Comscore Tracker

Jangan Minder, Lulus Kuliah Lama Bukan Berarti Kalah Sukses!

Tetap semangat pokoknya!

Lulus kuliah cepat memang jadi idaman para mahasiswa. Namun, terkadang keinginan gak sejalan dengan kenyataan. Banyak mahasiswa yang harus menelan pil pahit dan gak bisa lulus tepat waktu karena terlalu sibuk dengan UKM, halangan dalam pengerjaan skripsi, hingga harus sembari bekerja.

Nah, buat kamu yang gak bisa lulus tepat waktu gak perlu berkecil hati. Pasalnya, ada 7 manfaat ini yang bakal kamu rasakan!

1. Pengalaman yang didapat lebih banyak.

Jangan Minder, Lulus Kuliah Lama Bukan Berarti Kalah Sukses!steinhardt.nyu.edu

Mahasiswa yang lulus tepat waktu dengan mereka yang gak cepat lulus memiliki pengalaman yang berbeda. Mulai dari pengalaman bekerja, ikut kegiatan sosial, hingga bergabung dengan berbagai kepanitiaan. Tentunya pengalaman yang didapatkan oleh mahasiswa yang lulus lebih lama lebih banyak daripada mereka yang lulus cepat dan bisa berguna suatu saat nanti khususnya di dunia kerja. Jadi, kamu gak perlu berkecil hati jika kamu gak cepat lulus seperti teman-teman lainnya.

2. Gak cuma fokus pada nilai dan lulus cepat, kamu juga punya skill lain yang dikembangkan.

Jangan Minder, Lulus Kuliah Lama Bukan Berarti Kalah Sukses!instagram.com/rickyharun/

Bisa dibilang mahasiswa yang lulus lebih lama memiliki skill yang lebih banyak daripada mahasiswa yang lulus cepat. Mereka yang lulus belakangan karena terlalu sibuk dengan kegiatan organisasi tentu memiliki skill mumpuni yang patut dibanggakan. Selain itu, lulus belakangan karena sibuk bekerja juga membuatmu patut berbangga karena punya pengalaman nyata di dunia kerja.

3. Lebih punya banyak kesempatan membangun relasi dengan banyak orang.

Jangan Minder, Lulus Kuliah Lama Bukan Berarti Kalah Sukses!blog.menara.com.au

Keuntungan ini juga bakal kamu dapatkan. Karena lulus belakangan, kamu jadi lebih banyak punya kenalan, terutama adik tingkat. Bahkan, relasimu di kegiatan organisasi yang kamu miliki juga lebih banyak. Jangan remehkan kepentingan dari relasi. Siapa tahu kesempatan berkarir bisa didapat dari koneksimu selama ini.

4. Lulus lebih lama membuatmu punya lebih banyak waktu untuk merencanakan apa yang bakal kamu lakukan setelah jadi sarjana nantinya.

Jangan Minder, Lulus Kuliah Lama Bukan Berarti Kalah Sukses!businessinsider.com

Memang gak semuanya, namun biasanya mereka yang sudah selesai kuliah pun bingung apa yang harus dikerjakan setelah wisuda. Nah, karena kamu memiliki waktu yang jauh lebih lama, kamu bisa memanfaatkannya untuk memikirkan secara matang apa yang akan kamu kerjakan setelah bergelar sarjana nantinya. Tentunya hal ini bakal membuatmu lebih siap daripada temanmu yang sudah lulus terlebih dahulu.

Baca juga: 20 Quote Kelulusan yang Bikin Kamu Lebih Berani & Bijaksana

5. Kamu lebih peka terhadap masalah sosial yang terjadi di sekitarmu.

Jangan Minder, Lulus Kuliah Lama Bukan Berarti Kalah Sukses!rushordertees.com

Jika kamu banyak mengikuti kegiatan organisasi maka bisa dipastikan kamu bakal lebih peka. Terbiasa membantu orang di sekitar dan terjun langsung ke dalam kegiatan di masyarakat bakal membuatmu menjadi pribadi yang lebih peka juga terhadap keadaan orang-orang di sekitar.

6. Gak hanya fokus pada hasil akhir, kamu bakal lebih menghargai proses.

Jangan Minder, Lulus Kuliah Lama Bukan Berarti Kalah Sukses!huffingtonpost.com

Karena lulus belakangan, kamu tentunya juga bakal berproses lebih lama daripada kawan-kawan seangkatan. Hal ini sebenarnya menguntungkan. Pasalnya, kamu gak hanya bakal fokus pada hasil akhir saja. Kamu bakal dibiasakan untuk menghargai setiap proses yang dirasakan daripada fokus mengejar hasil akhir.

7. Ada banyak cerita positif yang bisa kamu ceritakan ke anak cucu kelak.

Jangan Minder, Lulus Kuliah Lama Bukan Berarti Kalah Sukses!Photo by Caleb Woods on Unsplash

Tentunya pengalaman yang kamu punya di bangku kuliah bakal lebih banyak. Akan ada banyak hal menarik serta cerita inspiratif yang bisa dibagikan. Dari mulai pengalaman berorganisasi, pengalaman bekerja selama kuliah, hingga jatuh bangun mengerjakan skripsi dan keberhasilan lulus dan pada akhirnya bisa menyandang gelar sarjana.

Kamu tetap bisa sukses kok walaupun gak lulus tepat waktu. Meski begitu jangan lantas bersantai-santai ya pasalnya uang kuliah yang harus dibayar oleh orangtua juga tidak sedikit jumlahnya. Semangat ya!

Baca juga: 8 Suka Duka yang Pasti Dirasakan Kamu yang Baru Lulus Kuliah

Topic:

Berita Terkini Lainnya