Comscore Tracker

Video Pembelajaran Sekolah Makin Diminati, Ini 6 Fakta Menariknya!

Video lebih menarik sebagai media belajar saat pandemi!

Salah satu cara cepat mentransfer pengetahuan dalam konteks pembelajaran yaitu dengan video. Lina Revilla Malik, M. Si, dosen di Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda dan mahasiswanya, Cici Ariyani, melihat tren video pembelajaran menjamur sejak pandemi di lingkungan sekolah.

Menurut kalimat inspiratif dari Steve Stockman, video hebat berasal dari pemikiran manusia bukan dari peralatan. Nah, guru di sini harus berpikir kreatif dan berinisiatif untuk mencari media pembelajaran menyenangkan dengan menggunakan video pembelajaran yang menarik. Tentunya akan membuat proses pembelajaran jarak jauh menjadi sangat efektif. Kira-kira apa saja fakta menarik dari video pembelajaran? Yuk, kita simak pembahasannya di bawah ini!

1. Skrip video kunci pembuatan video pembelajaran 

Video Pembelajaran Sekolah Makin Diminati, Ini 6 Fakta Menariknya!Rapat koordinasi tayang dan produksi video Kukar PINTAR (dok. pribadi/ Kaltim PINTAR)

Ternyata tidak hanya produser sinetron yang memerlukan skrip. Guru juga perlu membuat skrip dalam membuat video pembelajaran. Dengan skrip guru dapat membuat perencanaan yang matang, mulai dari durasi video, dan bagaimana visualisasi dalam video.

Dengan skrip sebagai alat perencanaan, guru dapat mengidentifikasi kebutuhan foto, video, dan audio yang diperlukan untuk membuat video pembelajaran. Selain itu, skrip dapat dijadikan rujukan dan peta dalam pengeditan video.

2. Jenis video yang disukai oleh siswa 

Video Pembelajaran Sekolah Makin Diminati, Ini 6 Fakta Menariknya!Pelatihan video bersama Tanoto Foundation, guru-guru di Bontang membuat video 1 menit Dokumentasi Pribadi/ Rahayu Novita

Pengalaman dari 1 tahun 8 bulan ini, siswa lebih menyukai video yang disajikan secara horizontal atau lanskap. Selain itu siswa menyukai video berdurasi pendek yaitu sekitar 5-10 menit. Siswa juga menyukai video dengan visual yang menarik.

Guru disarankan memperhatikan elemen-elemen video, yaitu pencahayaan, komposisi video, kejelasan suara, dan suara latar belakang. Elemen ini menentukan ketertarikan sebuah video.

Baca Juga: 3 Alasan Pentingnya Vaksinasi COVID-19 untuk Anak-Anak

3. Menumbuhkan motivasi belajar siswa 

Video Pembelajaran Sekolah Makin Diminati, Ini 6 Fakta Menariknya!Rakhman Halim, salah satu fasilitator daerah Tanoto Foundation Kota Bontang melatih guru-guru membuat video (dok. pribadi/ Rakhman Halim)

Selama proses pembelajaran jarak jauh ini kebanyakan siswa merasa jenuh, salah satu faktornya adalah mungkin terlalu banyak tugas yang telah diberikan. Dengan hadirnya media pembelajaran dengan menggunakan video pembelajaran mampu menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dengan mencakup cuplikan komentar semangat dari guru.

4. Video jalan efektif menyediakan materi pembelajaran 

Video Pembelajaran Sekolah Makin Diminati, Ini 6 Fakta Menariknya!Dokumentasi Pribadi/ Rakhman Halim

Dengan video, para siswa tetap merasa dekat dengan gurunya. Karena, video satu-satunya format komunikasi yang dapat menampilkan wajah ibu guru dan suara ibu gurunya. Sehingga siswa yang terbiasa diajarkan wali kelasnya, akan tetap merasa dekat dengan gurunya. Dengan selalu merasa dekat dengan guru, siswa nyaman untuk menonton ulang video tersebut untuk memperdalam materi.

5. Video dapat menjadi media pembelajaran aktif

Video Pembelajaran Sekolah Makin Diminati, Ini 6 Fakta Menariknya!Rakhman Halim, guru di SMPN 7 Bontang membuat podcast untuk sarana belajar (dok. pribadi/ Rakhman Halim)

Dari Juni hingga September 2021, Tanoto Foundation menyelenggarakan pelatihan video untuk kepala sekolah dan guru di 128 sekolah yang tersebar di Kota Balikpapan, Kota Bontang, Kabupaten Paser, dan Kutai Kartanegara. Dalam pelatihan, guru mengemas bagaimana menerjemahkan skenario pembelajaran dan lembar kerja siswa ke dalam skrip pembelajaran aktif. Dalam skrip video pembelajaran aktif, guru mendesain video yang memancing siswa berpikir kritis.

6. Beragam aplikasi editing untuk membuat video

Video Pembelajaran Sekolah Makin Diminati, Ini 6 Fakta Menariknya!Materi pelatihan video pembelajaran untuk guru (dok. pribadi/ Rakhman Halim)

Dengan tingginya kebutuhan video dalam pembelajaran, sekarang banyak juga aplikasi editing yang dapat digunakan, seperti kinemaster, VN video editing, dan Filmora. Aplikasi editing ini dapat digunakan para guru dalam meramu video pembelajaran aktif. Melalui aplikasi video ini guru dapat membuat visual video menjadi lebih menarik, sehingga guru dapat menambahkan suara latar dan teks untuk memperkuat pesan pembelajaran.

Dengan memperhatikan beberapa fakta tersebut, guru dapat membuat sendiri video pembelajaran untuk kelasnya. Itu dia enam fakta menarik mengenai video pembelajaran. Sangat menarik bukan untuk kita bahas! Nah, apakah kalian menggunakan video pembelajaran juga untuk membantu proses belajar pada masa pandemi COVID-19 ini?

Baca Juga: Curhatan Guru TK, Modal Nekat Bujuk Anak-anak Biar Mau Sekolah Lagi

Program PINTAR Photo Writer Program PINTAR

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya