Comscore Tracker

5 Ungkapan 'Terima Kasih' dalam Bahasa Korea, Praktikkan Yuk!

Gak cuma 'gomawo'~

Bahasa Korea dikenal memiliki tingkatan kesopanan yang berbeda-beda dalam penggunaannya. Misalnya saja saat berbicara dengan teman dan orang yang lebih tua, ada perbedaan cara yang ditekankan berkaitan dengan adab kesopanan dan penghormatan untuk lawan bicara. Termasuk saat akan mengucapkan "terima kasih", ternyata ada banyak frasa yang bisa kita gunakan, lho.

Berikut beberapa frasa yang bisa digunakan untuk mengucapkan "terima kasih" dalam bahasa Korea.

1.  고마워 (gomawo)

5 Ungkapan 'Terima Kasih' dalam Bahasa Korea, Praktikkan Yuk!instagram.com/kdrama

고마워 (gomawo) merupakan salah satu cara mengungkapkan rasa terima kasih yang paling sering digunakan. Meski terbilang populer dan banyak dipakai, tapi frasa ini tergolong dalam bahasa informal.

Oleh karenanya, 고마워 (gomawo) akan lebih tepat jika dipakai untuk mengucapkan terima kasih pada teman sebaya atau teman akrab saat berada dalam situasi yang kasual.

2.  고마워요 (gomawoyo)

5 Ungkapan 'Terima Kasih' dalam Bahasa Korea, Praktikkan Yuk!instagram.com/kdrama

Hampir sama dengan frasa sebelumnya, 고마워요 (gomawoyo) sebenarnya merupakan bentuk yang lebih sopan dari 고마워 (gomawo). Meski lebih sopan karena ada penambahan ‘yo’ 요 pada akhir kalimat, tapi tingkatannya masih sama dalam bahasa informal. Bedanya, penggunaan 고마워요 (gomawoyo) lebih ditujukan pada teman yang tidak terlalu akrab atau bisa juga orang yang lebih muda.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Podcast Belajar Bahasa Korea, Wajib Dengerin Nih!

3. 감사-감사 (kamsa-kamsa)

5 Ungkapan 'Terima Kasih' dalam Bahasa Korea, Praktikkan Yuk!instagram.com/kdrama

Frasa 감사-감사 (kamsa-kamsa) sebenarnya cukup populer di kalangan anak muda. Terkadang frasa gaul semacam ini juga bisa digunakan untuk mengucapkan terima kasih. Namun, 감사-감사 (kamsa-kamsa) lebih sering digunakan dalam chatting atau saat berkirim pesan. Oleh karena itu, penggunaannya pun terbatas hanya pada teman.

4.  감사 해요 (kamsahaeyo)

5 Ungkapan 'Terima Kasih' dalam Bahasa Korea, Praktikkan Yuk!instagram.com/kdrama

Masih dari frasa dalam bahasa informal, 감사 해요 (kamsahaeyo) juga dapat dipakai untuk mengungkapkan rasa terima kasih secara lebih kasual. Meski penambahan ‘yo’ 요 membuat frasa ini jadi lebih sopan, tapi penggunaannya tetap ditujukan pada teman. Namun, frasa ini sebenarnya cukup jarang atau hampir tidak pernah digunakan.

5.  고맙습니다 (gomapseumnida) dan 감사 합니다 (kamsahamnida)

5 Ungkapan 'Terima Kasih' dalam Bahasa Korea, Praktikkan Yuk!instagram.com/kdrama

Kedua frasa ini merupakan bentuk formal dan sopan untuk mengucapkan terima kasih. Biasanya 고맙습니다 (gomapseumnida) dan 감사 합니다 (kamsahamnida) ditujukan pada orang yang dihormati atau yang lebih tua.

Meski sama-sama merupakan bentuk formal, tapi banyak orang menganggap bahwa 감사 합니다 (kamsahamnida) jauh lebih sopan dibanding 고맙습니다(gomapseumnida). Jadi, perlu melihat situasi dengan lebih hati-hati untuk menempatkan kedua frasa ini, ya.

Nah, itu tadi beberapa frasa yang bisa digunakan untuk mengucapkan rasa "terima kasih" dalam bahasa Korea. Meski terdengar sederhana dan mudah, tapi dibutuhkan kepekaan untuk menempatkan frasa-frasa tadi dalam situasi yang tepat.

Baca Juga: 7 Cara Mengatakan “Aku Rindu Kamu” dalam Bahasa Korea, Yuk Pelajari!

T y a s Photo Verified Writer T y a s

menulis adalah satu dari sekian cara untuk menemui ketenangan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya