Comscore Tracker

7 Trik Gampang Menghafal Materi Kuliah Buat Kamu yang Pelupa

Hayo, jangan lupa terus!

Lupa itu adalah kondisi yang manusiawi. Kondisi ini bisa terjadi akibat fokus yang terbelah atau dikarenakan faktor usia. Siapa pun bisa kelupaan, termasuk mahasiswa. Materi yang disampaikan oleh dosen, terkadang hanya bertahan dalam kurun waktu yang tidak terlalu lama.

Padahal materi yang disampaikan saat perkuliahan, sangat penting untuk bekal di masa mendatang. Melansir dari Wiki How dan The telegraph, inilah 7 trik supaya kamu gak gampang lupa dengan materi kuliah. Apa saja sih?

1. Pusatkan konsentrasimu saat ini

7 Trik Gampang Menghafal Materi Kuliah Buat Kamu yang Pelupapexels/@icsa-833425

Terkadang lupa akan sesuatu terjadi karena kamu tidak menaruh perhatian terhadap hal tersebut. Ketika kamu berada di kelas, cobalah untuk memfokuskan pikiranmu untuk belajar dan memahami materi.

Jangan sibuk melamun kabar pacar atau sudah berpikir untuk jajan apa saat waktu senggang nanti. Pecah konsentrasi seperti ini akan membuat materi yang masuk, tidak sempat 'nyantol' di pikiranmu. Lupa, deh!

2. Catat, catat dan catat!

7 Trik Gampang Menghafal Materi Kuliah Buat Kamu yang Pelupapixabay/free-photos

Bisa dibilang ini adalah sesuatu yang wajib untuk dilakukan oleh mahasiswa yang pelupa. Jangan hanya mengandalkan ingatan di kepalamu, namun tuliskan di kertas. Kamu boleh mencatat semua materi ataupun menuliskan yang menurutmu penting saja.

Catatlah dalam bindermu, hiaslah dengan stabilo atau spidol, supaya tidak membosankan. Kamu juga akan lebih semangat membacanya ketika ada sedikit ‘estetika’ yang memanjakan mata di dalamnya. Ini juga akan menjadi suatu kemudahan belajar buat kamu yang gaya belajarnya visual!

3. Jangan hanya menghafalkan!

7 Trik Gampang Menghafal Materi Kuliah Buat Kamu yang Pelupapexels/@startup-stock-photos

Teknik menghafal terkadang hanya bertahan untuk sementara, namun kamu akan tetap mengingatnya jika kamu memahaminya. Memahami itu berarti mencari tahu lebih dalam mengenai materi tersebut.

Contohnya saja ketika kamu belajar mengenai penggolongan keluarga hewan. Selain kamu harus menghafal bahwa kucing termasuk ke dalam keluarga harimau, kamu juga harus mengetahui alasan  mengapa hal itu terjadi. Teknik ini akan memberikanmu pemahaman secara utuh.

4. Cobalah untuk mengaitkannya dengan pengetahuan yang lain

7 Trik Gampang Menghafal Materi Kuliah Buat Kamu yang Pelupapexels/@buro-millennial-636760

Setiap ilmu pengetahuan itu terkadang saling berkaitan satu sama lain. Salah satu trik ini bisa kamu terapkan, supaya gak mudah lupa dengan materi perkuliahan. Contohnya saja ketika kamu mempelajari mengenai ilmu komunikasi seperti teknik persuasi dalam iklan, maka cobalah untuk melengkapi pemahaman itu dengan mempelajari sedikit ilmu psikologi. Memadukan ilmu yang berkaitan akan membuatmu tidak mudah lupa dan pemahamanmu jadi lebih luas.

Baca Juga: Mengenal Metode Pomodoro, Teknik Belajar Berbasis Manajemen Waktu

5. Perbanyak mengerjakan soal atau diskusi

7 Trik Gampang Menghafal Materi Kuliah Buat Kamu yang Pelupapexels/@wildlittlethingsphoto

Latih dirimu untuk menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan ilmu yang telah kamu pelajari. Dalam menyelesaikan soal, kamu pasti akan dihadapkan dengan jawaban benar dan salah. Ketika kamu salah dalam menyelesaikannya, kamu akan mengidentifikasi lalu akhirnya memahami letak kesalahanmu. Berbagai variasi soal juga akan membuatmu terlatih untuk sedikit memodifikasi cara penyelesaian masalahnya. 

Selain itu, jangan ragu untuk berdiskusi dengan orang yang ahli atau lebih senior dalam bidang yang kamu pelajari. Kamu bisa berdiskusi dengan kakak senior atau bahkan kepada dosenmu. Bacalah materinya, lalu tanyakan kepada mereka mengenai bagian materi yang tidak kamu pahami.

6. Buatlah ‘jembatan keledai’

7 Trik Gampang Menghafal Materi Kuliah Buat Kamu yang Pelupapexels/@rethaferguson

Ada cara kreatif untuk mengingat, yaitu dengan membuat jembatan keledai. Istilah bakunya adalah Mnemonic. Ada banyak cara dalam teknik mnemonic. Salah satnya adalah dengan menyingkat bagian depan dari deretan kata yang kamu hafalkan. Contohnya adalah ketik kamu menghafalkan mengenai planet, kamu bisa menggunakan mnemonic berupa “Mervebumars yusaur nep”. Pilihlah teknik yang paling nyaman dan pas buatmu.

7. Membuat mind map

7 Trik Gampang Menghafal Materi Kuliah Buat Kamu yang Pelupapexels/@startup-stock-photos

Jika kamu merasa bahwa deretan kalimat dalam buku teks membuatmu pusing, maka kamu bisa menggambarkannya dengan mind map. Berikan tanda panah dan spidol yang eyecatching sehingga kamu semakin bersemangat untuk mempelajarinya. Tuliskan bagian inti dengan sedikit penjelasan.

Cobalah trik di atas. Jika masih lupa juga, inilah waktumu untuk mempertajam ingatan. Makanlah makanan yang bergizi dan bermain permainan mengingat!

Baca Juga: 5 Zodiak Gampang Bosan yang Selalu Ingin Belajar Hal-hal Baru

Topic:

  • Putri Aisya
  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya