Comscore Tracker

7 Alasan Logis yang Menjawab "Kenapa Dosen Selalu Benar?” 

Dan mahasiswa cuma bisa mengangguk

Emang benar ya dosen itu gak pernah salah? Atau sebenarnya kamu gak terima dengan ungkapan “Dosen Selalu Benar”? Eits, sebelum marah-marah atau melancarkan protes keras, simak dulu deh artikel ini! Ada tujuh alasan logis yang membuat dosen memang selalu benar. Apa saja hayo?

1. Karena dia belajar teori lebih dulu dan lebih banyak daripada kamu

7 Alasan Logis yang Menjawab Kenapa Dosen Selalu Benar?” pluggedin.com

Yak betul, untuk memperoleh jabatannya sekarang ini bapak dan ibu dosen gak semudah membalikkan telapak tangan lho. Ada sejumlah proses panjang yang harus dilewati. Dari mulai menyelesaikan jenjang pendidikan S1 (sama seperti kamu) yang kemudian dilanjutkan dengan S2 lalu masih ada S3. Tuh, teori yang dipelajari beliau tentu lebih banyak daripada kamu yang baru lulus SMA kan?

2. Karena dia lebih tua dari kamu dan sudah jadi 'saksi' akan banyak hal

7 Alasan Logis yang Menjawab Kenapa Dosen Selalu Benar?” en.via.dk

Selain mendapatkan ilmu dari jenjang pendidikan, usia bapak ibu dosen juga tentu lebih tua daripada kamu. Coba deh, bayangkan aja permasalahan hidup apa saja yang pernah mereka alami. Bahkan, mereka juga sudah punya sudut pandang yang dari berbagai sisi yang berbeda.

3. Karena tabungan pengalamannya (tentu saja) lebih banyak dari kamu

7 Alasan Logis yang Menjawab Kenapa Dosen Selalu Benar?” commgirlblog.wordpress.com

Tabungan pengalaman bapak dan ibu dosen itu gak bisa diremehkan lho. Mereka ini sudah lama malang melintang di dunia pendidikan. Jadi, kamu yang masih hijau sebaiknya duduk manis dan mendengarkan penuturan beliau. Toh, pengalaman beliau di lapangan juga jauh lebih banyak daripada kamu kan? Hehehe

Baca juga: 7 Jurusan Kuliah Ini Suka Dikira Santai Padahal Sibuk Banget

4. Karena jabatan sebagai dosen itu istimewa dan gak semua orang bisa punya

7 Alasan Logis yang Menjawab Kenapa Dosen Selalu Benar?” abdn.ac.uk

Profesi dosen itu gak bisa sembarangan disandang orang lho. Ada serangkaian test dan sertifikasi yang membuat para bapak dan ibu dosen ini bisa menjadi staf pengajar para mahasiswa. Jadi, butuh ketekunan, kesabaran, pengalaman, dan wawasan yang gak sedikit untuk bisa berhasil menjadi seorang dosen.

5. Karena dosen bakal malu banget kalo salah, makanya dia selalu mencoba untuk mempersiapkan materi dengan matang

7 Alasan Logis yang Menjawab Kenapa Dosen Selalu Benar?” lounge.obviousmag.org

Dosen tentu bakal malu banget dong kalo sampe menyampaikan materi yang salah atau ke-gep anak didiknya bahwa materinya kurang benar. Makanya itu, bapak dan ibu dosen pasti sudah menyiapkan 1001 cara supaya materi yang bakal disampaikan ke kamu itu benar-benar matang dan memang bisa dipertanggungjawabkan.

6. Karena sumber bacaan dosen itu banyak, gak kayak kamu yang cuma baca majalah atau manga

7 Alasan Logis yang Menjawab Kenapa Dosen Selalu Benar?” flipboard.com

Sumber bacaan dosen itu banyak lho. Belum lagi profesinya sebagai seorang pengajar mewajibkannya untuk selalu membaca dimana saja dan kapan saja. Jadi, gak usah ragu lagi deh sama wawasan beliau. Karena gak kayak kamu yang cuma baca novel atau manga, beliau ini berusaha menyerap segala ilmu dari mana saja.

7. Karena dia yang kasih nilai!

7 Alasan Logis yang Menjawab Kenapa Dosen Selalu Benar?” popkey.co

Simple aja sih sebenernya kenapa dosen selalu benar. Ya karena beliau yang kasih nilai. Kalau kamu mau protes ya monggo tapi akibatnya nilaimu bakal jeblok atau bahkan kamu harus mengulang mata kuliah yang sama tahun depan.

Gimana? Masih mau protes?

Baca juga: Khusus Mahasiswa, Ini 6 Cara Bikin Skripsi yang Menakjubkan!

Topic:

Just For You