Comscore Tracker

10 Kosakata Bahasa Indonesia yang Juga Ada di Bahasa Inggris

Kata yang sama, tapi artinya berbeda

Dalam bahasa Indonesia, ada banyak kosakata yang sangat mirip dengan kosakata bahasa Inggris, baik penulisan maupun pengucapannya. Contohnya adalah kata 'nasional' dan national. Kedua kata itu sangat mirip dan memiliki arti yang sama karena memang kata 'nasional' merupakan serapan dari kata national.

Tapi tahukah kamu bahwa ada pula kata-kata bahasa Indonesia yang sama persis dengan kata bahasa Inggris, tapi maknanya berbeda? Kata-kata tersebut bukan serapan dari bahasa Inggris, tapi hanya kebetulan saja memiliki kesamaan penulisan. Inilah dia 10 contoh kata-kata tersebut.

1. Jam 

10 Kosakata Bahasa Indonesia yang Juga Ada di Bahasa Inggrispexels.com/Shawn Stutzman

Dalam bahasa Indonesia, 'jam' berarti alat penunjuk waktu. Nah, bahasa Inggris pun ternyata mengenal kata jam, tapi artinya jauh berbeda. Ada beberapa arti kata jam dalam bahasa Inggris, salah satunya kemacetan. Selain itu, jam juga bisa berarti sesi bermusik yang informal, dan bahkan bisa juga berarti selai.

2. Lap 

10 Kosakata Bahasa Indonesia yang Juga Ada di Bahasa Inggrispexels.com/chris peeters

'Lap' adalah kain penggosok yang biasanya digunakan untuk membersihkan sesuatu. Kamu pasti sudah tahu dan pernah melihat kain lap. Sementara dalam bahasa Inggris, lap bisa berarti pangkuan seseorang, atau putaran dalam sebuah balapan.

3. Map 

10 Kosakata Bahasa Indonesia yang Juga Ada di Bahasa Inggrispexels.com/ingo joseph

Kamu pasti sudah familier dengan Google Map, alias peta Google. Ya, map yang berarti peta adalah bagian dari kehidupan sehari-hari kita yang penting terutama saat bepergian. Dalam bahasa Indonesia pun ada kata 'map', yang artinya adalah sampul dari kertas tebal untuk menyimpan surat atau dokumen penting lain.

4. Ban 

10 Kosakata Bahasa Indonesia yang Juga Ada di Bahasa Inggrispexels.com/andrea piacquadio

Tahu arti kata ban dalam bahasa Inggris? Artinya adalah larangan resmi terhadap suatu pihak untuk melakukan hal tertentu. Biasanya ban diberikan oleh kalangan berwenang. Sementara arti kata 'ban' dalam bahasa Indonesia pasti sudah kamu ketahui, yaitu benda bulat dari karet yang dipasang pada roda kendaraan.

5. Not 

10 Kosakata Bahasa Indonesia yang Juga Ada di Bahasa Inggrispexels.com/pixabay

Dalam bahasa Inggris, not adalah adverb alias kata keterangan yang dipakai untuk menyatakan kalimat negatif. Sementara di bahasa Indonesia, kata 'not' berarti tanda nada pada musik. Biasanya jenis not yang umum digunakan adalah not angka dan not balok.

Baca Juga: 8 Kosakata Unik dalam Bahasa Inggris yang Jarang Orang Tahu

6. Pun 

10 Kosakata Bahasa Indonesia yang Juga Ada di Bahasa Inggrisunsplash/priscilla du preez

Dalam bahasa Indonesia, kata 'pun' bisa memiliki beberapa makna. Salah satunya adalah 'juga', misalnya dalam kalimat "Kalau kamu senang, aku pun ikut senang." Selain itu, kata 'pun' bisa dipakai sebagai imbuhan di akhir kata sehingga bermakna 'saja', misalnya dalam kalimat "Apapun yang kamu inginkan aku akan berusaha mengabulkannya."

Bahasa Inggris ternyata juga mengenal kata pun, tapi artinya sangat berbeda. Kata pun dalam bahasa Inggris bisa diartikan sebagai 'pelesetan' alias candaan berupa kata yang mirip dengan kata lain tapi maknanya berbeda.

7. Main 

10 Kosakata Bahasa Indonesia yang Juga Ada di Bahasa Inggrispexels.com/William Fortunato

'Main' alias melakukan kegiatan untuk bersenang-senang pasti disukai semua orang. Ada yang senang bermain game, permainan tradisional, dan sebagainya. Sedangkan di bahasa Inggris, kata main berarti sesuatu yang utama. Contohnya adalah main road yang berarti jalan utama.

8. Suit 

10 Kosakata Bahasa Indonesia yang Juga Ada di Bahasa Inggrispexels.com/kaysha

Apakah kamu tahu 'suit'? Dalam KBBI, 'suit' bukan berarti cara mengundi dengan mengadu jari, karena kata yang tepat untuk itu adalah 'suten'. Arti kata 'suit' adalah bunyi peluit atau bunyi siulan. Sementara dalam bahasa Inggris, suit bisa berarti setelan pakaian, serta bisa juga berarti cocok atau pas.

9. Legit 

10 Kosakata Bahasa Indonesia yang Juga Ada di Bahasa Inggrispexels.com/moose photos

Bahasa Indonesia mengenal kata 'legit' yang artinya manis sekali. Biasanya kata itu dipakai dalam konteks makanan kecil. Sedangkan kata legit dalam bahasa Inggris punya arti yang jauh berbeda, yaitu asli atau legal, serta bisa juga berarti sangat bagus.

10. Sun 

10 Kosakata Bahasa Indonesia yang Juga Ada di Bahasa Inggrispexels.com/pixabay

Kamu pasti sudah tahu arti sun dalam bahasa Inggris, yaitu matahari. Tapi ternyata di bahasa Indonesia pun ada kata 'sun', dan artinya adalah ciuman.

Punya kata yang sama namun artinya jauh berbeda. Apakah kamu bisa menyebutkan contoh-contoh lain kata yang seperti itu?

Baca Juga: 7 Kosakata Bahasa Inggris yang Ternyata Memiliki Makna Konotatif

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya