn’t, you’re dan it’s yang merupakan singkatan dari does not, you are dan it is atau it has. Harus diingat bahwa dalam tes menulis IELTS kesalahan kecil saja dapat mengurangi skormu dalam ujian. Kamu harus benar-benar teliti dan pastikan tidak menyingkat apapun dalam tulisanmu.

Baca Juga: 5 Tips Belajar Bahasa Inggris ala Maudy Ayundya, Bikin Makin Pede!  

3. Menggunakan singkatan bahasa yang familiar 

Hindari 5 Hal Sepele Ini agar Band Score IELTS Writing Test-mu Tinggipixabay.com/Wokandapix

Mirip dengan dua hal sebelumnya, penggunaan singkatan familiar juga sebaiknya dihindari agar tidak mengurangi nilai. Meskipun singkatan yang sering dipakai oleh bahkan hampir semua orang ini sangat populer, itu tidak akan ditolerir dalam tes menulis ini.

Kamu tidak akan mendapat nilai tambahan dengan menulis IMHO (In My Humble Opinion), BTW (By The Way), FYI (For Your Information) dan sebagainya. Hindari penggunaan singkatan tersebut dan ganti dengan menulisnya lengkap seperti yang di dalam kurung.

4. Menulis dengan informal English  

Hindari 5 Hal Sepele Ini agar Band Score IELTS Writing Test-mu Tinggiunsplash.com/Annie Spratt

Kategori informal English memang cukup banyak digunakan dalam penggunaan sehari-hari. Sama seperti bahasa Indonesia, kita harus bisa membedakan mana bahasa formal dan bahasa informal.

Dalam informal English kamu pasti pernah menggunakan kata-kata seperti lots of, loads of atau tons of. Lebih baik menggantinya dengan many, numerous, countless, much dan banyak pilihan kata pengganti lainnya.

5. Memakai bahasa mainstream yang sering didengar  

Hindari 5 Hal Sepele Ini agar Band Score IELTS Writing Test-mu Tinggipexels.com/Jeswin

Ini adalah hal yang paling sering dilakukan orang saat mengikuti tes IELTS. Seringnya karena sudah mentok bingung mau nulis apa, kalimat yang ditulis cenderung muter-muter dan membicarakan hal yang sama. Terlebih lagi menggunakan pilihan kata yang ‘biasa banget’ atau standar.

Coba banyak berlatih mencari dan menggunakan ‘essential words for IELTS’.  Kamu bisa menggunakan kata-kata yang bahkan jarang atau tidak pernah dikenal sebelumnya tersebut dalam tes menulis ini. Semakin jarang kata tersebut digunakan sehari-hari, maka skor kamu akan semakin baik.

 

Itulah lima hal yang harus kamu hindari saat mengerjakan tes IELTS Writing Test. Jangan lupa banyak berlatih agar skormu semakin tinggi, ya!

Baca Juga: Banyak Manfaatnya, Ini 5 Alasan Kamu Perlu Belajar Bahasa Inggris  

It's Me, Sire Photo Verified Writer It's Me, Sire

A dusk chaser who loves to shout in silence..

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya