Comscore Tracker

6 Manfaat Kalau Pengetahuanmu Luas, Gak di Situ-situ Aja

Tahu banyak hal, nggak mesti sombong ya!

Mengetahui banyak hal, baik berupa ilmu pengetahuan, teknologi dan keterampilan lainnya merupakan sebuah keniscayaan di era millenial ini. Dengan perkembangan yang terus terjadi begitu cepatnya. Tentu kamu mesti mengambil peran di dalamnya jika kamu ingin menjadi orang yang mau maju.

Menjadi seseorang yang siap menghadapi tantangan yang semakin besar. Maka, dengan menguasai atau pun mengetahui banyak hal atau yang sering diistilahkan multi talenta akan sangat bermanfaat dan tentunya akan jadi kekuatan bagi kamu, seperti berikut ini.

1. Memudahkan kamu bergaul dengan banyak orang dari latar belakang yang berbeda

6 Manfaat Kalau Pengetahuanmu Luas, Gak di Situ-situ AjaUnsplash/Priscilla Du Preez

Bergaul dengan banyak orang dari berbagai latar belakang yang berbeda, bukanlah hal mudah bagi setiap orang. Namun, bagi kamu sudah menjadi bagian yang tak pernah lepas dari kehidupan kamu, tentunya dengan kecakapan kamu dalam berinteraksi serta berkomunikasi. Karena, dengan kemampuan kamu dalam membangun hubungan dengan orang-orang tersebut, kamu akan lebih memahami tentang kondisi setiap orang, budaya mereka, adat istiadat dan keberagaman lainnya.

2. Dengan wawasan luas yang kamu miliki, orang lain tidak ragu untuk bertanya kepada kamu

6 Manfaat Kalau Pengetahuanmu Luas, Gak di Situ-situ AjaUnsplash/MD Duran

Orang lain yang membutuhkan sebuah informasi atau pengetahuan akan suatu hal, akan cenderung untuk menanyakannya kepada kamu, sebab mereka memiliki kepercayaan bahwa kamu bisa memberikan jawabannya.

Dengan wawasan luas yang kamu miliki, kamu juga bisa berbagi kepada orang lain tentang hal-hal yang kamu ketahui, agar kamu tidak merasa ilmu yang kamu miliki hanya untuk diri kamu sendiri saja.

3. Kamu akan memiliki kepercayaan diri yang tinggi

6 Manfaat Kalau Pengetahuanmu Luas, Gak di Situ-situ AjaUnsplash/bruce mars

Kepercayaan diri kamu tumbuh perlahan hingga pada akhirnya, kamu tidak lagi merasa kaku, merasa gugup atau pun malu ketika bersosialisasi dengan orang lain. Dengan pengetahuan kamu yang mumpuni membuatmu lebih tenang dan enjoy dalam bergaul.

Baca Juga: Liburan Berfaedah, Yuk Kunjungi 7 Museum Pengetahuan di Tokyo Ini!

4. Teman yang punya masalah akan berbagi cerita dan berharap kamu bisa memberikan solusi terbaik

6 Manfaat Kalau Pengetahuanmu Luas, Gak di Situ-situ AjaUnsplash/Sebastian Herrmann

Kamu akan menjadi tempat curhat sekaligus berbagi persoalan hidup yang dialami oleh teman-teman kamu. Bukan karena kamu lebih tua atau mapan dibanding mereka, melainkan pengetahuan kamu yang cukup luas untuk menjawab pelbagai persoalan yang menimpa mereka. Kamu pun punya cara dan trik sendiri untuk memberikan wejangan dan juga solusi terbaik bagi setiap permasalahan mereka.

5. Menjadikan kamu lebih siap menghadapi kemungkinan-kemungkinan masalah yang akan kamu alami

6 Manfaat Kalau Pengetahuanmu Luas, Gak di Situ-situ AjaUnsplash/sebastiaan stam

Bukannya kamu menginginkan masalah datang menimpa kamu, tetapi kamu telah siap dengan segala pengetahuan dan pengalaman yang kamu miliki ketika masalah itu akan masuk ke dalam kehidupan kamu.

Dengan begitu, kamu tidak hanya berdiam diri saja karena tahu banyak hal, melainkan kamu terus mengasah kemampuan kamu tentang hal-hal baru. Dan kamu tahu bahwa belajar takkan pernah berakhir sebelum kehidupan ini berakhir.

6. Meski tahu banyak hal, tidak membuat kamu sombong karena kamu tahu hanya akan merugikan diri sendiri

6 Manfaat Kalau Pengetahuanmu Luas, Gak di Situ-situ AjaUnsplash/Jon Asato

Mentang-mentang tahu banyak hal, sebagian orang memang terkadang merasa lebih unggul dan sombong dari yang lainnya. Padahal, justru dengan pengetahuan dan wawasan yang luas seharusnya menjadikanmu orang yang rendah hati dan semakin giat untuk terus belajar. Karena kamu tahu sikap sombong hanya akan merugikan diri sendiri.

Gimana, sudah tahu kan kalau manfaat dari mengetahui banyak hal sangat penting bagi kehidupan kamu? Untuk itu, tetaplah belajar dengan banyak cara yang bisa kamu lakukan, melalui buku dengan membacanya, menulis, atau belajar dari pengalaman orang lain dan lingkungan kehidupan kamu.

Baca Juga: 8 Fakta Menarik tentang Bahasa Ini Bakal Memperluas Pengetahuanmu

Nurkamal Photo Community Writer Nurkamal

Salam Semangat

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You