Comscore Tracker

Naikkan Skill Bahasa Inggrismu dengan 6 Kata Terpanjang Ini

Pahami makna dan konteksnya 

Jika saat ini kamu sedang belajar bahasa Inggris, mungkin kamu sudah mengetahui bahwa ada lebih dari satu juta kata dalam bahasa Inggris secara keseluruhan. Berkali-kali lipat lebih banyak dari total kata dalam bahasa Indonesia, bukan? 

Namun, tenang saja karena kamu tidak harus mengingat seluruh kata tersebut untuk bisa berkomunikasi atau bergaul dengan para bule! Nah, sebagai penambah skill berbicara kamu bisa mempelajari dan menggunakan enam kata terpanjang dalam bahasa Inggris berikut ini agar semakin terlihat keren, ya. 

1. Surreptitious (13 huruf)

Naikkan Skill Bahasa Inggrismu dengan 6 Kata Terpanjang Iniilustrasi orang yang tidak ingin ketahuan (pexels.com/Noelle Otto)

Tergolong kata sifat (adjective), surreptitious bisa diartikan sebagai sebuah tindakan atau sesuatu yang ingin kamu sembunyikan atau tidak diketahui oleh orang lain. Sinonim dari kata ini adalah secret, undercover, atau sneaky. 

Contoh penggunaan kata ini dalam kalimat adalah; "You might have a surreptitious look at your ex-boyfriend's social media account when you are curious about him".

2. Hypothetically (14 huruf)

Naikkan Skill Bahasa Inggrismu dengan 6 Kata Terpanjang Initulisan hypothesis berbagai warna (pexels.com/Tara Winstead)

Berasal dari kata kerja dasar hypothetical, berubah bentuk menjadi kata keterangan hypothetically. Kata ini mendeskripsikan sebuah tindakan diskusi atau pemikiran tentang sesuatu yang kemungkinan dapat terjadi namun belum menjadi fakta (kenyataan). Dalam bahasa Indonesia dapat diartikan menjadi "secara hipotesis atau menurut dugaan".

Contoh penggunaannya dalam kalimat adalah; "Someone who just moved to Jakarta may talk hypothetically about having their own vehicle or using public transportation for daily activities". 

3. Destigmatizing (14 huruf)

Naikkan Skill Bahasa Inggrismu dengan 6 Kata Terpanjang Iniilustrasi bentuk stigma sosial (pexels.com/Luis Quintero)

Laman IELTS melansir ada 100 kata baru yang telah ditambahkan ke dalam Oxford English Dictionary, mulai dari kata baku hingga slang yang sering digunakan oleh anak muda, seperti LOL. Destigmatizing termasuk salah satu kata yang baru ditambahkan ke dalam kamus bahasa Inggris tersebut di tahun 2020 lalu. 

Destigmatizing menggambarkan sebuah tindakan atau proses penghapusan konotasi negatif atau stigma sosial yang berkaitan dengan sesuatu. Contoh penggunaan kata ini dalam kalimat adalah; "Destigmatizing mental illness needs a national push". 

Baca Juga: 9 Padanan Kata Bahasa Indonesia dari Bahasa Inggris, Tahu Lokapasar?

4. Inconsequential (15 huruf)

Naikkan Skill Bahasa Inggrismu dengan 6 Kata Terpanjang Inibuku dengan sticky note bertuliskan 'important' (pexels.com/Luis Quintero)

Termasuk kata keterangan (adjective), inconsequential adalah bentuk negatif dari kata consequential. Kata dengan jumlah 15 huruf ini menggambarkan sesuatu, seseorang, atau situasi yang tidak berarti atau tidak penting bagi seseorang. 

Contoh penggunaan kata inconsequential dalam sebuah kalimat adalah; "even in this digital age of (over) sharing, many people still believe that social media is inconsequential and refuse to join Instagram or Facebook".

5. Interdisciplinary (17 huruf)

Naikkan Skill Bahasa Inggrismu dengan 6 Kata Terpanjang IniSusunan dadu yang membentuk tulisan 'teach'. (pexels.com/Pixabay)

Interdisciplinary merupakan penggabungan beberapa disiplin (cabang) ilmu untuk mengembangkan sebuah konsep pengetahuan. Kata ini paling sering digunakan oleh institusi pendidikan di kota-kota besar yang biasanya lebih modern untuk menggambarkan pendekatan pendidikan yang baru dan sedang berkembang saat ini, yaitu metode pembelajaran interdisciplinary.

Contoh penggunaan dalam kalimat adalah; "The university is doing interdisciplinary research into the impact of cellphones on the brain and body".

6. Incomprehensibilities (21 huruf)

Naikkan Skill Bahasa Inggrismu dengan 6 Kata Terpanjang Iniilustrasi pikiran yang sulit menerima atau memahami sesuatu (pexels.com/SHVETS Production)

Bentuk jamak dari kata incomprehensibility, dapat dideskripsikan sebagai sesuatu atau peristiwa yang sulit untuk dipahami karena terlalu rumit atau diselimuti berbagai misteri. Kata benda ini berasal dari kata keterangan comprehensible, yang artinya dapat dipahami atau dapat dimengerti. 

Contoh penggunaan kata dalam sebuah kalimat adalah; "The Bermuda Triangle and disappearance of flight MH370 are incomprehensibilities of the modern age that may never be solved".

Meskipun keenam kata ini terlihat sangat panjang dan sulit untuk dibaca atau diucapkan, tentu tidak ada salahnya jika kamu mengingat dan memahami makna serta penggunaannya dalam bahasa Inggris. Para native speaker pasti akan terkesan jika mendengar kamu menggunakan salah satu dari kata terpanjang ini saat berkomunikasi dengan mereka. Silakan dicoba, ya! 

Baca Juga: 7 Idiom Tentang Memasak, Buat Skill Bahasa Inggrismu Makin Hot!

Shera Suprapto Photo Verified Writer Shera Suprapto

Sharing useful, attractive and entertaining informations to you

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya