Comscore Tracker

5 Tips Belajar Sehat buat Anak Selama di Rumah Aja, Mudah Dilakukan!

Menjaga Kehadiran Belajar sama Pentingnya Menjaga Kesehatan

Saat melakukan seluruh aktivitas pendidikan di rumah, maka anak juga harus tetap terjaga kesehatannya selama pelaksanaan belajar di rumah. Siti Nasiah, M.Pd, fasilitator dosen Tanoto Foundation dari Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UINSI bersama mahasiswanya, Uswatun Hasanah, berbagi rahasia bagaimana menjaga kesehatan selama pandemik COVID-19. Penasaran apa saja tips belajar sehat selama di rumah aja? Keep reading!

1. Tanamkan motivasi yang kuat pada anak

5 Tips Belajar Sehat buat Anak Selama di Rumah Aja, Mudah Dilakukan!ilustrasi pembelajaran daring anak SD (dok. pribadi/ Uswatun)

Motivasi adalah sebuah proses dorongan yang positif untuk menggerakkan jiwa seseorang melakukan tindakan hingga dapat mencapai tujuan yang diinginkan.

Setiap anak harus memiliki motivasi yang kuat, hingga tidak menjadikan belajar itu sebagai beban bagi mereka, tetapi anak-anak dapat diajarkan untuk menanamkan pikiran positif terhadap pembelajaran yang dilangsungkan saat menghadapi pandemik COVID-19 ini.

2. Mengondisikan tempat belajar yang aman dan nyaman

5 Tips Belajar Sehat buat Anak Selama di Rumah Aja, Mudah Dilakukan!ilustrasi tempat belajar yang nyaman (dok. pribadi/ Uswatun)

Meskipun pelaksanaan belajar di rumah aja, tempat belajar anak juga harus tetap diperhatikan dengan kondisi ruangan yang senyaman mungkin. Beberapa hal yang perlu diperhatikan lebih detail seperti kerapihannya dan kebersihan tempat belajar. Hal ini membuat anak tetap giat belajar meskipun di rumah, lho!

Baca Juga: 5 Situs Gokil buat Kamu Belajar Skill Baru di Rumah Selama PPKM 

3. Membuat jadwal belajar harian

5 Tips Belajar Sehat buat Anak Selama di Rumah Aja, Mudah Dilakukan!mencatat rutinitas membantu siswa tertib belajar di rumah (dok. pribadi/ Uswatun)

Tips belajar sehat saat di rumah selanjutnya adalah membuat jadwal belajar harian. Dalam membuat reminder (pengingat) jadwal atau schedule tugas-tugas yang telah diberikan oleh gurunya, menjadikan anak lebih memperhatikan durasi belajar agar tidak mudah lelah.

Lama waktu belajar boleh disamakan dengan jam sekolah seperti biasanya, misalnya dimulai dari jam 08.00 sampai dengan jam 13.00, ya!

4. Jangan malu bertanya

5 Tips Belajar Sehat buat Anak Selama di Rumah Aja, Mudah Dilakukan!interaksi penting dalam proses pembelajaran (dok. pribadi/ Uswatun)

Rasa malu adalah perasaan yang menghalangi seseorang untuk melakukan tindakan. Oleh karena itu, dalam melakukan proses belajar, si anak diharapkan tidak malu untuk bertanya kepada orang-orang yang dianggapnya mampu memecahkan kesulitan tugas atau materi yang dihadapi, karena kesulitan belajar membuat semangat belajar menjadi berkurang.

5. Tetap menjaga kesehatan selama belajar

5 Tips Belajar Sehat buat Anak Selama di Rumah Aja, Mudah Dilakukan!mengalokasikan waktu untuk berolahraga penting untuk anak (dok. pribadi/ Uswatun)

Olahraga harus dilaksanakan pada anak selama belajar di rumah. Salah satunya dengan cara mengatur pola duduk yang benar saat menulis maupun saat membaca. Selain itu disarankan juga untuk sering melakukan senam peregangan sederhana pada saat sela-sela belajar, serta rutin juga untuk mengonsumsi air putih agar konsentrasi belajar tetap terjaga dengan baik.

Kondisi tetap menjaga kesehatan selama belajar menimbulkan semangat dan fokus untuk belajar. Namun, beberapa anak sering kali mengabaikan kesehatannya selama belajar hingga banyak yang merasakan keluhan-keluhan yang dirasakan pada tubuh selama belajar.

Nah, itu tadi beberapa tips belajar sehat selama di rumah aja yang harus kita perhatikan. Tetap selalu menjaga kesehatan setiap hari, ya!

Baca Juga: 5 Tips Mengatasi Rasa Bosan Belajar di Rumah Selama Pandemik

Program PINTAR Photo Writer Program PINTAR

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya