Comscore Tracker

Sering Salah Sebut, 10 Kosakata Baku Ini Tak Banyak Diketahui Orang

Cek KBBI aja kalau gak percaya #IDNTimesLife

Dalam kehidupan sehari-hari, umumnya kita tidak menggunakan ragam bahasa baku dan formal. Saat mengobrol dengan orang-orang terdekat di sekitar, biasanya kita akan menggunakan ragam bahasa non-formal yang lebih santai.

Karena terbiasa, kadang kita malah menggunakan kosakata tertentu tanpa sadar bahwa itu sebenarnya adalah kosakata yang tidak baku. Nah, ternyata masih banyak lho yang belum tahu bentuk baku dari 10 kosakata yang biasa digunakan sebagai percakapan sehari-hari ini.

Kalau kamu gak percaya coba cek KBBI, deh!

1. Genius

Sering Salah Sebut, 10 Kosakata Baku Ini Tak Banyak Diketahui Orangilustrasi anak yang genius (pexels.com/mart production)

Orang yang punya kemampuan atau kecerdasan luar biasa umumnya kita sebut sebagai orang yang jenius. Namun sebenarnya itu kata yang tidak baku, karena kata yang baku sesuai Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah genius.

2. Fondasi 

Sering Salah Sebut, 10 Kosakata Baku Ini Tak Banyak Diketahui Orangilustrasi fondasi bangunan (pexels.com/rodolfo quiros)

Sementara untuk menyebut struktur dasar sebuah bangunan, biasanya kata yang digunakan adalah pondasi. Padahal, kata yang baku adalah fondasi.

3. Hafal

Sering Salah Sebut, 10 Kosakata Baku Ini Tak Banyak Diketahui Orangilustrasi orang menghafal sesuatu (pexels.com/monstera)

Begitu pula dengan kata hafal, yang sering disebut sebagai hapal. Jadi jangan sebut menghapal, karena yang benar adalah menghafal.

4. Lembap

Sering Salah Sebut, 10 Kosakata Baku Ini Tak Banyak Diketahui Orangilustrasi suasana yang lembap (pexels.com/stanislav kondratiev)

Meski sering digunakan, kata lembab bukanlah kata yang baku. Yang tepat adalah kata lembap. Maka bentuk berimbuhan yang tepat pun bukan kelembaban, tapi kelembapan.

5. Respons

Sering Salah Sebut, 10 Kosakata Baku Ini Tak Banyak Diketahui Orangilustrasi orang memberi respons dalam percakapan (pexels.com/christina morillo)

Kata respons seringkali salah disebut sebagai respon dalam keseharian kita. Arti kata itu sendiri adalah tanggapan atau reaksi.

6. Orisinal

Sering Salah Sebut, 10 Kosakata Baku Ini Tak Banyak Diketahui Orangilustrasi lukisan orisinal (pexels.com/jean pierre)

Untuk menyebut 'asli', kata yang sering digunakan adalah original atau orisinil. Original memang kata baku, tapi itu kosakata bahasa Inggris. Sedangkan orisinil adalah kata bahasa Indonesia yang tidak baku, karena yang paling tepat adalah orisinal.

7. Merek

Sering Salah Sebut, 10 Kosakata Baku Ini Tak Banyak Diketahui Orangilustrasi merek ternama (pexels.com/valeria boltneva)

Tanda pengenal atau nama sebuah produk umumnya ditulis sebagai merk. Tapi kata itu sebenarnya tidak tepat karena penulisan yang baku adalah merek.

8. Nakhoda

Sering Salah Sebut, 10 Kosakata Baku Ini Tak Banyak Diketahui Orangilustrasi seorang nakhoda (pexels.com/ibrahim boran)

Kata nahkoda sering dipakai untuk menyebut orang yang berprofesi sebagai pemimpin tertinggi kapal laut. Padahal, kata yang sesuai KBBI bukan nahkoda, tapi nakhoda.

9. Ateis

Sering Salah Sebut, 10 Kosakata Baku Ini Tak Banyak Diketahui Orangilustrasi ateis (economictimes.com)

Orang yang tidak percaya akan adanya Tuhan sering disebut sebagai atheis. Namun, kata yang lebih tepat seharusnya adalah ateis.

10. Cokelat

Sering Salah Sebut, 10 Kosakata Baku Ini Tak Banyak Diketahui Orangilustrasi cokelat (pexels.com/budgeron bach)

Bahkan cokelat yang sehari-hari kita konsumsi dalam berbagai produk pun seringkali salah ditulis. Jangan lupa bahwa kata yang baku mengandung huruf 'E', sehingga menjadi cokelat, bukan coklat.

Itulah 10 contoh kosakata baku dalam bahasa Indonesia yang tak banyak diketahui, karena kita terbiasa menggunakan kosakata yang tidak baku dalam keseharian. Apakah kamu bisa menyebutkan contoh lain kata-kata yang seperti itu?

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya