Comscore Tracker

Penting! 6 Bidang Ini Perlu Kamu Pelajari demi Hidup yang Bahagia

Bidang-bidang ini sangat berpengaruh pada hidupmu

Setelah menjalani pendidikan di sekolah dan mungkin perguruan tinggi, secara resmi kamu sudah bisa disebut orang yang berpendidikan. Sebagai orang yang berpendidikan, kamu berkesempatan untuk mengembangkan diri, membangun karier, dan pada akhirnya menikmati hidup yang bahagia.

Meskipun, gak terlalu berminat terhadap bidang-bidang tertentu, kamu perlu tetap mempelajarinya. Tidak perlu sampai menjadi ahli, tapi setidaknya sampai punya cukup pengetahuan supaya kamu tahu apa yang harus kamu lakukan demi mendapat manfaat. Bidang apa saja itu? Inilah enam di antaranya.

1. Sosial politik

Penting! 6 Bidang Ini Perlu Kamu Pelajari demi Hidup yang Bahagiaunsplash/Steve Knutson

Sebagai makhluk sosial, penting bagi kita untuk tahu isu-isu sosial yang sedang terjadi di sekitar kita. Permasalahan sosial seperti kemiskinan, kejahatan, kurangnya lapangan kerja, dan sebagainya hendaknya jadi perhatianmu. Bukan sok jadi pahlawan, tapi kamu sendiri akan rugi kalau gak melakukannya.

Mungkin sekarang kamu gak mengalami masalah sosial seperti itu. Namun, ingat, cepat atau lambat masalah sosial yang terjadi di sekitarmu pasti akan berdampak padamu atau orang-orang di sekitarmu juga. Jadi berikanlah perhatian tentang apa penyebabnya dan bagaimana kamu bisa berkontribusi untuk menyelesaikannya.

Salah satu kontribusi tersebut adalah dengan menjadi aktif dalam politik. Melalui politik, kamu bisa memilih orang-orang yang nantinya akan bertugas untuk menyelesaikan masalah tersebut. Jangan menjadi antipolitik! Sebaliknya, pelajarilah bagaimana kamu bisa berperan serta dalam politik supaya bisa membawa manfaat bagi orang banyak.

2. Agama

Penting! 6 Bidang Ini Perlu Kamu Pelajari demi Hidup yang Bahagiaunsplash/Ben White

Akhir-akhir ini, agama kerap jadi isu yang sensitif. Agama yang harusnya mempersatukan justru kerap dijadikan alat perpecahan oleh orang-orang yang gak bertanggung jawab. Namun, itu bukan alasan bagimu untuk gak mau tahu soal agama. Justru, pengetahuan yang benar soal agama bisa menghindarkanmu dari perpecahan seperti itu.

Salah satu contohnya, jika ada isu negatif soal suatu agama, kamu tidak akan percaya karena kamu punya pengetahuan bahwa agama tersebut tidak seperti itu. Minimal, pelajarilah agamamu sendiri.

Jangan menjadi seperti anak kecil yang sekadar memeluk suatu agama karena orangtuanya juga memeluk agama tersebut. Milikilah imanmu sendiri, jangan hanya nebeng iman orang tua.

Setelah itu, akan lebih bagus lagi jika kamu juga punya pengetahuan yang akurat soal agama lain. Itu bisa kamu capai melalui dialog dengan orang dari kepercayaan yang berbeda. Dengan demikian, kamu akan menyadari bahwa setiap agama pada dasarnya baik, hanya saja umatnya kadang tidak menjalankan ajarannya dengan benar.

Dengan memiliki pemahaman itu, kamu pun jadi lebih mudah untuk menghormati berbagai macam kepercayaan dan tidak terpancing untuk bermusuhan dengan orang yang beragama lain.

3. Moral dan etika

Penting! 6 Bidang Ini Perlu Kamu Pelajari demi Hidup yang Bahagiaguideposts.org

Apalah artinya memiliki ilmu setinggi langit, tapi tidak bermoral. Moral yang kita miliki sebagian besar berasal dari ajaran agama. Namun, jangan jadi orang yang bermoral sekadar agar gak berdosa. Milikilah moral dengan keyakinan bahwa itu akan memberimu kebahagiaan.

Etika juga penting. Hal-hal seperti mengucapkan salam ketika bertamu; menatap mata lawan bicara ketika mengobrol; dan tidak memotong pembicaraan orang lain adalah contoh etika yang perlu kamu terapkan. Selain itu, tentu masih banyak contoh lain.

Sudahkah kamu mempelajari berbagai macam etika yang berlaku di lingkunganmu? Jika melakukannya, kamu akan dikenal sebagai orang yang sopan dan disukai banyak orang.

Baca Juga: 5 Pelajaran Hidup yang Bisa Kamu Petik Usai Selamat dari Musibah

4. Kesehatan

Penting! 6 Bidang Ini Perlu Kamu Pelajari demi Hidup yang Bahagiaunsplash/Alexander Mils

Ketika masih remaja, kesehatan mungkin bukan bidang yang jadi perhatianmu. Mungkin kamu merasa bahwa selama ini sehat-sehat saja sehingga tidak perlu mempelajari soal itu. Namun, seraya beranjak dewasa, kamu perlu sadar bahwa kesehatan adalah salah satu bidang terpenting dalam hidup.

Tanpa kesehatan yang baik, kamu gak akan bisa melakukan berbagai hal yang ingin kamu lakukan. Malah, kamu jadi merepotkan orang-orang di sekitarmu. Mulailah perhatikan menu makanan yang kamu makan, olahraga teratur, istirahat yang cukup, dan berbagai hal lain untuk menjaga kesehatanmu.

5. Keuangan

Penting! 6 Bidang Ini Perlu Kamu Pelajari demi Hidup yang Bahagiaunsplash/Kelly Sikkema

Gak peduli apa pun pekerjaan dan berapa pun penghasilanmu, kamu perlu belajar soal keuangan. Sudahkah kamu mengerti cara kerja bank; apa itu investasi; mengapa kamu perlu punya asuransi; apa bahayanya belanja memakai kartu kredit?

Memiliki pengetahuan soal keuangan akan menghindarkanmu dari berbagai masalah yang mungkin timbul. Jangan pikir bahwa kalau uangmu banyak, kamu akan kebal masalah finansial. Siapa pun bisa mengalaminya jika tidak bisa mengatur keuangan dengan baik. Kamu gak mau, 'kan, itu menimpamu?

6. Lingkungan

Penting! 6 Bidang Ini Perlu Kamu Pelajari demi Hidup yang Bahagiaunsplash/Nikola Jovanovic

Masalah lingkungan yang terjadi di bumi kita sudah sampai pada tahap yang seharusnya membuat kita khawatir. Gak penting lagi soal siapa yang harus disalahkan. Jika kita gak berbuat sesuatu, generasi anak cucu kita akan hidup dalam bumi yang tidak lagi layak huni, bahkan mungkin tidak bisa hidup sama sekali.

Jangan menutup mata soal masalah lingkungan yang sedang terjadi. Ingat bahwa jika masalah seperti pemanasan global terus berlanjut, kamu sendiri pun akan rugi. Pelajarilah apa yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi pencemaran lingkungan dan ajak orang di sekitarmu untuk berbuat hal yang sama.

Itulah enam bidang yang harus kamu pelajari demi menikmati hidup yang berkualitas dan bahagia. Jangan hanya pelajari bidang yang kamu minati saja. Ingat bahwa suatu saat hidupmu pasti akan terpengaruh oleh bidang-bidang tersebut. Pengetahuan yang kamu punya bisa jadi akan menyelamatkan hidupmu saat itu.

Baca Juga: 7 Pelajaran Kisah Cinta Habibie dan Ainun yang Menginspirasi

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya