Comscore Tracker

10 Bahasa yang Paling Banyak Digunakan Oleh Manusia di Muka Bumi

Indonesia? Tentu ada dong, tapi peringkat berapa ya?

Bahasa adalah sebuah media penghubung antara sesama manusia untuk berkomunikasi dalam kehidupan sehari-hari.

Oleh sebab itu, kemampuan berbahasa menjadi sangat penting bagi manusia. Tidak cukup hanya fasih satu bahasa, hingga di sekolah pun kita juga diajarkan beberapa bahasa sekaligus untuk melengkapi diri kita saat berada di tengah-tengah masyarakat luas.

Melansir The Ethnologue, yang selama 15 tahun belakangan ini telah merilis aneka penelitian seputar bahasa-bahasa yang digunakan oleh manusia di muka bumi ini.

Dari total 7.111 bahasa, inilah 10 bahasa yang paling sering digunakan oleh manusia di muka bumi ini baik sebagai bahasa pertama maupun sebagai bahasa kedua mereka.

Bahasa apa saja, ya?

1. Bahasa Inggris= 1,132 miliar orang

10 Bahasa yang Paling Banyak Digunakan Oleh Manusia di Muka Bumicnn.com

Sempat tergeser oleh bahasa Mandarin di tahun lalu, tahun ini bahasa Inggris kembali 'merebut tahtanya' menjadi peringkat pertama sebagai bahasa yang paling banyak digunakan oleh manusia di muka bumi.

Sebagai salah satu 'bahasa ibu' di Eropa, bahasa Inggris juga digunakan sebagai bahasa resmi di lebih dari 76 negara dan bahasa resmi oleh lebih dari 20 organisasi berskala global!

Fyi, ada sebuah julukan khusus bagi para petutur kata bahasa Inggris yang disebut "Anglophones".

2. Bahasa Mandarin= 1,117 miliar orang

10 Bahasa yang Paling Banyak Digunakan Oleh Manusia di Muka Bumiapiabroad.com

2Meskipun harus 'terdepak' dari peringkat pertama dan berakhir di peringkat kedua di tahun ini, namun bahasa Mandarin yang dikenal akan ciri khasnya yang memiliki 4 nada yang disebut shēngdiào serta beberapa aturan terntentu dalam pelafalannya tetap berhasil menjaga eksistensinya.

Bahkan, para petutur bahasa Mandarin juga patut berbangga hati karena bahasa Mandarin lebih unggul dan berada di peringkat pertama sebagai bahasa pertama yang paling banyak digunakan oleh manusia di muka bumi ini dengan jumlah yang mencapai sekitar 917 juta orang lebih!

3. Bahasa Hindi= 615 juta orang

10 Bahasa yang Paling Banyak Digunakan Oleh Manusia di Muka Buminativeplanet.con

Sering disebut sebagai 'saudara kembar' bahasa Undu karena memiliki kemiripan dalam kosakatanya, namun bahasa Hindi jelas berbeda dengan bahasa Urdu yang menggunakan sistem penulisan Arab-Persia, sedangkan bahasa Hindi banyak mendapatkan pengaruh dari bahasa Sanskerta sehingga menggunakan sistem aksara Devanagari.

Di India sendiri, bahasa Hindi turut bersanding dengan bahasa Inggris sebagai bahasa resmi. Meskipun begitu, bahasa Hindi tetap eksis terlebih dengan semakin 'menjamurnya' Bollywood ke kancah internasional dimana para seleb Bollywood lebih banyak menggunakan bahasa Hindi daripada bahasa Urdu dan bahasa Inggris.

4. Bahasa Spanyol= 534 juta orang

10 Bahasa yang Paling Banyak Digunakan Oleh Manusia di Muka Bumitravelchannel.com

Negara yang dikenal dengan festival Bullfighting yang disenggalarakan setiap bulan Juni di tiap tahunnya serta keindahan pantai Ibiza yang memanjakan mata para wisatawan lokal maupun mancanegara ini berhasil mempertahankan posisinya tetap berada di peringkat keempat sebagai bahasa yang paling banyak digunakan oleh manusia di muka bumi ini.

Tidak heran bila kita mengetahui bahwa bahasa Spanyol turut menjadi bahasa resmi di lebih dari 20 negara di dunia selain Spanyol, seperti Argentina, Chili, Kolumbia, Mexico, Panama, Uruguay serta menjadi bahasa resmi sejumlah organisasi dunia seperti Uni Afrika, Uni Eropa, dan PBB.

5. Bahasa Perancis= 280 juta orang

10 Bahasa yang Paling Banyak Digunakan Oleh Manusia di Muka Bumitelegraph.co.uk

Negara yang dikenal dengan keindahan menara Eiffel serta kecantikan kota Bordeaux yang dikenal dengan aneka museum lukisan dan museum wine bernama "Cité du Vin" juga dikenal memiliki aksen yang khas dalam pelafalannya.

Keunikan lain yang dimiliki oleh bahasa Prancis adalah pada penggunaan kata benda yang terdiri atas kata benda feminin yang memiliki awalan 'une' dan kata benda maskulin dengan awalan 'un' yang harus dihafalkan secara keseluruhan.

Mengapa? Karena, kata-kata benda yang kelihatannya bermakna maskulin seperti 'pedang' ternyata digolongkan sebagai kata benda feminin yang ditulis 'une épéé'. Sedangkan kata 'vas bunga' yang sepertinya bermakna feminin, justru tergolong sebagai kata benda maskulin yang ditulis 'un vase à fleurs'.

Unik banget, ya?

Baca Juga: 5 Bahasa Tubuh Ini Bisa Bantu Kamu Temukan Jodoh, Harus Pede!

6. Bahasa Arab Standar Modern= 274 juta orang

10 Bahasa yang Paling Banyak Digunakan Oleh Manusia di Muka Bumibritannica.com

Tetap bertahan di peringkat keenam dari tahun sebelumnya, bahasa Arab Standar Modern yang turut digunakan dalam penulisan kitab suci kaum Muslim (Al-Qur'an) ternyata merupakan variasi lain dari bahasa Arab Klasik.

Meskipun begitu, kebanyakan orang tidak terlalu mempermasalahkan perbedaan di antara keduanya yang juga tidak terlalu kentara. Perbedaan yang paling signifikan terdapat pada kosakata dalam bahasa Arab Standar Modern yang mengikuti perkembangan jaman, sedangkan bahasa Arab Klasik tetap bertahan pada kebiasaan di masa lampau.

7. Bahasa Benggala= 265 juta orang

10 Bahasa yang Paling Banyak Digunakan Oleh Manusia di Muka Bumisteemit.com

Sesuai wilayah Benggala yang terletak pada 2 negara, yaitu Bangladesh dan India maka bahasa Benggala juga menjadi bahasa yang digunakan oleh kedua negara tersebut.

Di Bangladesh sendiri, bahasa Benggala dijadikan sebagai bahasa resmi sekaligus bahasa nasional sedangkan di India maka bahasa Benggala dijadikan sebagai bahasa kedua yang digunakan di beberapa wilayah tertentu layaknya bahasa daerah di Indonesia.

8. Bahasa Rusia= 258 juta orang

10 Bahasa yang Paling Banyak Digunakan Oleh Manusia di Muka Bumitraveltriangle.com

Dikenali sebagai salah satu bahasa tersulit di dunia, bahasa Rusia harus puas 'digeser ke bawah' dari peringkat kelima menjadi peringkat kedelapan di tahun ini.

Mirip dengan bahasa Prancis dimana bahasa Jerman juga menggunakan kata benda feminin, maskulin, dan netral. Selain itu, kalian juga harus menghafalkannya dengan memperhatikan akhiran huruf konsonannya antara "я" (kata benda feminin), "й" (kata benda maskulin), dan "o" atau "e" (kata benda netral).

Bahasa Rusia juga dikenal sangat berirama karena memiliki 11 huruf vokal, di samping 20 huruf konsonan dan 2 huruf yang tidak memiliki bunyi yang terdiri atas tanda lunak (ь) dan tanda keras (ъ).

9. Bahasa Portugis= 234 juta orang

10 Bahasa yang Paling Banyak Digunakan Oleh Manusia di Muka Bumiespace.com.au

Meskipun bahasa Portugis dikenal sebagai bahasa resmi sekaligus bahasa nasional Portugal, namun justru masyarakat Portugal pada umumnya sering menggunakan bahasa Mirandese yang juga dikenal sebagai bahasa daerah di Portugal.

Selain itu, bahasa Portugis memiliki keunikan tersendiri dimana memiliki 1 kata terpanjang dengan 29 huruf 'anticonstitucionalíssimamente' yang memiliki arti 'dengan cara yang sangat tidak konstitusional'.

Keunikan lain yang dimiliki bahasa Portugis adalah penggunaan to-be yang dibagi menjadi permanen (seperti jenis kelamin dan pernikahan) serta tidak permanen (seperti cuaca dan suasana hati).

Untuk kata permanen menggunakan 'ser casado' dan kata yang tidak permanen menggunakan 'estar casado'.

10. Bahasa Indonesia= 199 juta orang

10 Bahasa yang Paling Banyak Digunakan Oleh Manusia di Muka Bumiroughguides.com

Dengan sangat membanggakan, bahasa Indonesia berhasil menempati peringkat kesepuluh mengungguli bahasa Jerman di peringkat dua belas dan bahasa Jepang di peringkat tiga belas sebagai bahasa yang paling banyak digunakan oleh manusia di muka bumi ini!

Bahasa Indonesia sendiri merupakan variasi dari bahasa Melayu yang diresmikan menjadi bahasa nasional, bahasa resmi, serta bahasa kesatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia tepat satu hari setelah hari kemerdekaan Indonesia yaitu pada tanggal 18 Agustus 1945.

Fyi, bahasa Indonesia juga digunakan sebagai bahasa dalam dunia kerja di Timor Leste loh!

Baca Juga: 8 Idiom Menggunakan Objek Buah-buahan, Bikin Bahasa Inggris Makin Pro!

Hana Maria Rachelina Photo Community Writer Hana Maria Rachelina

Make your life more beautiful with always thankful to God for everything that you have ^^ My instagram @authorbora98

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You