Comscore Tracker

5 Tips Mengembangkan Bahasa Inggris, Pelajari Fondasinya Yuk!

Kamu dapat melakukannya dimana saja dan kapan saja

Bahasa Inggris tentu sudah sangat sering kita jumpai dalam berbagai macam platform media sosial. Apalagi di zaman yang semakin berkembang ini, bahasa Inggris yang sebagai bahasa global bukan lagi menjadi sebuah pilihan, melainkan sebuah kebutuhan.

Sayangnya, kebanyakan masyarakat masih merasa bahwa belajar bahasa Inggris merupakan hal yang sangat sulit untuk dipelajari, membosankan, menyita banyak waktu, serta menguras isi dompet. Padahal, cara mengembangkan kemampuan berbahasa Inggris bisa dilakukan di mana saja, dan kapan saja. Berikut ini beberapa caranya!

1. Menonton film tanpa subtitle

5 Tips Mengembangkan Bahasa Inggris, Pelajari Fondasinya Yuk!menonton film berbahasa Inggris tanpa subtitle (Unsplash/ Mollie Sivaram)

Selain merupakan kegiatan yang menghibur, menonton film juga dapat membantu kamu dalam mengembangkan kemampuan berbahasa Inggris, lho. Caranya, pilih salah satu film favorit kamu dan kencangkan volume suaranya agar kamu bisa mendengar setiap dialog dengan jelas.

Untuk dapat memaksimalkan cara ini, cobalah tonton ulang film tersebut tanpa subtitle agar dapat membantu daya ingat kamu.

2. Bersantai sambil mendengarkan lagu 

5 Tips Mengembangkan Bahasa Inggris, Pelajari Fondasinya Yuk!mendengarkan lagu untuk belajar Bahasa Inggris (unsplash/Manuel Lallonardi)

Semua orang pasti memiliki lagu kesukaan yang selalu menemani kegiatan sehari-hari. Nah, dalam hal ini kamu bisa mencoba perbanyak koleksi lagu favorit berbahasa Inggris di galeri playlist-mu. Sekarang ini, sudah banyak platform yang bisa kamu gunakan untuk mendengarkan lagu yang kamu sukai, seperti Joox, Spotify, dll.

Tidak hanya tentang mendengarkan irama yang dimainkan, kamu juga dapat mengembangkan kemampuan dalam berbahasa Inggris melalui lagu yang kamu dengarkan dan kamu bisa mencoba memahami lirik yang terkandung dalam lagu tersebut. Secara gak langsung kamu bisa menambah kosakata baru dan cara pengucapannya.

3. Belajar seru melalui video di YouTube

5 Tips Mengembangkan Bahasa Inggris, Pelajari Fondasinya Yuk!menonton YouTube salah satu alternatif belajar bahasa Inggris (unsplash/ Annie Spratt)

Selain menonton film dan mendengarkan lagu, kamu juga bisa mengembangkan kemampuan mu dalam berbahasa Inggris melalui video pembelajaran di Youtube. Saat ini, sudah banyak sekali video pembelajaran yang dapat kamu temui dalam aplikasi tersebut.

Kamu bisa pilih video pembelajaran yang kamu butuhkan. Selanjutnya, kamu juga bisa mencatat poin-poin penting yang kamu dapatkan dalam video tersebut.

Baca Juga: 5 Cara Belajar Bahasa Inggris di Waktu Senggang, Bisa Sambil Rebahan!

4. Ngobrol dengan orang asing 

5 Tips Mengembangkan Bahasa Inggris, Pelajari Fondasinya Yuk!zoom sebagai media komunikasi internasional (unsplash/ Surface)

Siapa nih di antara kamu yang suka bermain aplikasi live chat atau aplikasi video call dengan orang dari berbagai negara? Nah, coba kamu manfaatkan platform tersebut sebagai media untuk mengembangkan kemampuan mu dalam berbahasa Inggris. Sekarang ini, sudah banyak platform yang bisa kamu gunakan untuk berbicara dengan orang asing, seperti Ablo, OmeTv, dll.

Berbicara langsung dengan orang asing dapat meningkatkan rasa percaya diri kamu saat berbicara menggunakan Bahasa Inggris sekaligus dapat memperluas relasi pertemananmu. Jangan pernah malu dan takut salah, karena ini merupakan sebuah praktik dari hasil belajar kamu.

5. Membaca buku atau novel bahasa Inggris

5 Tips Mengembangkan Bahasa Inggris, Pelajari Fondasinya Yuk!m embaca buku merupakan keterampilan literasi yang dapat meningkatkan Bahasa Inggris (unsplash/ Lucrezia Carnelos)

Untuk kamu yang memiliki waktu senggang, kamu dapat mengembangkan kemampuan mu dalam berbahasa Inggris melalui bacaan yang kamu baca. Cara ini  merupakan hal yang sangat mudah kamu lakukan saat sedang ngopi santai di cafe, dll.

Kamu bisa pilih salah satu buku atau novel yang kamu sukai. Selanjutnya, kamu juga bisa memberikan catatan atau tanda di setiap kosakata yang baru kamu temui. Jangan lupa untuk mencari tahu arti dan makna dari kosakata yang kamu temukan.

6. Menerapkan MIKIR dalam proses belajar

5 Tips Mengembangkan Bahasa Inggris, Pelajari Fondasinya Yuk!ilustrasi bulu belajar bahasa Inggris (Unsplash/ Ivan Shilov)

Kenapa MIKIR? Karena MIKIR merupakan pembelajaran aktif, dinamis, dan interaktif yang memfasilitasi pembelajar bahasa untuk mengalami sendiri pembelajaran melalui praktik langsung, membangun interaksi dengan berkomunikasi sekaligus memiliki kesempatan untuk merefleksi pembelajaran yang dilakukan.Ini membuat kamu menjadi pembelajar yang mandiri.

Kamu bisa melakukan interaksi langsung dengan mencari teman pena dari negara lain, atau kamu bisa menonton video atau film, yang tentu saja menggunakan bahasa Inggris tanpa menggunakan subtitle bahasa Indonesia. Dr. Desy Rusmawaty, MA, fasilitator dosen Tanoto Foundation di Universitas Mulawarman, menerapkan di kelasnya. Begitu jga Talita Trifosa, mahasiswanya, pernah mengikuti pembelajaran aktif saat mengasah listening dalam bahasa Inggris.


Itu dia enam cara cara mudah dalam mengembangkan kemampuan berbahasa Inggris yang bisa kamu lakukan di mana saja dan kapan saja. Walaupun mudah untuk dilakukan, namun jangan lupa untuk tetap konsisten dalam melakukannya, ya!

Baca Juga: 6 Makna Kata dari Bahasa Inggris yang Lagi Populer

Program PINTAR Photo Writer Program PINTAR

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya