Comscore Tracker

10 Penulisan Kosakata Bahasa Indonesia yang Seharusnya Dirangkai 

'Antarnegara' bukan 'antar negara' #IDNTimesLife

Ketika kita menulis artikel untuk dikirimkan ke media, kita seharusnya teliti agar tulisannya benar sesuai dengan ejaan. Tapi dalam beberapa kasus, penulisan beberapa kosakata seringkali salah.

Kosakata yang sering salah tulis ini biasanya adalah kosakata yang menurut perasaan kita adalah dua kata tetapi sebenarnya hanya satu kata. Biasanya, penulisannya kemudian menjadi dipisah padahal seharusnya dirangkai.

Kesalahan ini kadang berdampak pada tidak diterimanya tulisan kita oleh redaktur media, karena masih banyak salah tulis ejaan kosakata. Lalu apa saja kosakata yang sering salah tulis? Berikut ini sepuluh kosakata bahasa Indonesia yang seharusnya dirangkai tapi sering salah tulis dengan dipisah.

1. Penulisan ucapan untuk orang yang terkena musibah atau bencana

10 Penulisan Kosakata Bahasa Indonesia yang Seharusnya Dirangkai Penulisan kata 'Belasungkawa' yang tepat (Dok. Pribadi/Pri Saja)

2. Kosakata yang berarti nyata atau konkret

10 Penulisan Kosakata Bahasa Indonesia yang Seharusnya Dirangkai Penulisan kata 'Kasatmata' yang benar sesuai KBBI (Dok. Pribadi/Pri Saja)

3. Penulisan kosakata yang satu ini sering salah lho!

10 Penulisan Kosakata Bahasa Indonesia yang Seharusnya Dirangkai Penulisan 'Daripada' yang benar menurut KBBI. (Dok. Pribadi/Pri Saja)

4. Untuk kata ini, sering sekali ditulis dipisah padahal seharusnya dirangkai

10 Penulisan Kosakata Bahasa Indonesia yang Seharusnya Dirangkai Penulisan 'Kosakata' yang benar. (Dok. Pribadi/Pri Saja)

Baca Juga: 10 Kosakata Sehari-hari dalam Bahasa Bekasi, Ada Ciri Khas Sendiri

5. Kata ini justru sering dirangkai padahal seharusnya dipisah

10 Penulisan Kosakata Bahasa Indonesia yang Seharusnya Dirangkai Penulisan 'Wali kota' yang benar menurut KBBI. (Dok. Pribadi/Pri Saja)

6. Jangan sampai salah tulis biar bahasa jadi semakin sehat

10 Penulisan Kosakata Bahasa Indonesia yang Seharusnya Dirangkai Penulisan 'Olahraga' yang benar menurut KBBI. (Dok. Pribadi/Pri Saja)

7. Kata satu ini menunjukkan kemampuan hebat manusia

10 Penulisan Kosakata Bahasa Indonesia yang Seharusnya Dirangkai Penulisan 'Pancaindra' yang benar. (Dok. Pribadi/Pri Saja)

8. Kalau dahi berkeringat biasanya dilap pakai apa?

10 Penulisan Kosakata Bahasa Indonesia yang Seharusnya Dirangkai Penulisan yang benar 'Saputangan' menurut KBBI. (Dok. Pribadi/Pri Saja)

9. Kata yang menggambarkan perasaaan ketika mendapatkan sesuatu yang berharga

10 Penulisan Kosakata Bahasa Indonesia yang Seharusnya Dirangkai Penulisan yang benar 'Sukacita' menurut KBBI. (Dok. Pribadi/Pri Saja)

10. Kata ini sangat sering salah tulis karena biasanya dipisah padahal seharusnya dirangkai

10 Penulisan Kosakata Bahasa Indonesia yang Seharusnya Dirangkai Penulisan 'Antarnegara' yang benar menurut KBBI. (Dok. Pribadi/Pri Saja)

Itulah sepuluh kosakata dalam bahasa Indonesia yang seringkali salah tulis, yang seharusnya dirangkai tapi dipisah, yang seharusnya dipisah justru dirangkai. Mengingat sepuluh kosakata tersebut akan jadi salah satu pelajaran berharga dalam membuat artikel agar tidak salah tulis lagi.

Semoga artikel ini bermanfaat dan tetap bersemangat belajar bahasa Indonesia!

Baca Juga: 10 Penulisan Kata Bahasa Indonesia Sesuai KBBI, Cermati Baik-Baik!

Pri Saja Photo Verified Writer Pri Saja

Petani

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya