Comscore Tracker

5 Alasan Mengapa SMK Bisa Jadi Pilihan Terbaik bagi Gen Z

#EdFunFact Buat para gen Z, mending masuk SMK aja

Namanya juga Sekolah Menengah Kejuruan. Pastinya murid-muridnya akan diberikan keahlian khusus, sesuai dengan jurusan yang telah dipilih. Zaman sekarang, sudah banyak sekali lho jurusan SMK yang bisa kamu pilih.

Mulai dari administrasi perkantoran, akuntansi, pariwisata, tata boga, tata busana, seni tari, farmasi, multimedia, teknik komputer dan jaringan dan lain sebagainya. Ada banyak sekali jurusan yang bisa kamu pilih sesuai dengan minat bakat yang kamu miliki.

Nah, buat kamu yang sedang bingung akan melanjutkan sekolah ke SMK atau SMA, coba deh simak kelima alasan mengapa SMK bisa jadi pilihan terbaik buat para gen Z berikut ini.

1. Bisa langsung kerja

5 Alasan Mengapa SMK Bisa Jadi Pilihan Terbaik bagi Gen Zpexels/Marily Torres

Tidak seperti di SMA, SMK menawarkan keahlian khusus yang nantinya, setelah lulus SMK, bisa langsung kamu gunakan untuk melamar pekerjaan. Baik SMK negeri maupun swasta, biasanya pihak sekolah juga sudah bekerja sama dengan beberapa perusahaan yang terkait dengan jurusan yang ada di sekolah tersebut.

Jadi, sekolah akan membantu menyalurkan murid-muridnya ke sejumlah perusahaan yang sudah bekerja sama. Agar selulus SMK, para muridnya bisa langsung bekerja sesuai dengan jurusannya saat sekolah.

2. Bisa tetap lanjut kuliah juga

5 Alasan Mengapa SMK Bisa Jadi Pilihan Terbaik bagi Gen Zpexels/Stanley Morales

Tapi kalau kamu mau melanjutkan sekolah ke perguruan tinggi juga tidak masalah. Kamu tetap bisa lanjut kuliah kok walaupun ijazah terakhirmu SMK, bukan SMA. Kamu juga bisa memilih jurusan yang sama dengan jurusanmu saat SMK atau jurusan yang lainnya.

Baca Juga: 5 Pelajaran Penting Bagi Siswa SMK Sebelum Masuk Dunia Kerja

3. Saat SMK, kamu akan merasakan serunya Praktek Kerja Lapangan

5 Alasan Mengapa SMK Bisa Jadi Pilihan Terbaik bagi Gen Zpexels/Tirachard Kumtanom

Karena disiapkan untuk menjadi lulusan yang siap kerja, maka murid SMK wajib menjalani Praktek Kerja Lapangan (PKL). PKL atau on the job training memberikanmu kesempatan untuk memasuki dunia kerja yang sesungguhnya, saat kamu masih duduk di bangku SMK.

Kamu akan bekerja sesuai dengan jam kerja yang berlaku di perusahaan tempatmu PKL. Selama sekian bulan, kamu bukan lagi seorang murid SMK saja, tetapi juga merupakan pegawai di perusahaan tersebut. Kamu bisa melihat dan melakoni langsung dunia pekerjaan yang sesuai dengan jurusan sekolah yang telah kamu pilih.

Bila beruntung, kamu juga akan digaji lho oleh perusahaan, tempat kamu PKL. Biasanya sih gajinya hanya untuk mengganti biaya transportasimu saja selama PKL. Lumayanlah buat traktir ibu atau adikmu, atau membeli suatu barang yang kamu suka.

4. Di SMK, kamu akan benar-benar dianggap sebagai orang dewasa, bukan lagi anak-anak

5 Alasan Mengapa SMK Bisa Jadi Pilihan Terbaik bagi Gen Zpexels/freephotos

Untuk menghasilkan lulusan yang siap kerja, sekolah SMK selalu berusaha untuk menciptakan disiplin yang ketat. Sebab, setelah lulus SMK, murid-muridnya diharapkan bisa langsung memasuki dunia kerja dan menjadi tenaga kerja yang profesional.

Oleh karena itu, saat SMK kamu akan belajar tentang bagaimana caranya menjaga hubungan baik dengan rekan kerja, atasan serta kolega. Selain itu kamu juga akan belajar bagaimana caranya mengatasi masalah, keluhan pelanggan hingga keselamatan kerja dan kesehatan di lingkungan kerja.

5. Bisa kerja sambil kuliah dengan biaya sendiri

5 Alasan Mengapa SMK Bisa Jadi Pilihan Terbaik bagi Gen Zunsplash/juanmramosjr

Karena setelah lulus SMK kamu sudah bisa langsung bekerja, dan bisa juga melanjutkan kuliah, maka kamu bisa melakukan kedua hal tersebut secara bersamaan.

Hebatnya lagi, karena telah memiliki penghasilan sendiri, kamu sudah tidak perlu meminta bantuan orang tua untuk membiayai kuliahmu. Alhasil, kamu bisa bekerja sambil kuliah dengan dana yang kamu dapatkan dari gaji, hasil jerih payahmu sendiri. Wah, kalau sudah begitu, orang tuamu pasti bangga deh.

Nah, itulah kelima alasan mengapa SMK bisa jadi pilihan terbaik untuk para gen Z saat ini. Semoga bermanfaat.

Baca Juga: Jawab 5 Pertanyaan Ini Dulu Sebelum Memilih SMA atau SMK

Ahsani Rangkuty Photo Community Writer Ahsani Rangkuty

Be positive and creative!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Just For You